26.7 C
Jakarta
28 March 2024 - 22:39
PosBeritaKota.com
Daerah

Di Balai Ternak Cimande, BAZNAS Gelar ‘Semarak Qurban Online’ untuk Memeriahkan Idhul Adha 1443 H

BOGOR (POSBERITAKOTA) □ Selain rangkaian acara diisi dengan live report, talkshow dan penyembelihan hingga pendistribusian kepada yang berhak menerima, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menggelar acara ‘Semarak Qurban Online BAZNAS’ untuk memeriahkan Idhul Adha 1443 H yang berpusat di Balai Ternak BAZNAS Cimande, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad/Minggu (10/7/2022).

“Sebenarnya, Balai Ternak BAZNAS sudah sejak jauh hari sangat siap untuk menggelar qurban. Dan, menyiapkan daging terbaik untuk saudara-saudara kita di pelosok negeri. Tentu saja demi memberi kebutuhan gizi dan menanggulangi stunting di berbagai daerah,” kata Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Ahmad MA kepada media.

Ditambahkannya bahwa pada tahun 2022 ini, pelaksanaan ‘Semarak Qurban Online BAZNAS‘ dilakukan dengan perencanaan matang seperti tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari tahap penyembelihan hingga distribusinya. “Kami sangat berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan,” tegasnya, lagi.

“Pada Hari Raya Idhul Adha 1443 H ini, juga dirasakan manfaatnya oleh para peternak binaan BAZNAS, karena menjadi waktu panen dari usaha yang mereka jalani selama ini. Makanya, dengan adanya program ini, diharapkan pula peternak mustahik binaan BAZNAS, semakin berdaya di kemudian hari,” urai KH Noor Ahmad.

Karena itu pula, disebutkan bahwa program ‘Semarak Qurban Online BAZNAS‘, juga bisa menjadi momentum emas bagi peternak binaan BAZNAS untuk meningkatkan penghasilannya, setelah merawat hewan ternak di Balai Ternak BAZNAS.

Qurban Online BAZNAS merupakan ibadah multimanfaat, karena banyak pihak yang akan mendapatkan manfaatnya. Seperti mudhahi yang mendapatkan pahala, peternak yang mendapatkan penghasilan tambahan dan mustahik memperoleh daging untuk kebutuhan gizinya.

Sementara itu Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, mengatakan bahwa Qurban Online BAZNAS diharapkan para mudhohi mendapatkan fasilitas terbaik untuk beribadah qurban.

“Jadi, yang pertama adalah pelayanan pembayaran melalui mitra digital dan web BAZNAS serta di perbankan. Kedua, terkait fenomena virus penyakit mulut dan kaki (PMK). BAZNAS memfasilitasi mudhohi agar tidak kontak langsung dengan hewan ternak,” tuturnya.

Menurut Saidah, Balai Ternak BAZNAS yang tersebar di banyak daerah, sudah sangat siap untuk menggelar prosesi qurban sejak jauh-jauh hari. Berbagai persiapan termasuk faktor kesehatan hewan turut menjadi perhatian di tengah wabah penyakit.

Balai Ternak BAZNAS ini sudah terlatih dalam manajemen pengelolaan hewan. Hewan ternak di Balai Ternak BAZNAS juga sudah terverifikasi kesehatannya oleh dinas setempat. Nah, ini yang menjadi latar belakang dan alasan hewan ternak BAZNAS berkualitas,” ungkapnya.

Saidah menuturkan untuk penyembelihan hewan qurban dalam program Qurban Online BAZNAS berlangsung hingga hari tasyrik terakhir untuk melayani para mudhohi yang menunaikan ibadahnya di akhir waktu.

“Bahkan, hingga Hari Raya Idul Adha hari ini, masyarakat masih terus menunaikan qurbannya melalui BAZNAS. Sehingga kami publn masih membuka layanan melalui berbagai kanal pembayaran yang tersedia,” tutup Saidah Sakwan. ■ RED/GOES

Related posts

Ledakan di Solo Baru Sukoharjo, KAPOLDA JATENG : Bukan dari Aksi Teror

Redaksi Posberitakota

Kutbah Sholat Ied, Ustadz Dasim Angkat Tema Muslim Pisah dari Ramadhan dan Raih Kebahagiaan Idhul Fitri

Redaksi Posberitakota

Melanda Kota Malang & Sejumlah Daerah di Jatim, GEMPA BERKEKUATAN 6,1 MAGNITUDO Porak Porandakan 300 Rumah

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang