PosBeritaKota.com
Sport

Melalui Drama Adu Penalti, KIPER YANN SOMMER Jadi ‘Pahlawan’ Swiss untuk Melaju ke-8 Besar

BUCHAREST (POSBERITAKOTA) – Tak salah jika kiper Yann Sommer dijadikan bak pahlawan Timnas Swiss di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Kecekatan tangannya ternyata mampu menghalau tendangan penalti Kylian Mbappe. Hal itu bikin Prancis terlunglai dan harus menerima pil pahit kekalahan di ajang bergengsi di Benua Eropa tersebut.

Tiket melaju ke-8 besar pun dikantongi Swiss, setelah tampil di Arena Nationala, Bucharest, Selasa (29/6/2021) waktu Indonesia, mempecundangi Prancis dengan skor 5-4 lewat drama adu penalti. Sedangkan Mbappe ketiban sial, karena gagal sebagai ‘algojo‘ terakhir bagi Perancis.

Penjaga gawang Swiss, Yann Sommer berucap bangga dengan penampilan timnya. Penjaga gawang yang bermain untuk klub Borussia Monchengladbach tersebut, juga menyebut keberhasilan Swiss lolos ke perempat final Piala Eropa 2020 sebagai salah satu momen terindah dalam hidupnya.

“Ya, ini benar-benar pertandingan yang sangat luar biasa! Malam sepakbola yang luar biasa. Ini adalah kesempatan kami untuk akhirnya lolos ke babak 16 besar, karena kami tidak pernah berhasil sebelumnya. Lantas ke 8 besar,” ucap Yann Sommer, seperti dikutip laman UEFA, Selasa (29/6/2021).

Kendati pujian mendarat kepada dirinya dan dianggap sebagai ‘pahlawan’ Timnas Swiss, Yann Sommer justru lebih suka memuji penampilan rekan-rekan satu timnya. Terutama, kata dia, pada 15 menit terakhir pertandingan. Saat itu Swiss mencetak dua gol yang memaksa Prancis bermain imbang 3-3 dalam tempo 90 menit.

“Jujur, saya sangat bangga dengan tim, bagaimana mereka comeback. Yang pasti, kami selalu percaya diri untuk menang,” ungkap Yann Sommer, lagi.

Adapun dalam pertandingan tersebut, Prancis terpaksa melakoni babak adu penalti setelah bermain imbang 3-3 di waktu normal dan extra time. Gol Timnas Swiss dicetak Haris Seferovic (15’ dan 81’) serta Mario Gavranovic (90’). Sedangkan gol Prancis dibuat Karim Benzema (57’ dan 59’) serta Paul Pogba (75’).

Dalam catatan prestasinya, Yann Sommer melakoni debut U-16 Swiss pada 26 Agustus 2003, tetapi pertandingan berakhir dengan kekalahan 0–5 melawan Jerman. Debut bersama tim senior Swiss terjadi pada 30 Mei 2012 di Swissporarena, Lucerne, dalam kekalahan 0-1 melawan Rumania di laga persahabatan.

Kemudian, baru pada 13 Mei masuk dalam skuad 23 pemain Swiss untuk Piala Dunia 2014 di Brasil. Setelah itu, bersama Roman Bürki dan Marwin Hitz, Yann Sommer menjadi salah satu dari tiga penjaga gawang yang dibawa Timnas Swiss untuk edisi sebelumnya yakni Piala Eropa 2016.RED/APRILIO RIZKY/GOES

Related posts

Disebut Bakal Lari ke Juve, POCHETTINO Tolak Bicara Masa Depan

Redaksi Posberitakota

Demi Tiket Perempat Final, INGGRIS Bersama Pemain Muda Yakin Bisa Depak ‘Tim Panzer’ Jerman

Redaksi Posberitakota

Ingat PSMS, CAMEL PETIR Jagokan Brasil ‘Jawara’ di Piala Dunia 2018

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment