27.8 C
Jakarta
27 April 2024 - 02:10
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Ketemu Imam Besar Masjid Istiqlal, PJ GUBENUR DKI HERU BUDI HARTONO Bahas Umat Beragama di Ibukota

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Dalam kesempatan ketemu Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bahas tentang banyak hal, terutama menyangkut upaya peningkatan kerukunan dan pengembangan kesejahteraan umat beragama di Ibukota.

Bertempat di ruang penerimaan tamu utama Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Imam Besar Nasruddin Umar, menerima kunjungan Heru Budi Hartono yang didampingi Pj Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta yang baru saja dilantik, Uus Kuswanto.

“Kunjungan kami ke sini, ya karena ingin sowan (silaturahmi) ke Bapak (Imam Besar Istiqlal). Tujuannya, tidak ada hal yang lain, kecuali kami ingin meningkatkan sinergi,” ucap Heru Budi dalam keterangan tertulisnya yang diterima POSBERITAKOTA, Kamis (8/12/2022).

Diungkapkan Heru bahwa kedepannya Pemprov DKI Jakarta akan memberikan dukungan dengan menambah petugas-petugas kebersihan untuk membantu menjaga keasrian serta kebersihan lingkungan di sekitar Masjid Istiqlal. Termasuk soal trotoar atau jalur pedestrian di sekitarnya. Bahkan, Pemprov DKI juga akan mendukung kegiatan pembangunan tambahan di Masjid Istiqlal.

“Pastinya, kami siap membantu. Kan ada kegiatan tambahan pembangunan, mungkin perizinannya, prosesnya nanti bakal dipercepat. Kami juga akan koordinasi dengan Menteri BUMN dan PUPR, nanti ada sedikit perbaikan di Monas dan bisa disinergikan dengan Istiqlal. Apa-apa saja yang dibutuhkan, tentu akan kami siapkan semuanya,” janji Heru.

Sedangkan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar, memberi apresiasi sekaligus menyambut baik upaya peningkatan sinergi dengan Pemprov DKI Jakarta. Karena itu, pihaknya pun juga akan terus mendukung berbagai program maupun kebijakan Pemprov DKI Jakarta.

“Jadi, mohon dukungannya, supaya Masjid Istiqlalal bisa jadi (salah satu) ikon Jakarta. Pasti, kami siap mendukung program Pemprov DKI. Termasuk upaya atau langkah menggalang kerukunan lintas agama. Bahkan, aula di Istiqlal juga dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, kecuali kegiatan politik,”papar Nasaruddin, lagi.

Setelah mengadakan kunjungan, Heru langsung meninjau area masjid hasil revitalisasi beberapa waktu lalu. Ketika meninjau area Masjid Istiqlal, Heru sempat melihat maket dan standing banner foto-foto penataan Masjid Istiqlal.

Untuk itu, Pj Gubernur DKI juga mengapresiasi Masjid Istiqlal karena menjadi masjid pertama di dunia yang memperoleh penghargaan atau sertifikat final Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) dari International Finance Corporation (IFC) sebagai green building atau bangunan yang sangat ramah lingkungan. ■ RED/GOES

Related posts

Semua Pelanggar Lalulintas Ditindak, POLDA METRO Gelar ‘Operasi Patuh Jaya 2019’

Redaksi Posberitakota

Pengusaha Bagai Tercekik Leher, ASPHIJA Desak Anies Turunkan Pajak Hiburan Malam

Redaksi Posberitakota

Disampaikan Rizal Mallarangeng, CATATAN Akhir Tahun Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang