33.2 C
Jakarta
28 March 2024 - 15:44
PosBeritaKota.com
Daerah

Bakal Jadi Ikon Kota Bandung, MASJID RAYA AL JABBAR Diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

BANDUNG (POSBERITAKOTA) □ Kota Bandung di Jawa Barat bakal memiliki ikon baru dalam bentuk rumah ibadah (masjid) bagi umat Islam. Bahkan, Masjid Raya Al Jabbar nan luas dan megah tersebut, baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil, Jumat (30/12/2022). Ikut hadir sejumlah pejabat kementerian, para kepala daerah serta Walikota Bandung, Yana Mulyana.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat H. Ridwan Kamil menjelaskan bahwa pembangunan Masjid Raya Al Jabbar memiliki sejarah panjang sejak 2017. Saat itu, menurut dia, masih menjabat sebagai Walikota Bandung dan bertindak sebagai arsitek dari Masjid Raya Al Jabbar. Sedangkan untuk proses groundbreaking dilakukan di era Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

“Jadi memang bukanlah kebetulan. Masjid ini memiliki latar belakang matematis (Aljabar atau Al Jabbar) dan juga Jabbar. Bisa dikaitkan dengan singkatan dari Jawa Barat. Maka itu, marilah kita makmurkan masjid ini,” pintanya.

Menurut dia lebih lanjut, terkait masjid yang dibangun di lahan seluas sekitar 25 hektare tersebut, memiliki kapasitas sekitar 30.000 orang. Tentu dengan rincian 10.000 orang di area dalam (indoor) dan 20.000 orang di area plaza.

Pada bagian lain lagi, di Masjid Raya Al Jabbar terdapat 27 pintu yang menyimbolkan 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat yang disimbolkan oleh desain batik setiap Kota dan Kabupatennya. Sedangkan di area bawah masjid, terdapat juga museum digital yang berisi materi perjalanan peradaban Islam di Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Sementara itu Walikota Bandung, Yana Mulyana, menyambut baik bahwa Masjid Raya Al Jabbar yang terletak di Kota Bandung. Bahkan sangat bersyukur masjid yang juga memuat khazanah perjalanan umat Islam di Indonesia dan kini hadir di Kota Bandung.

“Yang pasti, kami menyambut positif. Harapannya, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Khususnya bagi masyarakat Kota Bandung,” tutur Yana seraya menambahkan bahwa masjid yang juga populer dengan sebutan ‘Masjid Terapung‘ tersebut, juga dikelilingi danau retensi sebagai penyerap air yang datang dari utara menuju selatan kawasan Kota Bandung. □ RED/DONO D/EDITOR : GOES

Related posts

Tak Cuma di Bantul, WARGA INDRAMAYU JABAR Ikut Merasakan Dampak Kuatnya Getaran Gempa 6,4 GM

Redaksi Posberitakota

Di Ponpes Ar-Rahmah Bojonggede Bogor, PELAWAK & AKTOR FILM Tampil Menghibur Anak Yatim di Acara Maulid Nabi Muhammad SAW

Redaksi Posberitakota

Antara Duka & Keceriaan Anak-anak, SEBANYAK 6 DESA di Kecamatan Brebes Tak Berdaya Dilanda Banjir Besar

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang