26.2 C
Jakarta
20 April 2024 - 04:22
PosBeritaKota.com
Nasional

JADI PENYEBAB GELOMBANG PASANG & ABRASI, KEPALA BMKG DWIKORITA KARNAWATI INGATKAN MASYARAKAT AGAR WASPADAI PERUBAHAN IKLIM

JAKARTA (POSBERITAKOTA)
Masyarakat luas di Tanah Air diminta untuk tetap mewaspadai terjadinya perubahan iklim. Kenapa? Karena hal itu dapat menyebabkan bencana alam
hidrometeorologi. Dua di antaranya yakni gelombang pasang dan abrasi meningkat cukup signifikan akibat perubahan iklim.

Peringatan tersebut di atas disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati. Menurutnya, bencana hidrometeorologi disebabkan oleh kondisi cuaca dan perubahan iklim. Kondisi tersebut diperparah dengan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menunjukan bahwa 99% bencana yang terjadi di Indonesia adalah hidrometeorologi.

“Adanya hujan ekstrem yang sangat lebat menyebabkan terjadinya banjir, puting beliung, dan tanah longsor. Lalu, ada juga gelombang pasang dan abrasi,” tegasnya dalam webinar Kebijakan Pembangunan Berketahanan Iklim: Mengurangi Kerugian Ekonomi Akibat Dampak Iklim, Senin (11/10/2021) kemarin.

Menurut Dwikorita bahwa bencana hidrometeorologi memiliki berbagai parameter. Ada peningkatan dan penurunan curah hujan hingga suhu dan cuaca ekstrem. Oleh karenanya, bencana hidrometeorologi juga dapat menyebabkan bencana kekeringan ekstrem. Contohnya adalah kebakaran hutan dan lahan dan kekeringan lain.

“Jadi, semua bencana alam tersebut, tak terlepas dari faktor pengendali iklim atau cuaca. Kondisi ini juga korelatif dengan meningkatnya suhu global. Dampak ini pun sifatnya tak hanya lokal, tetapi bisa regional dan bahkan global,” paparnya.

Pada saat ini, suhu udara diproyeksikan meningkat 0,5 celcius pada 10 tahun mendatang. Curah hujan pada musim kemarau diproyeksikan semakin berkurang sekitar 20%. Untuk musim kemarau di masa mendatang akan terasa lebih panas dan kering.

Selain itu jumlah hujan pada periode musim hujan tidak banyak berubah. Namun jumlah hari hujan lebat meningkat dan ekstrem serta intensitasnya semakin sering. Makanya, berpotensi bencana hidrometeorologi meningkat.

“Oleh sebab itu, pengendalian banjir atau bencana hidrometeorologi lainnya harus mempertimbangkan kondisi iklim saat ini serta proyeksi iklim kedepan harus dipertimbangkan dalam membangun infrastruktur pengendalian banjir dan infrastruktur pendukung lainnya,” pungkas Kepala BMKG. ■ RED/TB DEVI IRAWAN/EDITOR: GOES

Related posts

Cek Kesehatan Masa Pandemi COVID-19, PRODIA Hadirkan Telekonsultasi Bagi Pelanggan

Redaksi Posberitakota

Respon Desakan Gus AMI, PENGAMAT RUDY DARMAWANTO Justru Minta Kemendikbud Tetap Jaga Kualitas Pendidikan

Redaksi Posberitakota

Sebanyak 90 Personel Militer Terima Pembekalan MPAT Tempest Express 30

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang