28.4 C
Jakarta
28 April 2024 - 08:30
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Tanam Seribu Pohon, INI CARA PEMPROV DKI Meminimalisir Dampak Polusi & Lanjutkan Program Penghijauan

JAKARTA [POSBERITAKOTA] –
Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan pihak swasta (Maybank) menanam seribu pohon Ketapang Kencana, sepanjang 4,2 kilometer di kolong Tol Becakayu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (19/8). Program menanam pohon Ketapang Kencana diharapkan membantu menyerap polutan serta memperbaiki kualitas udara.

Selain Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono, ikut hadir Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Bayu Meghantara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta Suharini Eliawati serta Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar.

Heru Budi menegaskan sikap apresiasinya kepada pihak swasta yang bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam membantu mencegah dampak serta memperbaiki kualitas udara. “Tak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak swasta, Maybank karena mau bersinergi dengan kami. Sebelumnya, ada Antam juga ikut membantu menanam pohon,” katanya.

Ditambahkan Heru Budi bahwa Pemprov DKI Jakarta telah konsisten dalam menanam pohon untuk menghijaukan Jakarta. Tercatat, per Juli 2023, telah ditanam sebanyak 25.000 pohon setinggi tiga meter, seperti Ketapang Cendana dan Tabebuya. “DKI Jakarta juga menambah RTH sekitar 800-an titik. Jadi, tahap pertama itu 256 titik di tiap kelurahan, kemudian itu terus berlanjut,” ungkapnya. 

Masih terkait hal itu, Heru Budi menghimbau seluruh stakeholder yang ada di Jakarta untuk ikut mengampanyekan gerakan memperbaiki kualitas udara. Hal tersebut karena dalam mengendalikan kualitas udara, dibutuhkan kerja sama yang bersifat masif. Untuk itu, seluruh lapisan masyarakat diimbau turut serta terlibat. 

“Dalam hal ini, kita butuh kerja sama yang besar, sehingga dalam menjaga kualitas udara di Jakarta menjadi tanggung jawab kita bersama. Khusus di kawasan Tol Becakayu, ada penghijauan yang dilakukan sepanjang 5,2 kilometer yang sudah dan akan terus dilakukan. Jadi, bisa dihitung bahwa kita sudah menyumbang nilai positif untuk menurunkan suhu. Karena, sudah banyak pohon yang kita tanam di sini,” jelasnya.

Selain menanam pohon untuk menyerap polusi, di kawasan kolong Tol Becakayu juga telah ditanam tanaman produktif. Sebut saja seperti bayam, kangkung, cabai dan sawi. Tentu dengan penghijauan, setiap tiga meter dari kawasan ini juga bisa menurunkan suhu minimal dua derajat.

“Nah, kalau kita melihat di samping sana ada kangkung, sawi, cabai, dan sebagainya. Hal ini selain menanam untuk penghijauan, juga bermanfaat untuk ketahanan pangan. Bisa juga dimanfaatkan oleh warga sekitar,” tutup Heru Budi dalam keterangannya. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Dalam Moment Idhul Fitri 1442 H, HR KHOTIBI ACHYAR S.IP Ajak Warga Jakarta untuk Ikhlas Saling Memaafkan

Redaksi Posberitakota

Apa itu Jabodetabek? Berikut 7 Fakta Menariknya

Wulan Octaviani

Berlaku 22 hingga 24 Juni, BANK DKI Gelar Promo Tiket Masuk TMR untuk Meriahkan HUT DKI Jakarta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang