30.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 12:11
PosBeritaKota.com
Nasional

Di Museum Fatahilah Jakbar, AKTOR ALFIE ALFANDY & SAHABI VOICE Meriahkan ‘Semarak Qurban Online BAZNAS’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Inovatif dan diharapkan bisa mengajak masyarakat luas tertarik untuk ikut berqurban. Dengan menghadirkan kalangan artis dan pemusik, boleh jadi justru bisa memberikan sugesti tersendiri dalam momentum jelang pelaksanaan Hari Raya Idhul Adha 1443 H yang identik dengan penyembelihan hewan qurban, sapi maupun kambing (domba).

Dalam kaitan itu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menggelar acara ‘SEMARAK: Qurban Online BAZNAS’, sebagai sarana memperkuat syiar dakwah dan menginformasikan kepada masyarakat luas seputar Qurban Online ala BAZNAS pada momentum Idhul Adha 1443 H mendatang.

Sedangkan acara itu sendiri digelar di Museum Fatahillah, Jakarta Barat (Jakbar), Sabtu (2/7/2022) yang diisi sesi perbincangan oleh Direktur Pengumpulan BAZNAS RI, H Faisal Qosim Lc, Ketua Panitia Kurban BAZNAS 2022, Mohan SE M.Ei serta talkshow bersama Founder Bikers Dakwah & Aktor Indonesia, Alfie Alfandy dengan mengusung tema ‘Berbagi dengan Sesama dalam Semarak Qurban“. Selain itu, acaranya juga dimeriahkan oleh penampilan Sahabi Voice yang menyajikan sholawat akustik.

“Jadi, jelang perayaan Idhul Adha yang akan kita rayakan beberapa hari kedepan, BAZNAS ingin mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam Qurban Online BAZNAS yang memberi kemudahan untuk berqurban. Sebab, Qurban Online ala BAZNAS ini, sangat memberikan manfaat kepada banyak pihak. Tidak hanya untuk penerima qurban saja,” ucap H Faisal Qosim L.c, Direktur Pengumpulan BAZNAS RI dalam sambutannya saat membuka acara.

Dijelaskan Faisal lebih lanjut bahwa pada Qurban Online BAZNAS, hewan qurban dibeli langsung dari peternak binaan BAZNAS di desa, disembelih serta didistribusikan di desa agar peternak semakin berdaya secara ekonomi dan mustahik pun dapat memenuhi kebutuhan gizi melalui daging qurban yang didistribusikan.

“Upaya pemerataan dan tepat sasaran pendistribusian daging qurban, justru menjadi salah satu faktor semangat BAZNAS dalam menyelenggarakan Qurban Online BAZNAS ini,” tambahnya.

BAZNAS ingin memberi kemudahan kepada masyarakat untuk berqurban, salah satunya dengan mengakses https://baznas.go.id/ qurban, lalu ikuti petunjuk yang diberikan dengan mudah. BAZNAS juga bekerjasama dengan banyak pihak untuk terus mendorong optimalisasi Qurban Online ala BAZNAS ini.

Pada bagian lain, diterangkan Faisal, BAZNAS ikut menaruh perhatian lebih kepada penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang tengah mewabah di banyak tempat. Berkat langkah mitigasi yang dilakukan BAZNAS di seluruh Balai Ternak binaan, BAZNAS memastikan hewan ternak yang diperjualbelikan bebas dari penyakit tersebut.

“Bahkan, BAZNAS menggencarkan sosialisasi dan langkah mitigasi untuk menjaga kesehatan hewan ternak. BAZNAS juga terus memberikan pendampingan secara ketat dan berkala kepada seluruh peternak. Berbagai langkah antisipasi sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari,” ucap Faisal, lagi.

Sedangkan berbagai langkah yang dilakukan BAZNAS adalah membatasi keluar masuknya ternak maupun orang ke lokasi Balai Ternak BAZNAS dan kandang peternak rakyat. Kemudian melakukan penyemprotan kandang, kendaraan, peralatan dan perlengkapan kerja dengan desinfektan yang efektif.

“Peternak binaan BAZNAS juga rutin memberikan pakan dan obat vitamin sehingga meningkatkan imunitas ternak dan melakukan koordinasi dengan dinas setempat untuk mencegah timbulnya wabah,” pungkas Faisal. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Asal Margasari, ABDUL & SARIPAH Sebagai ‘Pejuang Sampah’ Butuh Perhatian Pemkab Tegal

Redaksi Posberitakota

Di 10 Kota Jateng, OK OCE Prasasti Gandeng KOMAS Gelar Seminar ‘Millennial Santripreneurship’

Redaksi Posberitakota

Di Tegal & Brebes, RIBUAN PETANI Kembali Rutin Turun ke Sawah Pasca Pemilu

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang