26.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 04:56
PosBeritaKota.com
Politik

DPR Bakal Panggil Mendagri untuk Minta Penjelasan Pemilihan 5 Pejabat Gubernur

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Melalui rapat dengar pendapat (RDP) Komisi II DPR RI bakal meminta penjelasan Mendagri Tito Karnavian, terkait pemilihan penjabat (Pj) lima Gubernur yang baru saja dilantik.

Mendagri ini kan merupakan mitra kerja Komisi II DPR RI. Melalui rapat dengar pendapat yang akan datang, kami ingin meminta penjelasan dari Mendagri terkait penunjukan para pejabat Gubernur ini,” kata Rifqinizamy Karsayuda, anggota Komisi II saat dikonfirmasi POSBERITAKOTA, Kamis (12/5/2022).

Disebutkan Rifqi bahwa Komisi II perlu menjalankan tugasnya sebagai mitra untuk mengawasi Kemendagri. “Jadi, harus melakukan pengawasan kepada Kemendagri. Termasuk para penjabat Gubernur nanti, agar mereka bisa menjalankan pemerintahan di provinsi masing-masing dengan baik dan melayani publik dengan baik pula,” tuturnya.

Dalam catatan Rifqi, penjabat tidak boleh berpolitik praktis. “Yang tak kalah penting para penjabat bukan merupakan bagian dari kepentingan-kepentingan politik praktis, karena mereka termasuk ASN yang tugas fungsi dan kewenangan diatur dalam UU ASN,” kata dia, lagi.

Di sisi lain, Rifqi mengungkapkan bahwa arena itu perlu dihormati, yakni apa yang dilakukan Presiden dan Mendagri. “Namun di sisi lain tugas konstitusional pengawasan tetap akan kami lakukan,” tutupnya. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

PEMERINTAH DIKRITIK PARLEMEN KARENA ABAI LINDUNGI TKI DARI EKSEKUSI MATI

Redaksi Posberitakota

Temui Ketum TPN Ganjar-Mahfud, TIM EXTRAVAGANJAR Serahkan 8 Gagasan Luar Biasa Industri Musik Indonesia

Redaksi Posberitakota

Gelar Rapat Pematangan, BACAPRES ANIES Siap Ikutan Godok 5 Sosok Cawapresnya di Pemilu 2024 Mendatang

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang