PosBeritaKota.com
Sport

SETELAH BIKIN MALAYSIA TERDEPAK, TIM INDONESIA HARUS KETEMU SINGAPURA DI PARTAI SEMIFINAL PIALA AFF

SINGAPURA (POSBERITAKOTA) – Setelah berhasil mendepak Tim Malaysia dengan skor telak 1 – 4 dalam laga terakhir Group B Piala AFF, Minggu (19/12/2021) kemarin, Indonesia tak hanya sebagai juara group. Kemenangan tersebut tentu saja menghantarkan Tim Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal.

Untuk perhelatan berikutnya di babak semifinal, Indonesia bakal menghadapi lawan yang tidak enteng. Yakni harus siap menantang tim tuan rumah Singapura yang menjadi runner up Grup A.

Pada pertandingan melawan Tim Negeri Jiran, Indonesia tampil dalam performa terbaik sepanjang 90 menit permainan. Laga klasik ini berlangsung sengit sepanjang 45 menit pertama. Malaysia sedikit unggul dalam penguasaan bola (51%), tetapi Indonesia jauh unggul dalam percobaan mencetak gol. Total ada 10 percobaan dilakukan Indonesia, setengah diantaranya mengarah ke gawang Malaysia.

Tak ayal lagi bahwa Indonesia mengawali laga dengan percaya diri. Tekanan langsung digencarkan ke pertahanan Malaysia. Menit 2, ancaman pertama datang dari Pratama Arhan ketika sepakannya masih melebar tipis ke sisi kiri gawang. Meski menyerang, gawang Indonesia kebobolan terlebih dahulu.

Sedangkan untuk gol pembuka Malaysia dicetak Kogileswaran Raj di menit 13, setelah tendangan kerasnya dari luar kotak penalti gagal diamankan kiper Nadeo. Satu menit berselang, Ezra Walian membuang peluang menyamakan skor setelah gagal menyambut umpan silang.

Begitu pula untuk beberapa peluang didapat Indonesia setelah itu. Menit 22 tendangan Witan Sulaeman masih lemah sehingga dengan mudah ditangkap kiper Fahmi. Gawang Indonesia nyaris kebobolan ketika kiper Nadeo mencoba menyergap upaya Safawi. Beruntung tendangan lambung Safawi ke gawang yang kosong masih melebar.

Namun pada dua menit berselang, Indonesia berbalik unggul setelah Irfan Jaya mencetak gol keduanya. Gol dicetak Irfan memanfaatkan kemelut setelah Pratama Arhan menusuk ke depan gawang. Satu menit berselang peluang didapat Ramai Rumakiek yang menusuk sampai area penalti. Sayang, tendangannya masih melambung. Setelah itu, tendangan Arhan juga masih bisa diamankan kiper.

Yang pasti pola permainan menyerang kembali ditampilkan pasukan Shin Tae-yong. Baru lima menit permainan babak kedua dimainkan, Indonesia memperbesar keunggulan melalui gol Arhan Pratama lewat tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Tiga menit berselang Irfan Jaya nyaris mencetak hattrick jika saja tendangan kaki kirinya di depan mulut gawang tidak melebar.

Sebenarnya, Malaysia sempat mendapat gol kedua lewat tendangan Safiq. Namun, gol tersebut dianulir setelah sebelumnya kiper Nadeo dilanggar pemain Malaysia.

Hasil akhirnya, Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 4-1 setelah pemain pengganti Elkan Baggot mencetak gol. Bek berdarah Inggris itu sukses menyarangkan bola lewat sundulan meneruskan tendangan sudut. Tekanan terus digencarkan Indonesia meski tidak ada tambahan gol tercipta sampai laga berakhir.

Untuk jadwal pertandingan selanjutnya di babak semifinal, Indonesia bakal menghadapi musuh Singapura yang juga sebagai tuan ajang Piala AFF. Sedangkan laga seru itu akan dimainkan pada 22 Desember mendatang. ■ RED/AYID SPS/EDITOR : GOES

Related posts

Sama Taufik Hidayat di Indonesia, LEE CHONG WEI Sebut Belum Ada Penggantinya di Malaysia

Redaksi Posberitakota

Usai Tes Musim MotoGP 2019, MORBIDELLI Gembira & Kagum Kecepatan Motornya

Redaksi Posberitakota

Di Superliga Junior 2018, TIM PUTRI PB Exist Jakarta Kawinkan Gelar Juara

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment