PosBeritaKota.com
Syiar

DIAKHIR ZAMAN INI, HABIB SHOLEH BIN HAMZAH JAMALULLAIL CERAMAH ADA 3 PERKARA SESEORANG BISA BERMANFAAT DALAM KEHIDUPANNYA

BEKASI (POSBERITAKOTA) – Dalam menghadapi di akhir zaman seperti sekarang ini, dimana banyak terjadi fitnah, merebaknya wabah penyakit maupun segala macam persoalan yang muncul – justru ada 3 perkara atau amalan seseorang yang bisa bermanfaat dalam kehidupannya.

Apa saja 3 perkara amalan yang bermanfaat tersebut? Pertama : Seseorang yang memperbanyak ibadah dengan ber-Istighfar. Kedua : Perbanyak bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sedangkan yang Ketiga : Juga memperbanyak sedekah.

Hal tersebut di atas disampaikan Habib Sholeh bin Hamzah Jamalullail dalam ceramahnya saat mengisi ta’lim ba’da Shubuh di Masjid Jami Al-Ikhlas RW 025 Perumahan Villa Gading Harapan (VGH), Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Ahad (3/10/2021).

Dalam ta’lim ba’da Shubuh yang dihadiri puluhan jamaah rutin masjid, Habib muda yang asli kelahiran Kabupetan Pare Pare, Makassar (Sulsel) tersebut, menyebutkan bahwa kita pasti memiliki banyak dosa. Dan, seperti dikatakan Nabi Muhammad SAW, amalan pertama beribadah yaitu dengan ber-Istighfar bisa menjadi pelebur dosa.

“Obat dari segala dosa adalah Istighfar. Sebab, kita sebagai manusia, pasti tidak luput dari dosa. Dosa yang disengaja maupun tidak disengaja. Apalagi manusia merupakan tempatnya salah. Tetap ada dosa, sebesar apa?” Begitu kata Habib yang baru menginjak usia 31 tahun tersebut.

Oleh karenanya, lanjut Habib Sholeh, perbanyaklah bertaubat. Rahmat Allah SWT lebih luas dari segala-galanya. Sedangkan melakukan Istighfar itu sendiri, bisa bebas dan kapan pun waktunya. Bacalah :
اَسْـتــَـــغْـفِرُ الله ْ رَبَّ الــْـــــْبَرَايـَا اَسْتــَغْــفِرُ الله ْ مِنَ الــْخَـطَايـَـا

Astaghfirullah Robbal Baroya

Astaghfirullah Minal Khothoya

Yang artinya adalah : (Aku mohon ampun pada Allah yang kuasa sekalian makhluk/Aku mohon ampun pada Allah dari pada segala dosa).

“Dalam ber-Istighfar, bebas. Bisa dilakukan secara diam-diam. Yang penting, tujuannya ke Allah SWT. Bahkan dengan memperbanyak Istighfar, semakin memakan dosa, seperti membakar kain. Selain itu, juga mendatangkan atau memperbanyak rejeki,” ungkap Habib Sholeh.

Datangnya rejeki pun, menurutnya, misal soal anak bisa sembuh. Jadi, rejeki bisa berupa materi, juga bisa berupa kesehatan. Itu semua adalah rejeki.

“Perbanyaklah Istighfar. Maka, Allah SWT akan menjanjikan setiap atau akan kegundahan hatinya, memberikan ketenangan. Juga bakal mendatangkan rejeki dan kadang yang tidak diduga-duga. Jadi, itulah keistimewahan Istighfar. Kadang, syetan selalu mengganggu,” urainya, panjang lebar.

Sedangkan untuk amalan yang bermanfaat kedua, yakni perbanyaklah ber-Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Bahkan, hal tersebut sebagai salah satu wasilah. Apabila dalam sholat tidak ber-Sholawat, sholatnya pun tidak sah.

“Barang siapa orang yang Sholawat satu kali, maka Allah SWT akan membalasnya sebanyak 10. Jika 10 kali dibalas 100. Sedang 100 kali ber-Sholawat dibalas 1000. Bahkan 1000 kali, juga dibalas 10.000 dan tidak akan tersentuh oleh api neraka. Artinya, akan langsung masuk syurga. Tidak ada dosa yang tidak diampuni, kecuali ada penghalang,” papar Habib Sholeh.

Sedangkan amalan yang bermanfaat ketiga adalah Sedekah. Sebab, sedekah juga akan mencegah seseorang yang menghadapi kematian dalam keadaan buruk. “Sedekah dapat mencegah 70 pintu perbuatan buruk. Misalkan ingin ke tempat maksiat. Tanpa disadari, Allah SWT mencegah kita atau seseorang yang ingin berbuat jelek di hadapan Allah SWT,” katanya, mengakhiri. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Bicara ‘Kemuliaan’ Seseorang, MS GURU AANG UJUNG HARAPAN Babelan Bekasi Bahas Pentingnya Akhlak & Adab dalam Majelis Pengajian

Redaksi Posberitakota

Diketuai Tri Haryono, MASJID JAMI AL-IKHLAS RW 025 VGH BEKASI Resmi Bentuk Panpel Qurban 1442 H/Tahun 2021

Redaksi Posberitakota

ISI TA’LIM BA’DA MAGHRIB, USTADZ HM MAKHTUM TAUSIAH TENTANG WAKTU-WAKTU SHOLAT FARDHU KE JAMAAH MASJID JAMI AL-IKHLAS RW 025 VGH KEBALEN BEKASI

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment