27.8 C
Jakarta
27 April 2024 - 01:51
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Acara Puncak HUT ke-54, SEBANYAK 3.384 Mahasiswa Menerima Bantuan Pendidikan dari Baznas (Bazis) DKI Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Sebanyak 3.384 mahasiswa mendapat bantuan pendidikan dari Baznas (Bazis) DKI. Sedangkan penyerahan beasiswa tersebut, dilakukan secara simbolis bertepatan dengan perayaan HUT ke-54 yang diselenggarakan di Tenis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (24/12/2022).

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Uus Kuswanto yang didampingi Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta Akhmad Abubakar, berkesempatan menyampaikan bantuan pendidikan (beasiswa) kepada perwakilan mahasiswa yang hadir.

Dikatakan Uus bahwa melalui bantuan pendidikan yang diberikan Baznas (Bazis) DKI, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Jakarta. “Melalui bantuan pendidikan ini sudah barang tentu harapannya adalah mereka memiliki bekal ilmu dan pengetahuan. Selain agar kelak di kemudian hari bisa mandiri, berdikari dan semakin sejahtera keluarganya. Saya ingin kalau saat ini mereka menjadi penerima bantuan, kelak justru bisa menjadi muzaki,” harap dia.

Dalam pandanganya, Baznas (Bazis) DKI Jakarta memiliki peran yang sangat luar biasa bagi masyarakat. Karena, banyak bantuan yang sudah diberikan mulai dari bidang sosial, pendidikan hingga ekonomi melalui pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). “Semoga melalui program pemberdayaan masyarakat ini, warga Jakarta pun bisa semakin sejahtera,” ucapnya, menambahkan.

Sebagai harapannya, Uus mengatakan Baznas (Bazis) DKI Jakarta, dapat semakin inovatif dalam pengumpulan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) masyarakat untuk bisa dikelola secara maksimal. Sementara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen untuk memberikan support agar semakin banyak muzaki yang membantu mustahik melalui Baznas (Bazis) DKI Jakarta.

“Karena itu, saya mengucapkan selamat Milad ke-54 Baznas Bazis DKI Jakarta, semoga makin sukses terutama dalam memberikan layanan sosial bagi masyarakat,” ujar dia.

Saat menyampaikan sambutan pembukaan, Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta Akhmad Abubakar, tak lupa ingin mengucapkan terima kasih kepada para muzaki dan seluruh stakeholders, khususnya Pemprov DKI yang sudah terus bersinergi dalam penggalangan ZIS. “Dan, alhamdulillah, perolehan ZIS kami terus meningkat. Tahun lalu sebesar Rp 187 miliar dan untuk periode Januari-23 Desember 2022 ini sudah mencapai Rp 200 miliar lebih,” bebernya.

Akhmad juga menambahkan bahwa dengan perolehan ZIS yang semakin tinggi maka semakin banyak warga Jakarta yang bisa terbantu melalui berbagai program pemberdayaan yang dilakukan Baznas (Bazis) DKI Jakarta. “Dalam hal ini, kami juga memberikan perhatian besar kepada penyandang disabilitas, salah satunya melalui program kewirausahaan melalui Kafe Difabis,” tuturnya.

Dalam momentum Milad ke-54 Baznas (Bazis) DKI Jakarta, Akhmad meminta dukungan, sinergi dan kerjasama dengan berbagai pihak semakin meningkat untuk memberikan kontribusi bagi warga Jakarta.

“Malah, kita ingin penerima bantuan semakin berkembang baik secara materiil dan spiritual agar bisa hidup mandiri, sejahtera dan berbahagia. Hingga nantinya bisa menjadi muzaki untuk membantu orang lain,” tandasnya.

Seperti diketahui bahwa dalam perayaan HUT ke-54 Baznas (Bazis) DKI Jakarta tersebut, mengangkat tema : ‘Maju Bersama Membangun Masa Depan Jakarta‘. Namun selain penyerahan simbolis bantuan pendidikan bagi mahasiswa, juga memnerikan bantuan alat bantu dengar dan penyerahan bantuan tunggakan sekolah. Termasuk penyerahan hadiah pemenang lomba JAKBEE dari tiga kategori meliputi Bidang Digital, Sosial dan Bidang Produk.

Pada Kategori Bidang Produk, Juara 1 diraih SMK Negeri 50 Jakarta Timur, Juara 2 SMA Negeri 38 Jakarta Selatan, dan berhak atas Juara 3 SMA Negeri 78 Jakarta Barat. Lalu, Juara 1 Lomba JAKBEE Kategori Bidang Digital dimenangkan SMK Negeri 50 Jakarta Timur, Juara 2 diraih SMK Negeri 40 Jakarta Timur, dan Juara 3 dimenangkan SMK Bunda Kandung Jakarta Selatan.

Kemudian untuk Juara 1 Kategori Bidang Sosial diraih SMK Negeri 41 Jakarta Selatan, Juara 2 SMK Negeri 20 Jakarta Selatan dan Juara 3 disabet SMA Negeri 85 Jakarta Barat. Bagi pemenang Juara 1, 2 dan 3 diberikan piala dan hadiah berupa uang pembinaan. Juara 1 berhak atas hadiah uang pembinaan senilai Rp 10 juta, Juara 2 Rp 7 juta dan Juara 3 sebesar Rp 5 juta. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Di Palmerah & Tanah Abang, PEMPROV DKI Distribusikan 3000 Paket Sembako Murah untuk Warga

Redaksi Posberitakota

Stop Berita Kasus Kematian COVID-19, H Beceng Sarankan Edukasi Warga untuk Mematuhi Prokes & Kurangi Mobilitas

Redaksi Posberitakota

Jalur ‘HGH-Kota’ (3), PENJAJA SEKS Pinggir Jalan Mayoritas Pernah Jadi Budak Narkoba

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang