32.4 C
Jakarta
18 April 2024 - 16:42
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Galakkan Road Show Festival UMKM, KADIN JAKARTA PUSAT Antisipasi Gejolak Ekonomi Global

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Guna mengantisipasi gejolak melemahnya ekonomi global, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus), melakukan penggalakkan lewat ‘Roadshow Festival UMKM’. Sedangkan kegiatan tersebut mengangkat tema ‘Bangkitkan UMKM Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat yang berlokasi di Terowongan Kendal Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat.

Festival itu sendiri dilaksanakan mulai Senin-Sabtu (6-11/2/2023) dan diikuti puluhan stand yang meliputi beragam produk, aneka kuliner, fesyen, asesoris, perabotan dan lain-lain. Demikian dikatakan Ketua Kadin Kota Jakarta Pusat, RH Victor Aritonang kepada wartawan, Selasa (7/2/2023).

Menurut Victor tentang ‘Roadshow Festival UMKM’ dilaksanakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Widodo) untuk mengantisipasi dampak gejolak ekonomi global.

“Sebagaimana arahan Presiden Jokowi bahwa di tahun 2023 ini, dikatakan sebagai tahun kegelapan ekonomi. Hal itu imbas dari gejolak perekonomian global. Nah, melalui acara ini sebagai bentuk antisipasi masalah tersebut. Dan, KADIN Jakarta Pusat memberdayakan UMKM untuk dapat menopang perekonomian,” ujar Victor.

Bukan hanya itu saja. “Hal itu juga sesuai arahan Ibu Diana Dewi, Ketua Umum KADIN Provinsi DKI Jakarta kepada Kadin Kota Jakarta Pusat untuk membantu para pelaku UMKM,” tambahnya.

Selanjutnya, mengapa ‘Roadshow Festival UMKM’ digelar di terowongan Kendal? Karena, kata Victor, banyak masyarakat yang pulang kerja atau beraktivitas. Bahkan, di situ banyakyang hendak berpergian dengan kereta Comuter Line ataupun warga sekitar yang terlihat bertransaksi dalam Festival UMKM ini.

Mayoritas pengunjung membeli aneka kuliner mulai dari makanan sampai minuman. Baik itu di stand-stand UMKM anggota KADIN Jakarta Pusat maupun yang binaan KADIN Jakarta Pusat. Situasinya ramai dikunjungi masyarakat.

Sementara itu Heidy F. Nevelona Wakil Ketua Bidang Bazzar UMKM KADIN Kota Jakarta Pusat saat ditemui disela-sela aktivitas festival, menjelaskan bahwa ‘Road Show Festival UMKM‘ sudah berjalan di beberapa tempat sebelum digelar di Terowongan Kendal. Antara lain di Basment Balaikota, Kantor Kemenparekraf dan Green Pramuka Square.

Road Show Festival UMKM ini akan terus diadakan selama setahun. Setelah dari Terowongan Kendal, road show bakal dilanjutkan di Kantor Walikota Jakarta Pusat,” kata Lani, sapaan akrab Wakil Ketua Bazzar UMKM tersebut.
Menurut Lani yang bertindak atas nama UMKM peserta festival menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan KADIN Kota Jakarta Pusat yang diketuai Victor Aritonang yang memfasilitasi para UMKM untuk dapat bergerak dan berpartisipasi mendorong daya ekonomi masyarakat.

Pada bagian akhir, Victor menambahkan bahwa ‘Road Show Festival UMKM’ di Terowongan Kendal, terlaksana juga karena dukungan selain Pemerintah Kota Jakarta Pusat serta PT KAI dan PT MRT.

“Terkait acara Road Show Festival UMKM di Terowongan Kendal, secara khusus KADIN Kota Jakarta Pusat mengucapkan terima kasih kepada PT KAI dan PT MRT Jakarta yang turut mensupport acara. Ini artinya kolaborasi BUMN dan BUMD serta KADIN, wujud implementasi arahan Presiden Jokowi,” pungkas Victor yang belum lama ini, telah melaksanakan Rapim Kota KADIN Kota Jakarta Pusat. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Ibukota Tak Dilanda Banjir Besar, H BECENG Ajak Warga Jakarta Ucapkan Rasa Syukur

Redaksi Posberitakota

Meski Lahan Terbatas, KELURAHAN RAWA BADAK UTARA Tak Kendor Semangat Tingkatkan Bikin Taman Interaktif

Redaksi Posberitakota

Ditolak Masuk Stasiun KA, PENUMPANG COMMUTER LINE di Jabodetabek Wajib Pakai Masker Ganda

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang