27.8 C
Jakarta
27 April 2024 - 00:31
PosBeritaKota.com
Sport

Dari Group A Ada Wales & Swiss, SEBANYAK 11 TIM Dipastikan Lolos ke-16 Besar Ajang ‘EURO 2020’

ROMA (POSBERITAKOTA) – Sebanyak 11 tim telah memastikan diri lolos ke-16 besar di ajang Piala Eropa (Euro 2020). Dari Grup A, Italia berhasil lolos sebagai juara grup, kemudian diikuti Wales sebagai runner-up. Begitu pula dengan Swiss yang lolos sebagai salah satu dari posisi ketiga terbaik.

Adapun aturan Euro 2020 menentukan dua tim teratas di setiap grup ditambah empat tim peringkat ketiga terbaik melaju ke babak 16 besar. Tim yang sudah memastikan diri lolos adalah Italia, Belgia, Belanda, Wales, Denmark, Austria, Swiss, Cheska, Inggris, Swedia dan Prancis.

Sedangkan Finlandia masih harus menunggu lolos sebagai salah satu dari empat tim posisi ketiga terbaik. Namun sayangnya, Rusia justru malah tersisih. Sama dengan Ukraina masih harus menunggu lolos sebagai salah satu dari empat tim posisi ketiga terbaik. Tim Makedonia Utara tersisih.

Lantas, Cheska atau Republik Ceko lolos dan akan memenangkan grup, jika mereka menghindari kekalahan melawan Inggris. Mereka akan finis kedua jika kalah dan Skotlandia mengalahkan Kroasia. Mereka hanya akan finis ketiga jika kalah dan Kroasia menang dengan selisih gol yang cukup untuk menyalip mereka.

Sementara Inggris lolos dan akan finis teratas jika mengalahkan Cheska. Mereka hanya akan finis ketiga jika kalah dan Skotlandia menang dengan selisih gol yang cukup untuk menyalip mereka secara keseluruhan. Sedangkan Kroasia akan lolos dengan kemenangan dan masih bisa menyalip Cheska untuk tempat kedua dengan selisih gol secara keseluruhan.

Begitu pun Skotlandia akan lolos dengan kemenangan dan masih bisa menyalip Inggris untuk tempat kedua dengan selisih gol secara keseluruhan. Yang jelas, Swedia akan lolos jika terhindar dari kekalahan melawan Polandia. Jika Swedia kalah dan pertandingan lainnya seri, Swedia, Slovakia dan Polandia akan dibagi untuk tempat pertama hingga ketiga berdasarkan hasil antara ketiga tim. Jika Swedia kalah, mereka finis ketiga.

Untuk Tim Slovakia akan lolos jika mereka mengalahkan Spanyol atau jika mereka seri dan Swedia tidak. Lain lagi Spanyol akan lolos jika mengalahkan Slovakia. Seandainya bermain seri, mereka akan finis ketiga kecuali Polandia menang.

Polandia pun bakal lolos ke peringkat kedua, seandainya menang dan pertandingan lainnya tidak seri. Lain lagi dengan Slovakia, Swedia dan Polandia semuanya finis dengan 4 poin (di depan Spanyol dengan 3). mereka akan dibagi berdasarkan selisih gol dari pertandingan antara tiga tim (dua tim pertama akan lolos, tim urutan ketiga juga dapat melaju tergantung pada rekor tim peringkat ketiga di grup lain).

Dalam skenario tersebut, apabila Polandia mengalahkan Swedia 1-0dan Slovakia seri, urutannya adalah: 1 Slovakia, 2 Polandia, 3 Swedia (di atas Swedia dalam selisih gol dan untuk membagi dua hasil langsung mereka, kemenangan Slovakia, akan menetapkan).

Namun jika Polandia mengalahkan Swedia 2-1, dan Slovakia seri, urutannya adalah: 1 Polandia, 2 Swedia, 3 Slovakia (Swedia dan Slovakia akan berada di belakang Polandia karena selisih gol dan untuk membagi dua hasil langsung mereka, kemenangan Swedia, akan menentukan).

Kemudian lagi, apabila Polandia mengalahkan Swedia dengan selisih satu gol lainnya, dan Slovakia seri, urutannya adalah: 1 Polandia, 2 Swedia, 3 Slovakia. Prancis sudah lolos dan akan finis pertama jika menang atau jika seri dan Jerman tidak mengalahkan Hongaria. Jika Prancis kalah dan Hungaria menang, tempat kedua akan ditentukan berdasarkan selisih gol secara keseluruhan.

Jerman pun siap melaju jika terhindar dari kekalahan. Mereka akan finis pertama jika menang dan Prancis tidak. Jerman akan finis ketiga jika seri dan Prancis kalah, atau jika Jerman dan Portugal kalah.

Berbeda dengan Portugal ternyata bisa lolos jika terhindar dari kekalahan. Mereka akan finis pertama jika menang dan Jerman tidak. Portugal akan finis keempat jika kalah dan Jerman juga kalah.

Lagi, Tim Hungaria akan lolos jika menang. Jika mereka menang dan Prancis kalah, tempat kedua akan ditentukan berdasarkan selisih gol secara keseluruhan. Hungaria akan finis ketiga jika mereka menang dan pertandingan lainnya seri. ■ RED/RIO/AYID PS

Related posts

Raih Podium di Prancis, PETRUCI Plong karena Sukses Penuhi Ekspetasi Ducati

Redaksi Posberitakota

Laga Keras Hadapi Jerman, TIMNAS INGGRIS Bakal Turunkan ‘Duet Starter’ Foden & Mount

Redaksi Posberitakota

Biar Nggak Nombok Modal, ‘SI NYONYA TUA’ JUVENTUS Harus Melego Cristiano Ronaldo dengan Bandrol Rp 295 Miliar

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang