28.9 C
Jakarta
17 August 2022 - 11:57
PosBeritaKota.com
Nasional

Melalui Program ‘Umar bin Khattab’, BAZNAS Berbagi Paket Makanan Siap Saji ke Pekerja Rentan di Jabekta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Kalangan pekerja rentan yang ada di wilayah Jakarta, Bekasi dan Tangerang (Jabekta), disasar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui program ‘Umar bin Khattab‘ (UBK) agar terpenuhi kebutuhan gizinya. Sedangkan bantuan sebanyak 150 paket tersebut berupa makanan siap saji.

“Paket makanan siap saji ini didistribusikan untuk para pekerja nonformal yang sedang mencari rezeki di jalanan kota. Mereka di antarnya adalah pengayuh becak, pemulung, juru parkir, pedagang asongan, tukang ojek dan profesi non formal lainnya,” kata Saidah Sakwan MA, Pimpinan BAZNAS RI dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Karena itu, Saidah berharap sekali terhadap bantuan yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan gizi para pekerja rentan. Selanjutnya, mereka pun dapat terus produktif untuk mencari rezeki demi memenuhi kebutuhan keluarganya. “Semoga paket sajian berkah bergizi ini bisa ikut membantu meringankan akses asupan harian layak bagi para masyarakat pekerja rentan,” ujar dia.

Masih menurut Saidah lebih lanjut, pendistribusian paket makanan siap saji menjadi salah satu fokus BAZNAS dalam membantu kebutuhan gizi masyarakat rentan. Sebab, sebelumnya, pada periode Januari hingga Mei 2022, BAZNAS melalui program Bank Makanan telah mendistribusikan makanan siap saji sebanyak 28.875 kepada para pekerja rentan dan pedagang kecil di wilayah Jabodetabek.

Makanan siap saji tersebut didistribusikan BAZNAS RI di Jakarta Pusat 1.855 paket makanan, Jakarta Utara 2.120 paket makanan, Jakarta Timur 3.761 paket makanan, Jakarta Selatan 5.860, Jakarta Barat 705 paket makanan, Bogor 1.600 paket makanan, Kabupaten Bogor 2.300 paket makanan, Depok 2.000 paket makanan, Tangerang 250 paket makanan, Tangerang Selatan 2.334 paket makanan, Kabupaten Tangerang 2.880 paket makanan, Bekasi 750 paket makanan, serta di Kabupaten Bekasi 2.460 paket makanan. Jumlah tersebut tidak termasuk makanan yang didistribusikan oleh BAZNAS tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Ditegaska Saidah bahwa BAZNAS terus berinovasi dengan program yang inovatif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada muzaki (orang yang membayar zakat, infak dan sedekah atau disingkat ZIS dan dana sosial keagamaan lainnya atau DSKL) serta mustahik (penerima ZIS).

“Semoga saja melalui program ini dapat memberikan kebahagiaan bagi para penerima manfaat dan dapat meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan pokok pangan hariannya. BAZNAS berterima kasih kepada uluran tangan dari donatur yang telah berbagi dengan masyarakat rentan yang membutuhkan bantuan. Keberkahan selalu menyertai kita semua,” tutupnya. ■ RED/GOES.

Related posts

Juga ke Jogja dan Solo, PEMERINTAH Siap Kerjakan KA Cepat Jakarta-Bandung

Redaksi Posberitakota

Puasa dan Jelang Lebaran, Jalan Raya Kebalen-Babelan Bekasi Rusak Parah

Redaksi Posberitakota

Angka Kasus Penyebaran Tembus 1 Juta Orang, PANGLIMA TNI Prihatin karena Pandemi COVID-19 Belum Bisa Dikendalikan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang