PosBeritaKota.com
Megapolitan

Sampai 26 Juni 2022, PEMPROV DKI JAKARTA Bikin Pagelaran Demi Tangani Pengamen Ondel-ondel

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Demi untuk menangani merebaknya para pengamen di jalan-jalan, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menggelar pagelaran ondel-ondel mulai 18 hingga 26 Juni 2022 mendatang. Bahkan kegiatan tersebut mendapatkan dukungan kuat dari masyarakat berkat komunikasi dan kemitraan yang kolaboratif dari sejumlah pihak terkait.

“Dari kegiatan itu diikuti tidak kurang ada 35 sanggar dari seluruh Jakarta dengan total peserta 525 orang. Nantinya, sanggar-sanggar ini akan menampilkan pagelaran ondel-ondel dinamis,” harap Iwan kepada media, Senin (20/6/2022).

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, pertunjukkan yang diadakan itu merupakan wujud kepedulian dan tanggungjawab Pemprov DKI Jakarta dalam menangani persoalan pengamen ondel-ondel. Juga terkait sekaligus pelestarian kebudayaan tersebut di Jakarta.

Ditambahkan Iwan bahwa pagelaran ondel-ondel bakal diadakan di sejumlah tempat. Di antaranya Mall Kota Kasablanka, Kawasan Kota Tua, Baywalk Mall, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Pekan Raya Jakarta, AEON Mall JGC dan juga Kawasan Pecinan Glodok.

“Tentunya sebagai ikon budaya Betawi yang telah ditetapkan, ondel-ondel perlu mendapatkan perhatian khusus. Pada bagian lain, kegiatan ini juga sebagai perwujudan Jakarta Kota Kolaborasi. Dimana pemerintah, swasta, dan sanggar ondel-ondel bersama-sama melestarikan kebudayaan yang ada di Jakarta,” tutur Iwan, lagi.

Dalam pandangan Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, kegiatan ini menjadi ajang pembuktian bagi pihak swasta, khususnya pusat perbelanjaan yang telah berkomitmen penuh mendukung Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 4 tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi. Sebagai informasi, pertunjukan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pembinaan bagi pelaku ondel-ondel di Jakarta, yaitu workshop dan pagelaran ondel-ondel.

“Namun begitu, sebelumnya.kegiatan worksop sudah dilaksanakan pada 7-8 Juni 2022 di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dengan menghadirkan narasumber budayawan antara lain Yahya Andi Saputra, Ahmad Supandi dan Imron Hasbullah,” tutup Iwan. □ RED/GOES

Related posts

Demi Rangkul Kaum Milenial & Gen Z, BANK DKI Kembali Ikutan ‘Jakarta Fair 2022’

Redaksi Posberitakota

Perda Segera Diterbitkan Anies, PEMPROV DKI Melarang Penumpang di Atas Atap Bus

Redaksi Posberitakota

Akrobat Politik Kekuasaan dalam Final Piala Presiden Dikecam Anggota DPD RI

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang