30.5 C
Jakarta
24 April 2024 - 15:19
PosBeritaKota.com
Nasional

Kolat Koarmabar Latihan Uji Terampil di Lanal Tanjung Balai Karimun

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Tim Komando Latihan Komando Armada RI Kawasan Barat (Kolat Koarmabar) yang dipimpin Wakil Komandan (Wadan) Kolatarmabar Letkol Laut (P) Taman Sembiring melaksanakan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan P1 dan P2 di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (1/8) kemarin.

Khusus untuk materi yang diujikan dalam Glagaspur meliputi Latihan PBB, PDD (Peraturan Dinas Dalam) Khas TNI AL, Sistem Komunikasi, Kebaharian, Software, ujian tertulis Kekamlaan, SAR, Renang Militer, Bongkar pasang senjata, menembak, Penanggulangan Huru Hara (PHH), Pertahanan Pangkalan (Hanlan), PEK dan P3K terhadap korban kebakaran.

Sedangkan dalam uji terampil tersebut, salah satu materi latihan PHH diskenariokan menghadapi adanya kelompok masa yang mendatangi Markas Komando (Mako) Lanal Tanjungbalai Karimun.

Mereka menuntut pembebasan terhadap kapal nelayan yang ditangkap oleh Lanal Tanjungbalai Karimun agar dilepaskan Sedangkan unjuk rasa yang berlangsung selama satu jam tersebut, sempat diwarnai aksi tindakan anarkis yang dilakukan oleh para demonstran dengan melempari gerbang dan Penjagaan Mako Lanal Tanjungbalai Karimun menggunakan batu, kayu dan botol air mineral.

Pada awalnya aksi unjuk rasa tersebut berjalan lancar dan damai. Namun tiba-tiba suasana demonstrasi memanas saat seorang Perwira intel dan Polisi Militer menemui demonstran untuk bernegosiasi.

Negosiasi pun tidak mencapai kesepakatan, demonstran kemudian memaksa dan bertindak anarkis dengan melempari Penjagaan dan Tim PHH Lanal Tanjungbalai Karimun dengan batu, kayu dan botol. Pasukan Tim PHH Mako Lanal Tanjungbalai Karimun terpaksa bergerak maju membentuk formasi-formasi untuk membubarkan demonstrasi.

Tak butuh waktu lama, pengunjuk rasa dibubarkan paksa. Sejumlah demonstran juga diamankan dalam insiden tersebut karena diduga sebagai provokator aksi dan membawa senjata tajam.

Menurut Komandan Lanal (Danlanal) Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Totok Irianto, kegiatan simulasi penanganan aksi unjuk rasa yang dilaksanakan oleh jajaran personel Lanal Tanjungbalai Karimun tersebut untuk menguji sejauh mana kesiapan personel dalam menangani aksi unjuk rasa yang berlangsung anarkis.

Melalui Glagaspur, diharapkan dapat lebih mengasah Kemampuan seluruh personel dalam menangani permasalahan yang akan dan bisa saja terjadi sewaktu-waktu baik secara personal maupun kelompok. ■ Red/Goes

Related posts

Melalui OK OCE Prasasti, SANDIAGA UNO Yakin Bisa Dorong Bangsa Jadi Produsen

Redaksi Posberitakota

Selain Bantu Kelancaran, YUDO MARGONO Berani Jamin TNI Bakal Netral di Pemilu 2024 Mendatang

Redaksi Posberitakota

Terlalu! Jalan Raya Kebalen-Babelan Rusak, Kok Diaspal Asal Jadi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang