PosBeritaKota.com
Megapolitan

Ada Job Fair & Berbagi Qur’an Braille, BAZNAS (BAZIS) DKI Gelar ‘Jakarta Cinta Disabilitas’ di Lapangan Banteng

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Untuk ikut memeriahkan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh setiap 3 Desember, Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Baznas (Bazis) DKI Jakarta bakal menggelar kegiatan bertitle ‘Jakarta Cinta Disabilitas‘, bertempat di Lapangan Banteng, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat (Jakpus), Sabtu (3/12/2022) besok.

Dalam kegiatan itu ikut dimeriahkan dengan serangkaian pentas seni yang diatraksikan oleh kalangan anak-anak kreatif penyandang disabilitas, Job Fair serta aksi sosial. Sedangkan Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Dinas Sosial, Dinaskertrans dan Energi, Dinas Dukcapil serta Polda Metro Jaya serta SKPD lainnya.

Menurut Ir. Saat Suharto Amjadi selaku Wakil Ketua II Baznas (Bazis) DKI Jakarta, khusus Job Fair Disabilitas di Lapangan Banteng (Jakpus), juga akan diikuti sebanyak 20 perusahaan dari BUMD DKI Jakarta dan swasta. Sedangkan unsur BUMD yang terkonfirmasi ikut dalam Job Fair antara lain PT Jakarta Propertindo (Jakpro), PT Bank DKI, PT MRT Jakarta, Perumda Pembangunan Sarana Jaya dan Perumda Pasar.

“Jadi, kegiatan Job Fair ini sebenarnya memang bukan hal yang baru. Namun jadi hal yang pertama di Jakarta, karena sebelumnya pernah di Bandung,” kata Saat dalam jumpa pers dengan sejumlah media di Kantor Baznas (Bazis) Kamis (1/12/2022) siang.

Pada bagian lain, disebutkan bahwa
Baznas belum mendapat informasi lebih lanjut terkait kuota lowongan kerja bagi penyandang disabilitas nanti. Hanya saja, lanjut Saat lebih lanjut, biasanya perusahaan mencari pekerja dari kalangan disabilitas dengan kategori ringan.

“Jadi, perusahaan-perusahaan kelihatannya masih memilih disabilitas yang ringan. Semisal yang cukup tangannya saja yang kena atau yang lain sebagainya. Tapi, kalau tuna netra dan sebagainya, itu memang butuh komitmen yang agak banyak,” paparnya seraya menyebut untuk kalangan atau penyandang disabilitas yang berminat bisa mendaftar melalui link https://bit.ly/jobfairdisabilitas2022.

Masih dikatakan Saat bahwa selain Job Fair, Baznas (Bazis) DKI Jakarta juga mengadakan tujuh kegiatan lainnya. Pertama bantuan 25 Quran braille dan 350 Quran murottal digital untuk penyandang disabilitas. Kedua, Bedah Rume kepada penyandang disabilitas yang dhuafa di Jakarta, ketiga pelatihan kerja disabilitas content creator dan graphic design.

Selanjutnya untuk yang keempat lomba mural khusus penyandang disabilitas di Terowongan Kendal, kelima pembuatan atau perpanjangan SIM D/D1 disabilitas. Keenam pemberian lengan bionik dan lutut prostetik sehingga mereka bisa beraktivitas untuk berkarya dan berdaya serta ketujuh Pekan Bagi Borong yang merupakan membeli dagangan penyandang disabilitas yang kemudian dibagian untuk orang dhuafa.

“Sedangkan tujuan dari Baznas (Bazis) DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan awareness (kepedulian) terhadap disabilitas ditengah masyarakat. “Sehingga mereka dapat memiliki akses yang sama dengan non disabilitas dalam pemenuhan kebutuhan dasar hidup,” pungkas Saat yang didampingi H. Mandir sebagai Kepala Bidang IV (Kesekretariatan) dan Nurminto yang merupakan Kepala Bidang III (Keuangan). □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Sambut Natal & Tahun Baru, ANIES Jamin Stok Sembako di Jakarta Aman

Redaksi Posberitakota

Malam Tahun Baru Ancol Ditutup, WAKAPOLRES JAKUT Bilang Demi Cegah Klaster Baru Penyebaran COVID-19

Redaksi Posberitakota

Terindikasi Pidana, ARGO YUWONO : Polda Serius Ungkap Kasus Kematian Bayi Debora

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang