26.1 C
Jakarta
27 April 2024 - 05:37
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Bogor Curah Hujan Masih Tinggi, KATULAMPA Siaga 3 Banjir Jakarta Perlu Diwaspadai

BOGOR (POSBERITAKOTA) □ Akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Bogor menyebabkan tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung meluap hingga 150 sentimeter (cm) atau dalam status Siaga 3 banjir Jakarta. Karenanya, bagi warga Jakarta yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Ciliwung, perlu waspada.

Dari pantauan POSBERITAKOTA, hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Bogor secara merata terjadi, Selasa (11/10/2022) pukul 15.30 WIB. Hal tersebut menyebabkan ketinggian air di Sungai Ciliwung, naik ke Siaga 3 banjir Jakarta.

“Jadi, kondisinya saat ini dalam posisi Siaga 3 banjir Jakarta,” terang Andi Sudirman selaku Kepala Pengawas Bendung Katulampa saat dikonfirmasi, Selasa (11/10/2022) malam.

Namun berdasarkan data Pos Bendung Katulampa, kenaikan aliran Sungai Ciliwung cukup drastis dalam hitungan puluhan menit. Tapi, saat ini masih berada dalam keadaan normal TMA 50 Cm (normal). Sedangkan saat hujan sore hari naik drastis 90 cm pukul 16.08, lalu 100 cm pukul 16.20, 140 cm pada pukul 16.50, dan 150 cm pada pukul 17.18 WIB (Siaga 3).

Masih dalam keterangannya, Andi malah memperkirakan kalau TMA Ciliwung masih akan naik. Hal terseburlt mengingat curah hujan masih tinggi di hulu Ciliwung di Puncak, Cisarua. “Diperkirakan sekitar 10 hingga 12 jam, aliran Ciliwung akan tiba di hilir Jakarta dan sekitarnya,” tuturnya, lagi.

Andi pun menghimbau agar masyarakat di sepanjang bantaran dan hilir sungai wilayah Jakarta agar tetap waspada. Sebab, hingga pukul 19.00 WIB, hujan deras masih berlangsung di Kota Bogor. BMKG memprediksi hujan dengan intensitas deras masih akan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB. ■ RED/A. JOHAN/EDITOR : GOES

Related posts

Tembak di Tempat Biar Kapok, FSDMJ Desak Kapolri Tindak Tegas Pembuat Onar Sidang MK

Redaksi Posberitakota

Jalan Raya di Ibukota Relatif Lancar karena Pemudik Masih dalam Perjalanan Arus Balik

Redaksi Posberitakota

Soal Amblasnya Jalan Gajah Mada Jakbar, MRT JAKARTA : “Itu Jelas Bukan Karena Proyek Kami”

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang