26.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 07:56
PosBeritaKota.com
Hukum

Meskipun Eksepsi Ditolak Hakim PN Jakut, KUASA HUKUM Siap Buktikan Kalau Perkara Kliennya Perdata

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Dalam sidang kasus penggelapan mobil mewah dengan terdakwa Yanti, proses sidangnya dinyatakan akan tetap dilanjutkan. Hal tersebut disampaikan oleh Majelis Hakim yang diketuai Togi Pardede SH MH, di Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut), Rabu (22)2/2023).

Pada sidang putusan sela, Majelis Hakim yang beranggotakan Gede Sunarjana SH MH dan Aloysius Prihartono Bayuaji SH, kembali menegaskan bahwa dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Erma Octora SH, sudah memenuhi ketentuan unsur formil dan materiil, yakni undang-undang yang berlaku.

“Mengingat dakwaan jaksa sudah memenuhi unsur formil dan materiil, maka sidang dapat dilanjutkan,” ujar Ketua Majelis Hakim seraya menyatakan bahwa eksepsi (keberatan atas dakwaan jaksa) dari Tim Kuasa Hukum terdakwa, Fahmi Bachmid SH M.kum dari Fahmi Bachmid & Partners, tidak dapat diterima.

Menyangkut apakah perkara ini adalah perdata, Majelis Hakim menegaskan silahkan dibuktikan dengan mencocokan keterangan saksi-saksi. “Majelis Hakim harus mendapatkan kepastian dari bukti-bukti hukum dan keterangan saksi pelapor,” tegas Togi Pardede SH MH.

PERKARA PERDATA

Seusai menjalani persidangan putusan sela, Kuasa Hukum terdakwa Yanti, menyatakan dalam sidang berikutnha yang akan digelar dua kali dalam seminggu, siap menghadirkan saksi-saksi meringankan untuk membuktikan kalau perkara tersebut bukan kasus pidana, melainkan perdata.

“Dalam sidang berikutnya nanti, kami siap menghadirkan saksi-saksi yang meringankan. Bahkan, juga akan membuktikan kalau kasus ini perdata sesuai halnya dalam gugatan yang sama-sama disidangkan di pengadilan ini (PN Jakut),” ucap Galih Rakasiwi SH MH yang ikut mendampingi Fahmi Bachmid SH. M.kum.

Saat sebelum dan tengah mengikuti proses persidangan, terdakwa Yanti selalu menangis. Karena, dirinya tak merasa seperti yang dituduhkan JPU Erma Octora SH, terkait melakukan penggelapan mobil mewah. Justru mobil tersebut dibelinya secara bersama-sama (patungan) dengan kekasih (Rudy) yang sudah hidup dan tinggal bersama selama 8 tahun (2013 – 2021) di Grand Vilage 10, Jakarta Utara.

Untuk sidang berikutnya bakal digelar pada Senin (27/2/2023) dan Kamis (2/3/2023) yang sudah disepakati JPU dan Kuasa Hukum terdakwa Yanti. Majelis Hakim PN Jakut minta agar dihadirkan saksi-saksi dan termasuk saksi pelapor, Rudy. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Dinasehati Jangan Berjudi, SUAMI Kalap Aniaya Istri

Redaksi Posberitakota

Perdamaian PKPU Bukan Penghapus Pidana, KURATOR HENDRA ONGGOWIJAYA SH MH : Perkara Indosurya Wajib Dilimpahkan ke Kejaksaan

Redaksi Posberitakota

Praktek Pungli, 2 OKNUM CALO Kena OTT Tim Satgas Kabupaten Serang

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang