31.2 C
Jakarta
26 April 2024 - 16:34
PosBeritaKota.com
Sport

DIGELAR MULAI 2 – 4 PEBRUARI, SEBANYAK 692 PESERTA BERSAING DALAM KEJURNAS KARATE PIALA KASAL 2022

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sebanyak 692 peserta (karateka) bersaing mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala KASAL 2022 yang diselenggarakan di Gedung RB. Supardan Mako Puspomal Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, mulai Rabu (2/2/2022) sampai Jumat (4/2/2022) mendatang..

“Saya merasa bangga, berdiri di hadapan saya karateka-karateka masa depan Indonesia. Saya berharap dalam kejuaraan ini tidak semata-mata mencari kemenangan, tapi juga untuk menciptakan soliditas antar personil TNI dan Polri. Mohon junjung sportivitas sepanjang kejuaraan, sehingga dari kejuaraan ini dapat muncul atlet yang dapat diandalkan baik di tingkat nasional maupu internasional,” kata KASAL Laksamana TNI Yudo Margono ketika hadir dan membuka kejuaraan tersebut, Rabu (2/2/2022).

Menurut Yudo bahwa ajang itu digelar dalam rangka HUT POMAL (Polisi Militer) TNI AL yang ke-76. “Saya sangat berharap muncul bibit-bibit karateka andal yang nantinya akan dapat mengharumkan Indonesia di tingkat internasional,” ujarnya, penuh harap.

Dalam kejuaraan itu mempertandingkan nomor KATA dan KUMITE untuk PEMULA sampai SENIOR, terdiri dari kategori khusus
TNI/POLRI dan umum. Hadir di pembukaan: Deputi IV Kemenpora Tjandra Bhakti, DANPUSPOMAL, Mayjen TNI (Mar) Lukman, S.T.,M.Si (HAN) CHRMP dan 7 Dewan Guru INKAI.

Sedangkan kejuaraan itu sendiri mendapat dukungan dari FIF Group, Bank BJB, Bank Mandiri, Pegadaian, ASDP, Pelni, Pertamina Patra Niaga, Mandiri Tunas Finance, United Tractor, Antam dan BSI bakal berlangsung hingga 4 Pebruari.

KASAL Yudo ingin mewujudkan peran serta TNI AL dalam pembinaan bidang olahraga sebagai upaya membantu pemerintah mengolahragakan masyarakat dan memasyaratkan olahraga, khususnya cabor karate. “Kita ingin cabor karate bisa menjadi agenda tetap PUSPOMAL setiap tahun, sehingga menjadi ajang kompetisi bergengsi dalam upaya pembinaan prestasi, khususnya di kalangan militer dan juga umum,” katanya seraya menyebut pihaknya merasa senang karena kejuaraan itu diikuti semua matra, maka akan lebih kompetitif dan hasilnya betul-betul maksimal,” tutur Yudo.

Melalui Kejuaraan PIALA KASAL 2022 diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet potensial. Baik itu baik di kalangan TNI/POLRI maupun
sipil. “Membina karate, semangat juang, gigih pemberani dan berjiwa kesatria dari para pemuda-pemudi harapan masa depan bangsa. Lewat karate ini juga sebagai upaya mensosialisasikan olahraga yang merupakan sarana untuk pembinaan anak bangsa. Tujuannya agar terhindari dari perbuatan dan pengaruh negatif. Serta menjadikan kegiatan ini sebagai barometer penyelenggaraan dengan penerapan prestasi, harmonis dan dinamis,” terang Yudo.

Menurut penggagas Kejuaraan Karate arate KASAL CUP I/2022, Nelwan, mengatakan bahwa pihaknya bekerja keras untum mensukseskan gelaran Kejuaraan Nasional yang memperebutkan Piala KASAL tersebut.

Sementara itu DANPUSPOMAL, Mayjen TNI (Mar) Lukman, S.T.,M.Si (HAN) CHRMP, Kejuaran Karate ini adalah pertama kali POMAL menggelar kejuaraan karate tingkat nasional bertajuk PIALA KASAL 2022. Kejuaraan kali ini mengusung tema “Dengan Semangat Karateka Sejati, Kita Mantabkan Mental Juang Yang Pantang Menyerah, Ksatria, Serta Profesional Menuju Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh‘.

“Bagi para atlet dan pengunjung tetap berkewajiban menerapkan Prokes. Dan, bahkan harus SWAB sebelum bertanding. Peserta terlihat bersemangat mengeksplor kemampuannya untuk menjadi yang terbaik,” tutur Nelwan yang juga Ketua Harian INKAI Sekoci Pusat yang selama sukses menyelenggarakan sejumlah kejuaraan karate terbuka tingkat nasional dan internasinal seperti SBY CUP, NARA CUP, SEKOCI CUP, JACKO CUP, EMPORIUM CUP dan dalam waktu dekat juga siap menggelar SIWO CUP CHAMPIONSHIPS dan AHY CUP.

Nelwan tak lupa ingin menyampaikan ucapan terima kasih pada Dewan Guru INKAI, khususnya pada Ketua Dewan Guru Sihan Harmein Lukas Tampodung. “Pokoknya, kita ingin memberikan yang terbaik kepada atlet-atlet karate di Tanah Air dengan memberikan sarana lewat ajang-ajang kejuaraan bergengsi,” pungkas Nelwan yang juga penyandang DAN VII INKAI tersebut. ■ RED/GOES

Related posts

Singkirkan Arab Saudi, LUIS SUAREZ Bawa Uruguay Susul Rusia

Redaksi Posberitakota

Saat di Bandara Internasional Miami, MIKE TYSON Tertangkap Kamera Pakai Kursi Roda & Bikin Khawatir Penggemarnya

Redaksi Posberitakota

Rampung Gelar Babak Kualifikasi/Pra PON & Kejurnas 2023, KETUM PB SYLVIANA MURNI : Hasil Pembinaan Atlet Squash Beri Harapan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang