PosBeritaKota.com
Megapolitan

TOTAL ADA 150 ANGGOTA, WAKAPOLRES METRO BEKASI KOTA PIMPIN APEL GELAR PASUKAN GABUNGAN ‘OPERASI ZEBRA JAYA 2021’

BEKASI (POSBERITAKOTA) – Mapolres Metro Bekasi Kota menggelar apel gabungan sebagai tanda dimulainya ‘Operasi Zebra Jaya 2021′ dengan melibatkan 150 anggota gabungan. Mereka terdiri dari anggota Polri, TNI, Denpom Bekasi, Dishub Kota Bekasi, Satpol PP serta dari Jasa Marga. Acaranya itu sendiri digelar di halaman Mapolres Metro Bekasi Kota, Senin (15/11/2021) pagi tadi.

Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Rama Samtama Putra yang mewakili Kapolres Metro Bekasi Kota menjadi inspektur apel dengan komandan upacara Kanit Turjagwali, AKP Ganda Siburian. Selain itu juga dihadiri PJU Polres Metro Bekasi Kota mulai dari Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran Polres Metro Bekasi Kota, Perwira Kodim 0507/ Bekasi, Danpomsub Kota Bekasi maupun dari Jasa Marga.

Dalam sambutan Kapolda Metro Jaya yang dibacakan Wakapolres Metro Bekasi Kota saat apel gelar pasukan, mengungkapkan bahwa situasi sekarang masih dihadapkan dengan masa pandemi COVID-19. Dimana Jakarta termasuk didalam 50 Kota di dunia dengan penangan COVID-19 yang terbaik dan tercatat lebih unggul dari beberapa kota besar dunia.

Sebut saja seperti Moskow, Paris, Shanghai maupun Los Angeles dalam beberapa kategori sebagaimana dari laporan Deep Knowleged COVID-19, Marking of Huminity Manyciple Pandemic Respon, Vaksin Economi Prevetion Government Safety. Adapun angka COVID-19 di wilayah DKI saat ini, rata-rata penambahan kasus positif harian dalam dua minggu terakhir sebanyak 98 kasus dan jumlah kasus aktif sebanyak 868 kasus.

Lantaran angka COVID-19 yang sudah relatif menurun, Pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu DKI Jakarta dan wilayah aglomerasi termasuk dalam kategori PPKM level. Hal tersebut berimplikasi pada peningkatan mobilitas masyarakat dan kepadatan lalulintas.

“Jadi, berdasarkan data Tomtom Traffic Index, Index Kemacetan Jakarta pada bulan Juli sebesar 8 persen dan saat ini meningkat menjadi 40 persen. Untuk itu, Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2021 yang akan dilaksanakan selama 2 minggu, mulai 15 – 28 November mendatang,” jelas Wakapolres.

Karena itu pula, diharapkan dengan adanya ‘Operasi Zebra Jaya 2021′ dapat menurunkan tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalulintas. Termasuk untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas, karena dunia melihat Indonesia salah satunya dari cermin berlalulintas. Ingin mengetahui budaya suatu bangsa dapat dilihat dari disiplin berlalulintas.

Kapolda Metro Jaya dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakapolres AKBP Rama Samtama Putra, mengatakan bahwa ada 6 penekanan terhadap seluruh personil yang bertugas di lapangan khususnya yang terlibat dalam ‘Operasi Zebra Jaya 2021‘ diantaranya :

  • Pertama agar melaksanakan tugas operasi secara persuasif humanis edukatif dan Simpatik dengan sebaik baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.
  • Kedua agar diperhatikan antitute anggota di lapangan pada saat operasi, tetap jaga sopan dan santun laksanakan tugas dengan profesional jangan sampai ada kejadian lagi anggota lantas bekerja tidak sesuai dengan prosedur.
  • Ketiga, memaksimalkan ETLE, agar tambahkan CCTV di titik-titik yang berpotensi terjadi pelanggaran lalulintas baik di jalan tol maupun di jalan utama.
  • Keempat, terkait hasil pemantauan dilapangan, masih banyak terjadi pelanggaran lalu lintas terutama penggunaan knalpot bising, penggunaan rotator dan sirene yang tidak sesuai peruntukkannya, dan TNKB yang tidak dipasang yang disediakan pabrikan, masih ada kecenderungan terjadinya kerumunan dan abai terhadap Prokes.

• Kelima, Petugas agar memberikan contoh yang baik pada masyarakat dalam operasi, melakukan penegakan hukum dengan melakukan tilang kepada masyarakat yang melanggar lalulintas, Jangan sampai anggota Polri ikut dalam melakukan pelanggaran, misalnya menggunakan knalpot bising.

• Keenam, memasuki musim agar anggota jaga kesehatan keselamatan diri pribadi dalam melaksanakan tugas dan tetap waspada dan terapkan bagi sistem serta yang terakhir berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai ladang amal ibadah kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak lupa pula, Kapolda Metro Jaya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran TNI, Pemprov DKI, Pemkot Bekasi Kota dan seluruh pihak yang telah mendukung ‘Operasi Zebra Jaya 2021′ tersebut. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Bertepatan HUT ke-75 RI, YAYASAN PEDULI JURNALIS INDONESIA Lahir dari Sebuah Semangat Kebersamaan

Redaksi Posberitakota

Dapat Apresiasi Anies, KAFILAH DKI Raih Juara Umum MTQ XXVII di Medan

Redaksi Posberitakota

Ciptakan Wirausaha, POP UP MARKET 2019 Pasar Mayestik Dibuka Walikota Jakarta Selatan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment