31.8 C
Jakarta
23 April 2024 - 16:20
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Diminta Tolak & Jangan Sebarkan Berita Hoaks, PJ GUBERNUR DKI Getol Sambangi Sekolah di Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Heru Budi Hartono selaku Penjabat (Pj) Gubernur DKI, hadir dan tampil sebagai pembina upacara di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 71, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (20/2). Sedangkan kehadirannya menjadi pembuka rangkaian getol sambangi sejumlah sekolah di Jakarta.

Saat memberikan sambutan, Pj Gubernur Heru menyampaikan himbauannya kepada para siswa supaya terus meningkatkan budaya literasi dan tidak menyebarluaskan berita atau informasi hoaks.

“Jadi, saya dapat hadir di sini, dalam rangka keliling sekolah. Termasuk juga nanti ke berbagai SMA, SMP dan SD. Hari ini, SMAN 71 adalah yang pertama. Artinya, saya ingin memberi semangat kepada para siswa agar selalu meningkatkan prestasinya. Untuk SMAN 71 saat ini prestasinya se-DKI adalah peringkat ke-18. Bisa naik atau tidaknya peringkat itu adalah hasil kerja keras bersama-sama Bapak/Ibu guru, Kepala Sekolah dan para siswa,” paparnya.

Pj. Gubernur Heru menambahkan seraya mengingatkan bahwa kemudahan dalam mengakses informasi dan berita harus disikapi dengan bijak. Sebab, tantangan kedepan yang dihadapi para siswa, tent akan lebih banyak, apalagi ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi yang membuat berita atau informasi hoaks dapat mudah diakses. Karenanya, para siswa untuk memikirkan terlebih dahulu kebenaran, dampak dan manfaat, sebelum menyebarluaskan informasi atau berita tersebut.

Kembali dihimbau Pj Gubernur Heru agar para siswa dapat menggunakan waktu luang dengan membaca banyak buku, berorganisasi di sekolah serta aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Dengan budaya literasi seperti membaca, prestasi akan meningkat. Dengan rajin membaca, ilmu pengetahuan bertambah, sehingga bisa menangkal hoaks. Pesan lainnya adalah meminta para siswa memperkuat rasa tenggang rasa kepada sesama.

“Justru semakin gampang mengakses, artinya semakin kita harus waspada. Jika ada waktu luang, tolong bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif. Akses untuk menambah ilmu itu sudah mudah. Dalam sehari satu jam saja belajar ilmu-ilmu yang di luar dari yang diajarkan oleh guru-guru. Kemudian, saya minta juga siswa-siswi terus menjaga tata krama, menjaga aturan sekolah, hormati guru, tenggang rasa harus ada di tiap hati kita,” ucapnya, panjang lebar.

Tak lupa, Pj Gubernur Heru juga berpesan kepada para guru untuk tetap semangat memberikan ilmu, nasihat dan pandangan yang terbaik kepada para peserta didik. “Selamat belajar dan berprestasi,” tutupnya..

Setelahnya, Pj Gubernur Heru melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Puskesmas Kecamatan Duren Sawit yang tepat berada di depan SMAN 71. Dalam sidak tersebut, didampingi Camat Duren Sawit Musa Syafrudin, Kepala Puskesmas Kecamatan Duren Sawit Surnesi Handayani dan Kepala SMAN 71 Acep Mahmudin. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Terapkan LED Smart System, PEMROV DKI Hemat Tagihan Listrik PJU

Redaksi Posberitakota

DLH Kerahkan 6800 Petugas, JAKARTA Bakal Kinclong Pasca Pesta Malam Tahun Baru

Redaksi Posberitakota

Masih Bertahan di Sekitar JIS, PEMKOT JAKUT Siap Fasilitasi Proses Relokasi bagi Penghuni eks Kampung Bayam

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang