27.4 C
Jakarta
19 April 2024 - 08:34
PosBeritaKota.com
Nasional

Bertepatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, BAZNAS Resmikan UPZ di Masjid Universitas Indonesia Depok

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Unit Pengumpul Zakat (UPZ) diresmikan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H. Sedangkan peresmiannya itu sendiri diselenggarakan di Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Sabtu (8/10/2022).

Pada acara peresmian tersebut, ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Kepala Divisi Pendidikan BAZNAS RI Farid Septian dan Ketua Pelaksana Masjid Ukhuwah Islamiyah, KH Achmad Solechan M.Si.

Selain digulirkan bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW I444 H, BAZNAS bersama DKM Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Depok, juga berbagi kasih kepada 1000 anak yatim. Sebanyak 500 makanan siap saji berupa ZChicken didistribusikan. Termasuk santunan untuk anak yatim dan pemberian Paket Logistik Keluarga.

Sedangkan dalam kesempatan terpisah, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan H Rizaludin Kurniawan, S.Ag, M.Si. menyambut baik peresmian UPZ BAZNAS Masjid UI ini. Menurutnya, pembentukan UPZ ini telah sesuai dengan UU No. 23 tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan BAZNAS No.2 tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat.

“Tentunya dengan menjadi UPZ, maka masjid memiliki kewenangan untuk mengeluarkan bukti setor zakat yang dapat menjadi pengurang penghasilan kena pajak. Kerja UPZ juga telah mempunyai standar, sistem dan prosedur sehingga upaya pelayanan mustahik dan penanggulangan kemiskinan melalui ZIS bisa lebih terukur,” ucap H Rizaludin.

Ditambahkannya bahwa para amil yang selama ini mengelola zakat jamaah Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Depok, juga dapat mengikuti berbagai program pelatihan untuk meningkatkan kapasitasnya.

“Untuk pelaksanaannya, UPZ ini juga akan sesuai syariat Islam serta mengedepankan aman syar’i, aman regulasi dan aman NKRI. Semoga UPZ ini dapat memberikan keberkahan bagi kita semua,” tegas H Rizaludin, lagi.

Sementara itu Kepala Divisi Pendidikan BAZNAS RI, Farid Septian, mengaku sangat puas. “Syukur alhamdulillah, karena di hari yang mulia ini kami dapat meresmikan UPZ BAZNAS Masjid UI. Tentu saja sebagai upaya bersama dalam mengoptimalkan potensi penghimpunan dan penyaluran zakat, infaq dan sedekah (ZIS) di lingkungan Masjid UI,” ujar dia.

Oleh karenanya, Farid berharap terkait hadirnya UPZ BAZNAS Masjid UI tersebut, dapat memudahkan para akademisi, karyawan, mahasiswa dan mahasiswi di UI dalam menunaikan kewajiban ZIS-nya.

Bahkan, peresmian UPZ itu pun disambut baik oleh Ketua Pelaksana Masjid Ukhuwah Islamiyah, KH Achmad Solechan M.Si. “Harapan kami dengan hadirnya UPZ BAZNAS Masjid UI ini, agar dapat menghimpun dan menyalurkan ZIS secara maksimal, tentunya guna bersama-sama memberikan kesejahteraan bagi umat,” komentarnya. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Bupati Enthus Susmono Minta Warga Kabupaten Tegal ‘Berkaca Diri’

Redaksi Posberitakota

Ada Berbagai Opsi, PEMERINTAH Belum Putuskan Kebijakan Final Soal Boleh atau Tidak ‘Mudik Lebaran’ 2021

Redaksi Posberitakota

Warga dan FMPG Demo Dugaan Ada Permainan Penjaringan Aparat Desa di Wilayah Kecamatan Tarub Tegal

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang