33.5 C
Jakarta
19 March 2024 - 14:06
PosBeritaKota.com
Top News

Ambil Sikap Tegas & Terukur, KELUARGA BESAR PP POLRI Dukung Pelaporan Terhadap Kamaruddin Simanjuntak

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Sebuah sikap arogansi kadang memang harus dihadang dan ditaklukkan. Sebab, jika tidak, ia akan menjadi pisau yang menusuk jantung banyak orang. Harus dilakukan sebuah tindakan yang intinya adalah penyadaran dan memunculkan efek jera agar tak lagi terulang sikap buruk dan kontra-produktif tersebut.

Pada hari Rabu (11/12/2023) pagi tadi, Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri (PP Polri) Pengurus Daerah Metro Jaya, berkenan mengambil sikap tegas dan terukur atas apa yang dilakukan oleh Kamarudin Simanjuntak pada Podcast di kanal YouTube milik Uya Kuya, yaitu memberikan pernyataan kontoversial bahwa “Polisi Pengabdi Mafia”.

Pernyataan gegabah dan tanpa bukti tersebut sejatinya menyakiti hati banyak kalangan, bukan saja anggota Polri, bahkan masyarakat pun tersinggung karenanya. Sebagai bagian dari Keluarga Besar Polri, maka PP Polri Pengurus Daerah Metro Jaya pun ikut mersakan betapa pernyataan Kamarudin Simanjuntak adalah sepenuhnya mengandung kebohongan dan oleh karenanya harus diluruskan.

Pernyataan sikap PP Polri tersebut ditanda-tangani oleh Komjen Pol (P) DR Drs Ito Sumardi Djunisanyoto, SH MH sebagai Koordinator Dewan Penasehat PP Polri dan Irjen Pol (P) Drs. Mudji Waluyo SH MM sebagai Ketua PP Polri Daerah Metro Jaya.

Terkait pernyatan PP Polri tersebut pada intinya adalah mendukung penuh pelaporan polisi yang dibuat oleh Firdaus dari Kantor Hukum Alido & Partner terhadap Kamarudin Simanjuntak. Laporan ke Polres Metro Jakarta Selatan yang bernomor LP/5083/XII/2022/RJS tersebut berdasarkan dugaan pelanggaran yang dibuat oleh Kamarudi Simanjuntak atas Pasal 28 (2) UU ITE, Paal 45 UU ITE, Pasal 14 UU 1/1946, Pasal 15 UU 1/1946 dan Pasal 207 KUHP.

PP Polri menyadari sekali bahwa pernyataan Kamarudin Simanjuntak di Podcast Uya Kuya adalah sebuah kebohongan yang sangat tidak memberikan pendidikan, informasi dan hiburan. Sebaliknya, ada kandungan yang sangat terasa nuansa pembodohan publik dan ketidak-akuratan informasi. Kamarudin seolah menggiring opini masyarakat pada sebuah situasi yang keliru dan menyesatkan. Pernyataan Kamarudin Simanjuntak bahwa “Polisi Pengabdi Mafia” adalah sarat dengan unsur kebencian yang tak berdasar.

Dukungan PP Polri Pengurus Daerah Metro Jaya atas pelaporan oleh Firdaus dari Kantor Hukum Alido & Partner terhadap Kamarudin Simanjuntak, pada sisi lain adalah juga merupakan sebuah peringatan kepada siapa pun untuk bisa lebih bijak dan obyektif dalam beraktifitas di wilayah media sosial atau digital.

Tayangan YouTube Uya Kuya yang melahirkan pernyataan keliru “Polisi Pengabdi Mafia” harus dianggap sebagai sebuah contoh dari gagalnya pengelolaan media sosial secara dewasa dan bertanggung – jawab. Hanya sekedar mengejar keuntungan, tanpa pertimbangan matang di soal obyektivitas dan akurasi informasi. Maka PP Polri Pengurus Daerah Metro Jaya pun bertekad membuka pintu kesadaran itu sejak dini.

PP Polri sangat menyadari bahwa pernyataan Kamarudin Simanjuntak berpotensi menimbulkan kekecewaan dan kemarahan ratusan ribu anggota Polri dan keluarga besarnya. Namun PP Polri lebih mendukung penyelesaian kasus ini lewat jalur hukum, bukan dengan cara-cara di luar hukum.

Ada sebuah pembelajaran yang ingin disampaikan oleh PP Polri, yaitu bahwa setiap pelanggaran hukum selayaknya diselesaikan secara hukum pula. Bagi PP Polri, tak ada ruang yang tersedia bagi siapa pun untuk melakukan hujatan atau tuduhan tanpa dasar. ■ RED/HANNOENG M. NUR/EDITOR : GOES

Related posts

Dapat Respon dari Kapolri, KATE VICTORIA LIM Akhirnya Diundang Bertemu Kabareskrim & Direktur Tipidsiber

Redaksi Posberitakota

Dirut Bank DKI, FIDRI ARNALDY Terima Penghargaan TOP 100 CEO 2022 karena Sukses Pimpin Transformasi

Redaksi Posberitakota

Ajak Diskusi Prof Din Syamsudin, KETUM PAN ZULKIFLI HASAN Bahas Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Redaksi Posberitakota

1 comment

Fahrijan Bhakti 13 January 2023 - 09:03 at 09:03

Didunia ini semua ada dua ciptaan Tuhan, ada surga dan neraka ada baik dan buruk ada siang dan malam ada laki-laki dan perempuan, dsb, tidak bisa digeneralisir, ada polisi jahat dan ada polisi baik, prilakunya adalah oknum bukan semuanya, saya dukung untuk mengambil langkah hukum kepada individu yang memfitnah atau menghina sebuah institusi, maju terus PP Polri jangan takut masih ada ribuan polisi dan purnawirawan polisi yang baik.

Reply

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang