32.1 C
Jakarta
16 August 2022 - 16:31
PosBeritaKota.com
Sport

Dibandrol 300 Juta Euro, BENJAMIN SESKO Siap Dilego Kalau untuk Manchester United

MANCHESTER (POSBERITAKOTA) □ Pemain muda asal Slovenia, Benjamin Sesko, diam-diam tengah diincar Machester United. Meski tekad itu bukanlah perkara gampang. Sebab, FC Salzburg malah pasang tarif tinggi, jika ingin mendapatkan pemainnya tersebut. Angka 300 juta Euro pun mengemuka jika ingin mendapatkan Sesko.

Minat menggaet Sesko, karena Manchester United kepengen lebih tajam daya serang mereka. Walaupun terbilang masih remaja, tapi Setan Merah yakin kelak Sesko bakal jadi pemain besar. Punya prosfeks bagus karena skillnya sudah dipantau cukup lama.

Karuan saja, Salzburg pun bereaksi atas minat Manchester United tersebut. Karenanya, kemudian menyebut angka 300 juta euro plus Bruno Fernandes sebagai mahar Sesko. Tak heran jika permintaan Salzburg itupun hanya sebagai guyonan belaka.

Sebab, dari kabar yang beredar Salzburg malah sudah gembar-gembor, apabila ada klub yang berminat memboyong pemainya yang bertinggi badan 1,94 meter itu cukup membayar mahar sebesar Rp 65 juta euro. Jadi, hampir kelipatan 5, kalau Manchester United yang berminat.

Seandainya itu terjadi, Sesko bisa mencatatkan rekor. Tentu bakal menjadi salah satu pesepak bola remaja dengan mahar tertinggi di dunia. Kendati untuk urusan itu, ada sejumlah pemain lain yang juga berstatus sebagai pesepak bola remaja dengan nilai transfer tertinggi sebelumnya.

Lantas, siapa saja para pesepakbola remaja dengan nilai transfer tertinggi sebelum Benjamin Sesko? Ini catatan ke-10 di antara mereka.

JAVIER SAVIOLA (C)

Peringkat kesepuluh dalam daftar pesepakbola remaja dengan nilai transfer tertinggi sebelum Benjamin Sesko ditempati Javier Saviola. Kala direkrut Barcelona, saat usianya 19 tahun, Saviola ditebus dengan mahar 39,5 juta euro.

Sosok Saviola sendiri diboyong dari River Plate pada musim 2001/2002. Tak ada informasi resmi berapa nilai pasar pemain asal Argentina tersebut waktu itu. Namun, diperkirakan banderolnya waktu itu sebesar 10 juta euro.

Bahkan bersama Barcelona, Saviola tak banyak mendapat kesempatan menunjukkan kemampuan terbaiknya. Ia lebih banyak menjalani masa peminjaman ke klub lain. Hingga dilepas pada 10 Juli 2007, ia hanya sempat bermain dalam 172 laga. Dalam 11.414 menit bermain tersebut, ia mencatatkan 72 gol dan 31 assist. Bersama Los Blaugrana, Saviola sempat meraih satu trofi juara Piala Super Spanyol.

WAYNE ROONEY & CHRISTIANO RONALDHO &

Wayne Rooney menempati posisi sembilan dalam daftar pesepakbola remaja dengan nilai transfer tertinggi sebelum Benjamin Sesko. Pemain asal Inggris ini diboyong Manchester United dengan banderol 37 juta euro pada musim 2004/2005 dengan mahar sebesar itu.

Pada saat itu, Rooney direkrut Setan Merah dari Everton. Belum diketahui berapa banderol Rooney -yang waktu itu berusia 18 tahun. Namun, ditaksir tak kurang dari 10 juta euro.

Namum setidaknya harus mengeluarkan mahar selangit untuk memboyong Rooney, Manchester United tak rugi sama sekali. Rooney sukses menjadi salah satu andalan Setan Merah. Pemain gempal tersebut menjadi bagian penting United selama masa baktinya di Old Trafford.

Tetapi, sepanjang memperkuat United, Rooney membantu klub tersebut meraih liga trofi juara Premier League, satu trofi juara Piala FA, empat gelar juara Piala Liga, satu gelar juara Liga Champions, satu trofi juara Piala Dunia Antarklub, dan satu gelar juara Liga Europa. Rooney pun menahbiskan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Manchester United sejauh ini.

LUKE SHAW (C)

Urutan kedelapan dalam daftar pesepak bola remaja dengan nilai transfer tertinggi sebelum Benjamin Sesko ditempati Luke Shaw. Pada musim 2014/2015, United memboyong bek kiri asal Inggris tersebut dengan mahar 37,5 juta euro. Shaw direkrut dari Southampton saat berusia 18 tahun. Waktu itu, ia ditaksir memiliki banderol sebesar 13 juta euro.

Shaw merupakan pemain yang diandalkan Manchester United untuk mengisi sisi kiri pertahanan mereka. Pemain kidal tersebut memang dikenal memiliki kemampuan apik dalam membendung serangan lawan. Rata-rata, dalam tiap pertandingan, ia mencatatkan 1,35 tackle, 2,43 blok, 1,08 intersep, dan 10,64 kali tekanan ke pemain lawan.

Di sisi lain, Shaw juga apik dalam membantu serangan United. Dalam 212 kali berseragam Setan Merah, ia mencetak tiga gol dan 22 assist.

Fabio Silva bergabung dengan Wolverhampton (c) WWFC
Peringkat ketujuh dalam daftar pesepak bola remaja dengan nilai transfer tertinggi sebelum Benjamin Sesko ditempati Fabio Silva. Kala direkrut oleh Wolverhampton Wanderers, penyerang asal Portugal ini dimahari 40 juta euro.

Wolves meminang Silva pada musim 2020/2021 dari FC Porto. Silva -yang waktu itu berusia 18 tahun tersebut- ditaksir memiliki banderol sebesar 12 juta euro.

Bersama Wolves, Silva sempat menjadi salah satu andalan di lini depan. Dalam dua musim, ia bermain dalam 62 laga. Sepanjang 2.527 menit bermain tersebut, ia mencatatkan empat gol dan enam assist. Kini, Silva memperkuat Anderlecht dengan status pinjaman dari Wolves. ■ RED/AYID SPS/ EDITOR : GOES

Related posts

Singkirkan Kolombia, INGGRIS Memastikan Diri Melaju ke 8 Besar

Redaksi Posberitakota

Top Dah, PERSIJA Kini Sudah Punya Aplikasi TV

Redaksi Posberitakota

Bikin Kejutan, KROASIA Libas Inggris untuk Melaju ke Final

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang