PosBeritaKota.com
Megapolitan

SEMPAT MENARIK PERHATIAN WARGA, ‘TUGU SEPATU’ DI KAWASAN JALAN SUDIRMAN JAKARTA DICOPOT SEMENTARA AKIBAT AKSI VANDALISME

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sejenak, warga Ibukota sempat dipertontonkan oleh keberadaan sebuah tugu yang berbentuk sepatu. Dan, ‘Tugu Sepatu‘ itu malah sempat terpajang mulai Sabtu (16/9/2022) sekitar pertengahan bulan ini. Sayangnya, belum ada hitungan seminggu, tiba-tiba sudah tak ada lagi dan oleh pihak Pemrov DKI Jakarta terpaksa harus dicopot untuk sementara.

Penyebab dicopotnya untuk sementara ‘Tugu Sepatu’ yang didirikan tepat di samping Stasiun BNI City, karena terkait aksi vandalisme pada instalasi karya seni tersebut. Penuh coret-coretan dari pihak tak bertangungjawab. Terkesan kotor dan jorok. Hal itu akibat kurangnya pengawasan terhadap ‘Tugu Sepatu‘.

Padahal ‘Tugu Sepatu‘ itu didirikan demi menghiasi jalanan Ibukota, Pemprov DKI Jakarta pun mulai memajang tugu tersebut pada 16 September 2021 lalu di pinggir Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Terdapat ikon sepatu dengan dominasi warna putih, kuning, biru, coklat muda, dan merah. Sepatu itu bertali hijau.

Sedangkan ikon tugu tersebut, diletakkan di atas benda menyerupai panggung. Di panggung biru itu terlihat beberapa tulisan, seperti ‘Kolaborasi Untuk Kemajuan’,a city of collaboration‘, dan ‘xpresi.sepatucompass.com‘. Seni instalasi sepatu jelas-jelas merupakan bentuk gerakan dari Festival Kolaborasi Jakarta, merek sepatu lokal Compass, dan PT Bank Central Asia Tbk.

Namun sayangnya, tidak lebih dalam hitungan seminggu, ‘Tugu Sepatu’ menjadi tempat coret-coretan di sisi tugu tersebut. Pemprov DKI Jakarta pun dibikin kewalahan terkait aksi vandalisme pada instalasi karya seni tersebut. Karena berada di tempat umum, terbatasnya tenaga pengawasan menjadi salah satu pemicunya.

Bahkan, Wakil Gubernur Jakarta Ahmad Reza Patria (Ariza), menjelaskan bahwa tugu tersebut dicopot sementara untuk menghilangkan coret-coretan atau aksi vandalisme yang dilakukan oleh tangan-tangan tidak bertanggungjawab. ■ RED/BP/EDITOR : GOES

Related posts

Tak Perlu Khawatir, WAGUB ARIZA Pastikan Pempro DKI Siapkan Fasilitas Lain Tampung Korban COVID-19

Redaksi Posberitakota

Disambut Tarian & Pantun, WAKIL WALIKOTA BEKASI Resmi Buka ‘Out of The Box FunDay 2019’

Redaksi Posberitakota

Arus Balik Lebaran, STASIUN KA & TERMINAL BUS di Ibukota Masih Kedatangan Pemudik

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment