26.1 C
Jakarta
27 April 2024 - 04:13
PosBeritaKota.com
Top News

Dari Munas ke-5, JARWO KWAT Terpilih Kembali Jadi Ketua Umum PaSKI Periode 2022-2026

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Sebagai sebuah organisasi profesi, keberadaan Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI), sangat solid dan dikenal luas masyarakat di seantero negeri. Bahkan eksistensinya cukup nyata meski selama ini lebih banyak tampil dalam sejumlah program di layar televisi. Sedangkan untuk panggung show (live), justru dua tiga tahun belakangan (2020-2022) agak kendor, karena faktor adanya pandemi COVID-19 yang cukup berkepanjangan.

Terkait berakhirnya masa jabatan Ketua Umum (Ketum) PaSKI periode 2018-2022 yang diemban sosok komedian Jarwo Kwat, Jumat – Sabtu (25 – 26/11/2022) kemarin, menggelar hajatan yang didahului Mukernas (Musyawarah Kerja Nasional) dan kemudian berlanjut mengadakan Munas (Musyarawah Nasional) untuk Pemilihan Ketua Umum yang baru.

Melalui proses Munas yang sekaligus Pemilihan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) PaSKI yang baru, incumbent Jarwo Kwat akhirnya terpilih kembali melalui voting. Ada 3 kandidat yang dimunculkan sesuai keinginan anggota dan pilihan Pengda-Pengda (Pengurus Daerah). Meski sempat sedikit tegang, Jarwo Kwat kembali menerima amanah dengan perolehan sebanyak 22 suara. Sedangkan dua lawannya, Abdel Archean (1 suara) dan Iwel Sasira (0).

Dari data pasti yang diperoleh POSBERITAKOTA, PaSKI memiliki sebanyak 16 Pengda untuk di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk anggota (para komedian), keseluruhan kurang lebih 2000-an anggota. Mereka tercatat sudah mulai menunjukkan eksistensi dan keberadaannya. Bahkan, memiliki kegiatan yang mulai tumbuh dan berkembang di daerah-daerah.

Baik pada pelaksanaan Mukernas di Aula AMC (Jumat 25 Nopember) maupun gelaran Munas di Graha Alawiyah Komplek Kampus 2 Universitas Islam As-syafiiyah (UIA) Jatiwaringin Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat dan sekaligus Pemilihan Ketum PaSKI (Sabtu 26 Nopember], nampak hadir sejumlah komedian (pelawak-red) senior ternama. Mulai dari Indro Warkop, H. Tarsan, H. Deddy ‘Miing’ Gumelar, Tessy Srimulat, Didin Bagito, Doyok Sudarmadji, Komeng Spontan serta banyak lagi.

Termasuk Ketua Dewan Pembina PaSKI yang selama ini akrab dengan kalangan seniman komedi (pelawak), yakni Jenderal TNI (Pur) Agum Gumelar dan juga Prof Dr H Dailami Firdaus yang dikenal sebagai anggota DPD RI wakil DKI Jakarta serta sekaligus memfasilitasi Mukernas dan Munas ke-5 PaSKI.

Jarwo Kwat yang terpilih lagi untuk kedua kalinya sebagai Ketum PaSKI, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran panitia penyelengara yang telah bekerja keras. Baik itu untuk penyelenggaraab Mukernas maupun Munas ke-5 yang telah berlangsung aman, tertib dan lancar. Kesemua itu, menurutnya, tak lepas karena seluruh anggota yang mencintai dan menjaga marwah organisasi PaSKI.

“Yang pasti, saya ingin membawa PaSKI agar lebih baik lagi untuk lima tahun ke depan. Bahkan, sudah menjadi tekad saya, bagaimana group-group lawak yang pernah ada, bisa eksis lagi. Tentu saja untuk memberikan tontonan yang bernilai hiburan, tapi juga mendidik buat masyarakat,” ucap Jarwo Kwat seraya menyebut tema Mukernas dan Munas ke-5 PaSKI bertajuk ‘Komedi Pemersatu Bangsa’ saat dihubungi POSBERITAKOTA, Selasa (29/11/2022). ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Selain Capres Ganjar, ANIES Kompak Soroti & Kritik Pedas Penyaluran Bansos Presiden Jokowi Ditengah Proses Pemilu 2024

Redaksi Posberitakota

Di Workshop ‘The Art of Living’, COACH RHEO : Dampak Pikiran Berpotensi Menyebabkan Sejumlah Masalah

Redaksi Posberitakota

Melanjutkan Kasus Formula E, BRIGJEN ENDAR Priantoro Balik Lagi ke KPK Jadi Direktur Penyelidikan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang