26.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 06:40
PosBeritaKota.com
Hukum

DIMINTA KUASA HUKUM TERSANGKA, POLDA METRO JAYA AGAR MEMATUHI PN JAKSEL DI SIDANG PRA PERADILAN

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam sidang Pra Peradilan terkait permohonan pihak tersangka kasus pengaduan palsu (pelanggar Pasal 317 KUHP), Nora Haposan Situmorang SH MH, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel), berlangsung singkat. Bahkan pihak termohon, yakni Polda Metro Jaya, malah tidak hadir di sidang Pra Peradilan pertama tersebut.

“Sedangkan untuk sidang kedua Pra Peradilan terkait kasus dugaan pengaduan palsu klien kami, Nora Haposan Situmorang, baru akan digelar pada 24 Desember 2021 mendatang.  Kami berharap pihak termohon Polda Metro Jaya hadir untuk mendengarkan pembacaan permohonan  pembebaskan status tersangka klien kami,” ujar kuasa hukum Waldus Situmorang SH kepada wartawan usai sidang di PN Jaksel, Senin (13/12/2021).

Dalam kesempatan yang sama, kuasa hukum lainnya dari tersangka Nora Haposan Situmorang SH MH, Andreanus  Sihite SH, mengharapkan agar pihak termohon yakni Polda Metro Jaya taat hukum.

“Jadi, kami berharap pada pihak termohon Polda Metro Jaya pun mematuhi hukum, yakni bisa hadir dalam sidang kedua pada tanggal 24 Desember nanti,” tegas Andreanus.

Kembali diungkap Waldus Situmorang, pihak menilai bahwa jeda sidang pertama dan kedua, terlalu lama. Apalagi sampai memakan waktu selama 12 hari. “Sebab, pihak PN Jaksel sudah mengirimkan surat panggilan sidang Pra Peradilan pada 3 Desember 2021, sehingga tidak ada alasan bagi termohon Polda Metro Jaya untuk mangkir dari panggilan sidang,” katanya.

Pada sidang yang dipimpin Hakim Tunggal Nazar Nevriandi itu berlangsung cepat dan singkat. Bahkan tidak lebih dari 30 menit. Berikutnya sudah diagendakan untuk sidang Pra Peradilan kedua, disepakati diadakan pada hari Jumat 24 Desember 2021 mendatang.

Selain itu Nazar sangat mengharapkan bahwa putusan  sidang Pra Peradilan ini bisa dibacakan pada 3 Januari 2022. Sebab, menurutnya, jeda 12 hari itu dimantaafkan untuk mempersiapkan penunjukan Juru Sita (JS).

“Yang jelas, saya tidak mau jeda sidang sampai dua pekan atau 14 hari kerja. Saya ingin 12 hari kerja, hasil keputusannya sudah kita umumkan,” ungkap Nazar, lagi.

Seperti telah diketahui bersama bahwa advokat Nora Haposan Situmorang SH MH, ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya karena mengadukan DJ dan oknum perwira Polri yang mengambil uang konsinyasi di PN Jakarta Timur sebesar Rp 7,74 miliar.

Kapasitas Nora Haposan Situmorang SH MH sendiri menjadi kuasa hukum nenek cacat Umroh binti Djana yang memiliki lahan bidang tanah seluas sekitar 6270 M2. Bahkan sudah dibebaskan untuk Banjir Kanal Timur (BKT). Sedangkan nenek Umroh adalah pemilik sah tanah tersebut. ■ RED/GOES

Related posts

Atas Dugaan Sebar Berita Bohong, SENIMAN BUTET KERTAREDJASA Kini Dilaporkan Advokat Lisan ke Bareskrim Polri

Redaksi Posberitakota

Di Sukabumi, POLISI Comot Pria Pemosting Foto dan Status ‘PKI Pura-pura Gila Digebuki’

Redaksi Posberitakota

Ditangani Polsek Kota Tangerang, PENCURI Kabel Tembaga Ditangkap Satpam

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang