26.2 C
Jakarta
20 April 2024 - 05:36
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Melibatkan 110 UMKM, PEMPROV DKI Ajak Ikut Memeriahkan Gelar Festival ‘Malam Tahun Baru 2023’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Pada perhelatan atau gelar festival ‘Malam Tahun Baru 2023‘ mendatang yang tersebar hingga tingkat kota, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKKUKM) bakal mengajak kurang lebih 110 UMKM binaan Jakpreneur untuk ikut berpartisipasi dengan membuka bazar di acara tersebut.

Dalam keterangannya Kepala DPPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, UMKM yang dilibatkan adalah UMKM di bidang kuliner. Nantinya, para UMKM tersebut bakal menggelar bazar di beragam acara yang diinisiasi oleh Disparekraf DKI Jakarta, pada 31 Desember 2022.

Sedangkan untuk tempatnya yakni di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai lokasi puncak acara pergantian tahun. Selain itu juga di beberapa titik lokasi panggung hiburan Malam Muda-Mudi sepanjang Jalan Thamrin sampai Jalan Sudirman serta di lokasi acara wilayah kota.

“Namun terkait dengan pembayaran, kami mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Sehingga, pembayaran dilakukan secara cashless menggunakan QRIS Jakpreneur. Metode pembayaran ini dapat meminimalisir penularan COVID-19, karena mengurangi interaksi langsung antara pembeli dan pedagang. Termasuk demi memudahkan UMKM dalam penghitungan omzet,” ucap Ratu, Rabu (28/12/2022).

Dijelaskan lebih lanjut untuk total UMKM yang ikut terlibat kurang lebih ada 110 UMKM. Sebanyak 60 UMKM akan membuka bazar di acara Malam Muda-Mudi sepanjang Jalan Thamrin hingga Jalan Sudirman. Yakni dengan rincian: 10 UMKM di sekitar panggung Stasiun MRT HI, 10 UMKM di sekitar panggung Jalan Imam Bonjol, 10 UMKM di sekitar panggung Gedung Davinci, 10 UMKM di sekitar panggung FX Sudirman, 10 UMKM di sekitar panggung gate way SCBD, dan 10 UMKM di sekitar panggung Patung Pemuda Senayan. Kemudian, 20 UMKM di TMII dan 30 UMKM di Halaman Kantor Walikota Jakarta Utara.

“Semua UMKM tersebut telah melalui proses kurasi yang mempertimbangkan kualitas produk, packaging, dan kesiapan produksi. Sehingga, produk yang dijual kepada masyarakat pun telah terstandardisasi dengan baik dan aman,” kata Ratu, menambahkan.

Bagi masyarakat luas yang ingin hadir dan menonton gelar festival ‘Malam Tahun Baru 2023′ dan tersebar di berbagai lokasi tersebut, dapat membeli dan merasakan langsung kualitas produk unggulan para UMKM binaan Jakpreneur ini. Bazar UMKM buka mulai pukul 18.00 WIB.

“Dalam hal ini, kami pun menghimbau kepada masyarakat yang ingin hadir dalam acara tersebut dapat turut mendukung pembayaran cashless dengan tidak membawa banyak uang tunai. Juga turut bersama-sama peserta UMKM dan petugas dalam menjaga kebersihan lokasi acara dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tegas Ratu, lagi.

Pada sisi lain, masyarakat pun dihimbau untuk selalu waspada terhadap bencana hidrometeorologi yang mana menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi dan cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi pada pergantian tahun ini. Bahkan, masyarakat dapat terus memantau perkiraan cuaca pada akun resmi BMKG maupun BPBD DKI Jakarta saat hendak beraktivitas di luar ruangan. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Ikut Kampanyekan 3 M di ‘Hari Ibu ke-92’, KOMUNITAS BUNDA MILLENIAL Bagi-bagi 1000 Bunga – Masker & Nasi Boks

Redaksi Posberitakota

Bersama Yayasan SHB, PJ GUBERNUR HERU BUDI Beri Bantuan Fasilitas Demi Perkuat Ekonomi ke Pelaku UMKM di Muara Angke

Redaksi Posberitakota

Dinilai Sebagai Langkah Ngawur, ANIES Berencana Hapus DPE DKI Jakarta Menuai Kritik

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang