PosBeritaKota.com
Opini

Ditengah Masa Pandemi COVID-19, DAHSYATNYA JERUK NIPIS Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

KARYA : YULIAN HIDAYATI S.Pd

JERUK NIPIS merupakan jenis tumbuhan yang masuk kategori atau dalam suku jeruk-jerukan. Dan, Jeruk Nipis juga termasuk tanaman famili Rutaceae berperawakan perdu dengan tinggi kurang lebih 3,5 meter. Bahkan batang pohon Jeruk Nipis memiliki ciri berkayu, bulat, berduri serta berwarna putih kehijauan.

Sementara itu daunnya berbentuk elips atau bulat telur, pangkal membulat, ujung timpul, tepi beringgit dengan panjang 2,5-9 cm dan lebar 2-6 cm. Untuk buah Jeruk Nipis itu sendiri, memiliki diameter 3,5-6 cm. Bagian inilah yang selama ini lebih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selain itu menjadi tambahan membuat makanan seperti sambal maupun bahan baku minuman. Jeruk Nipis juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik untuk para kaum hawa. Termasuk sangat bermanfaat sebagai salah satu bahan obat herbal.

Sebelum membahas manfaat Jeruk Nipis untuk meningkatkan imun tubuh, Anda perlu tahu terlebih dahulu kandungan nutrisinya. Berdasarkan data Kemenkes RI, dalam 100 gram Jeruk Nipis mengandung berbagai jenis nutrisi yang meliputi di antaranya adalah : Makronutrien Energi ( Energi), 44 kaloro Protein (Protein), 0,5 gram Lemak (Lemak), 0,2 gram Karbohidrat (CHO), 10.0 gram Serat (Serat), 0,4 gram Abu (ASH), 0,4 gram Mineral Kalsium (Ca), 18 miligram Fosfor (P), 22 miligram Besi (Fe), 0,2 miligram Natrium (Na), 3 miligram Kalium (K), 108,9 miligram Tembaga (Cu), 0,06 miligram Seng (Zn), 0,1 miligram Vitamin dan Antioksidan Beta-karoten ( Carotenes), 23 mikrogram Karoten Total (Re), 4 mikrogram Thiamin (Vit B1), 0,01 mikrogram Riboflavin (Vit B2), 0,03 mikrogram Niasin (Niacin), 0,2 mikrogram Vitamin C (Vit C) dan 20 mikrogram.

Dilansir laman [email protected] Zidulakbar_jsr,Ustaz Zidul Akbar, membagikan sejumlah ramuan herbal untuk meningkatkan imun tubuh di masa pandemi COVID-19 yang terbuat dari bahan Jeruk Nipis.

Sedangkan bahan-bahan yang harus disiapkan adalah : Air hangat 1 gelas, 2 sendok makan madu, 2 buah Jeruk Nipis dan garam Himalaya. Untuk cara membuat pertama-tama adalah peras 2 buah Jeruk Nipis, lalu tambahkan madu dan garam Himalaya secukupnya. Setelah itu baru tambahkan air hangat dan diaduk hingga merata. Lantas, ramuan herbal punsudah bisa disajikan.

Pada Jeruk Nipis diketahui mengandung Vitamin C dengan kadar cukup tinggi. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedang Vitamin C juga dapat membantu untuk meningkatkan produksi sel darah putih. Juga membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Contoh mudah, mengkonsumsi Vitamin C membantu mempersingkat durasi dan tingkat keparahan flu/pilek.

Pada bagian lain lagi, Vitamin C dapat membantu luka pulih lebih cepat dengan mengurangi peradangan dan merangsang produksi penting yang membantu perbaikan luka.

Dikutip dari Liputan6.com, Jeruk Nipis mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan mampu menyediakan lebih dari 20 % dari kebutuhan harian akan vitamin ini. Jeruk Nipis juga mengandung sejumlah kecil zat besi. Termasuk kalsium, Vitamin B6, tiamin serta kalium.

Dalam Jeruk Nipis juga mengandung antioksidan seperti flavonoid limonoid, kaempferol, quercetin dan asam askorbat yang sangat menyehatkan. Dengan minum air Jeruk Nipis ternyata dapat pula untuk meningkatkan kesehatan dan mengatasi kondisi tertentu seperti peradangan.

Kendati Jeruk Nipis memiliki banyak manfaat, tentu saja bakal memberikan dampak buruk bagi kesehatan diri kita, apabila dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa masalah yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi Jeruk Nipis, yakni dapat memicu asam lambung naik dan menyebabkan gigi rusak. Oleh karenanya, sebaiknya Jeruk Nipis digunakan atau dikonsumsi sesuai dengan aturan yang ada. Jadi, tidak boleh terlalu berlebihan. (***)

(PENULIS adalah Tenaga Pengajar atau Guru di SMP Global Prima Islamic School, Kota Bekasi)

Related posts

Membaca Arah Koalisi 2024, KASAK-KUSUK ‘Manuver’ Pimpinan Parpol Ciptakan Banyak Spekulasi

Redaksi Posberitakota

PENTINGNYA BANTUAN & JAMINAN SOSIAL, ‘RAKYAT BUNTUNG’ ADA YANG AMBIL UNTUNG’

Redaksi Posberitakota

Mencuat dari Anggota MPR RI, WACANA PERUBAHAN MASA JABATAN PRESIDEN Sebagai Gangguan Demokrasi yang Serius

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment