31.7 C
Jakarta
19 July 2024 - 13:51
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Biar Nggak Berebutan, MASJID BAITURAHIM ANGKASA SAWAH BESAR JAKPUS Bagikan Daging Qurban Lewat Peran RT & RW

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Saat momentum perayaan Hari Raya Idhul Adha 1445 H/Senin 17 Juni 2024 kemarin, mayoritas masjid melakukan penyembelihan hewan qurban. Termasuk yang diadakan oleh pengurus Masjid Baiturahim yang berada di Komplek Angkasa Pura Jl Mokmer 1 RW 07 Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Sebanyak 4 ekor sapi dan 12 kambing yang merupakan qurban sunah dari warga setempat dan para donatur luar, disembelih sejak pagi hingga sore. Setelah rampung prosesi penyembelihan, tidak langsung dibagi di lokasi masjid. Untuk pendistribusiannya pun, melibatkan peran RT dan RW, guna menghindari agar penerima manfaat tidak desak-desakan hanya untuk mendapatkan jatah daging qurban.

Dalam perayaan Lebaran Haji di masjid ini dilaksanakan oleh Panpel Idhul Adha yang diketuai Adam Noviar. Selain itu didukung oleh pengurus Yayasan, jajaran Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), sejumlah pengurus RT di RW 07, tokoh warga dan lainnya. Saat pemotongan hewan qurban, ternyata menarik perhatian warga sekitar. Baik itu kalangan anak-anak maupun orangtua, sehingga mereka bisa saling bertemu dan bersilaturahmi di hari yang dirahmati Allah SWT.

Kendati sejak pagi hari sudah banyak warga yang datang ke masjid untuk menonton pemotongan hewan qurban, tapi tidak sampai terjadi desak-desakan massa. Karena, calon penerima manfaat sudah diberitahu panitia, dagingnya akan dititipkan melalui RT masing-masing. Jadi, warga cukup duduk manis di rumah masing-masing, nanti akan dikirim dagingnya oleh pengurus RT masing-masing.

Seperti dijelaskan Ketua DKM Baiturahim Angkasa, Iim Rusyamsi, panitia memotong hewan qurban sebanyak 4 ekor sapi dan 12 kambing yang merupakan titipan jamaah maupun warga Komplek Angkasa Pura dan sekitarnya dan bahkan termasuk dari perusahaan swasta.

“Tentunya, kami tak lupa mengucapkan terima kepada Bapak dan Ibu yang telah mempercayakan hewan qurbannya di masjid ini. Insya Allah, daging akan dibagikan sesuai syariat Islam dan memegang prinsip amanah,” terang Iim yang didampingi sejumlah panitia dan pengurus masjid.

Sedangkan dari jumlah hewan qurban yang dipotong tersebut, kalau sudah dicacah dan dibungkus diperkirakan mencapai sekitar 600 bungkus/kantong.Kesemua itu bakal didistribusikan kepada masyarakat sekitar. Namun prioritas distribusi di ring pertama adalah warga RW 07 yang terdiri dari 11 RT dan masing-masing dibagikan 15 bungkus. Selanjutnya oleh pengurus RT, didistribusikan kepada warganya.

Masih menurut Iim, terkait wilayah ring kedua meliputi warga sekitar Kelurahan Gunung Sahari Utara. Jika masih ada sisa, juga bakal dihabiskan dengan berbagi ke kelurahan tetangga, seperti di Gunung Sahari Selatan dan sekitarnya.

Kegiatan potong hewan qurban di Masjid Baiturahim Angkasa sudah menjadi hajatan rutin tahunan. Penyembelihan dilakukan usai menunaikan Sholat Idhul Adha yang juga dilakukan di masjid. Sejak diterapkan distribusi daging oleh pengurus RT, kegiatan pemotongan di masjid jadi lebih lancar, karena tidak ada lagi gangguan warga yang tak sabar mendapatkan daging dengan cara berdesak-desakan atau berebutan. © RED/GOES

Related posts

Masa Transisi dari Kemarau, KOMISI D DPRD Ingatkan Dinas SDA DKI Antisipasi Hadapi Musim Hujan

Redaksi Posberitakota

Pastikan Sebagai Ormas Pendukung Pemerintah, BASRI BACO Dilantik Jadi Ketua DPD Bapera DKI

Redaksi Posberitakota

Potong 1.280 Kambing dan Sapi, BAZNAS Selenggarakan Qurban di 120 Desa

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang