26.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 01:17
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Isunya Malah Ada Program Anies yang Dicoret, APBD DKI Sudah ‘Ketuk Palu’ Sebesar Rp 83,78 Triliun

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta 2023 sudah ‘ketuk palu’ (ditetapkan-red) sebesar Rp 83,78 triliun. Bahkan, dari isu yang beredar malah ada program mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan yang dicoret alias dihilangkan di RAPBD 2023 tersebut.

Tak ayal bahwa spekulasi yang menyebutkan program Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Anies Baswedan, mengalami pencoretan berkembang santer. Sedangkan program yang dihilangkan tersebut meliputi pembuatan sumur resapan, jalur sepeda dan program-program lain yang sebenarnya sudah dijalankan.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Ida Mahmudah, mengungkapkan kepada Kantor Berita RATAS.ID seperti dikutip POSBERITAKOTA, Rabu (30/11/2022). “Yang jelas kalau kita lihat, memang tidak ada dalam pengajuannya. DPRD tidak melakukan pencoretan terhadap program Anies,” kata Ida yang ditemui di ruang kerjanya Gedung DPRD DKI Jakarta, Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Menurutnya bahwa Pemprov DKI Jakarta mengajukan anggaran pembuatan sumur resapan Rp 1 miliar. Untuk pembuatan sumur resapan di 2023, nantinya, kata wakil rakyat dari Jakarta Utara tersebur, justru hanya terfokus pada program percontohan. “Dan, nantinya sumur resapan itu, dibuat hanya pada tempat yang tidak jauh dari embung,” tambah loyalis Megawati itu, lagi.

Dalam pandangan Ida, idealnya untuk pembuatan sumur resapan, harus melalui kajian yang matang. Sehingga dengan adanya sumur resapan, banjir di Jakarta dapat diminimalisasi. “Namun, Kepala Dinas SDA DKI, Yusmada sangat konsen terhadap penanganan banjir. Sudah tentu kadis akan melihat sejauh mana efektivitas dari anggaran yang ada,” ucap dia.

APBD DKI 2023 DITETAPKAN

Namun begitu, sebelumnya pada Selasa (29/11/2022) kemarin, Rapat Paripurna DPRD DKI mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta 2023. Angka yang disepakati sebesar Rp 83,78 triliun.

“Telah kita dengarkan bersama pembacaan hasil Laporan Banggar DPRD Provinsi DKI Jakarta terhadap Raperda tentang APBD Provinsi DKI Tahun 2023. Kami ingin menanyakan kepada forum rapat paripurna dewan yang terhormat ini, apakah Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD 2023 untuk ditetapkan menjadi Perda dapat disetujui,” ucap Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2022).

Forum paripurna dewan pun menyatakan setuju dan sepakat. Oleh kerenanya, Prasetyo selaku pimpinan dewan, langsung mengetuk palu tanda disahkannya RAPBD DKI Jakarta 2023 tersebut.

FOKUS TIGA PROGRAM PRIORITAS

Terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta 2023 secara resmi pun telah disepakati DPRD dan Pemprov DKI. RAPBD akan difokuskan pada 3 program prioritas.

“Jadi, Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 difokuskan pada 3 program prioritas dengan alokasi sebesar 41,27% APBD melalui belanja dan penyertaan modal daerah yaitu pengendalian banjir, penanganan kemacetan, dan antisipasi dampak penurunan pertumbuhan ekonomi,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta, Michael Rolandi Cesnanta Brata melalui keterangannya kepada media. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Tetap Independen, KAUM WANITA KOSGORO Ingin Terus Berperan dalam Pembangunan

Redaksi Posberitakota

Setelah Meninjau Langsung, JUSUF KALLA Minta Masjid Jakarta Islamic Center Segera Dilanjutkan Perbaikannya

Redaksi Posberitakota

Berlaku ke Semua RSUD di Jakarta, ANIES Gratiskan Biaya Perawatan Pasien DBD

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang