26.1 C
Jakarta
27 April 2024 - 05:12
PosBeritaKota.com
Top News

Awali Safari Ramadhan 1444 H, KETUM PARTAI DEMOKRAT ‘AHY’ Beri UMKM Award bagi Pelaku Usaha yang Konsisten Berjuang untuk Keluarga

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Mengawali ‘Safari Ramadhan 1444 H‘ yang bertempat di Pendopo HMS kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkesempatan memberikan ‘UMKM Award‘. Penghargaan tersebut diberika. kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang konsisten berjuang untuk keluarga.

Dikatakan AHY bahwa sektor UMKM merupakan kekuatan ekonomi riil rakyat. Bahkan, menurut dia lebih lannut, sektor UMKM ini memberikan 60 persen kontribusi terhadap ekonomi nasional.

“Oleh karenanya, saya berharap kepada seluruh kader Partai Demokrat. Baik itu yang ada di Jakarta maupun di seluruh pelosok Tanah Air, terus membina pelaku UMKM agar ekonomi kita semakin kuat. Kita tahu, dampak pandemi COVID-19, masih dirasakan di sana-sini,” kata AHY di Pendopo HMS, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (27/3/2023).

AHY tidak hanya menyoroti sektor ekonomi saja, tapi juga concern terhadap permasalahan bangsa lainnya. Bahkan, melalui penegasannya, Partai Demokrat melihat betapa pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia.

“Dengan begitu, adanya semacam program beasiswa Bidikmisi, sekarang namanya KIP, bakal terus dilanjutkan. Semangatnya adalah memberikan akses seluas-luasnya kepada generasi bangsa untuk menempuh pendidikan lebih tinggi lagi,” ucapnya, menambahkan.

Menurut AHY melalui program Bidikmisi, ternyata berhasil meningkatkan jumlah penerima beasiswa dari 6,3 juta pada 2005 menjadi 11,3 juta pada 2013. “Sebab, kita tahu bahwa kebodohan adalah sumber dari kemiskinan. Kedepan, kita tak ingin ada yang miskin dan bodoh di negara kita ini. Indonesia untuk semua. Jadi, tidak boleh hanya untuk satu gelintir kelompok saja,” ujarnya, tandas.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Demokrat Jakarta, Mujiyono, mengutarakan bahwa ‘UMKM Award‘ itu diberikan kepada pelaku usaha mikro skala rumah tangga yang senantiasa berjuang untuk perubahan dan perbaikan bagi keluarganya.

“Semua ada 2400 UMKM Binaan Partai Demokrat Jakarta. Bahkan, mereka selalu konsisten membantu kami di setiap wilayah, seperti membranding Demokrat Bina UMKM sejak pandemi COVID-19 lalu. Malah terlibat aktif dalam KTA-nisasi dan sebagainya. Alhamdulillah, ada 50 UMKM skala rumahtangga yang sekarang mendapat penghargaan dari Ketum AHY,” jelas Mujiyono.

Ditambahkan dia, UMKM Binaan Partai Demokrat terus dipacu agar bisa naik kelas menjadi pengusaha sukses ke depannya. Tak sedikit, jelasnya, Demokrat membantu akses permodalan hingga pemasaran agar omset pelaku usaha mikro ini lebih meningkat.

Di sisi lain lagi, kata Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta ini, Demokrat Jakarta juga proaktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa melalui program beasiswa Bidikmisi yang digagas Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Masih menurut keterangannya, Demokrat Jakarta telah memfasilitasi sekitar 7000-an lebih mahasiswa Jakarta yang tidak mampu secara ekonomi, namun bisa meneruskan pendidikannya berkat program Bidikmisi di beberapa perguruan tinggi.

Seperti telah diketahui seksama bahwa Bidikmisi merupakan sebuah program beasiswa yang dilaksanakan dalam 100 Hari Pemerintahan SBY melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dibawah Mohammad Nuh (Mendikbud) saat itu. Bidikmisi membiayai seluruh biaya siswa kurang mampu untuk melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi.

Setiap siswa mendapatkan bantuan hingga Rp 6.000.000,00 untuk setiap semester dengan rincian Rp 2.400.000,00 untuk biaya kuliah dan Rp 4.800.000,00 untuk biaya hidup. Awalnya program ini hanya berupa keputusan menteri lalu dinaikkan menjadi PP No 66 tahun 2011 hingga UU No 12 tentang Perguruan Tinggi.

“Dalam kick off Safari Ramadhan 1444 H ini, mas Ketum AHY juga memotivasi generasi bangsa untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, termasuk kepada 600 mahasiswa Bidikmisi perwakilan yang ada di Jakarta Timur ini. Kualitas SDM selalu menjadi prioritas kami agar bangsa ini bisa bersaing dengan bangsa lain ke depannya,” kata Mujiyono.

Pada ‘Safari RamadanAHY rutin dilakukan setiap tahun untuk bersilaturahmi dengan kader dan konstituen di berbagai pelosok daerah. Sebagai Partai Nasionalis dan Religius, tegasnya, Demokrat tak mau hilang kesempatan dalam mendapatkan keberkahan di bulan suci Ramadhan 1444 H kali ini.

“Syukur alhamdulillah, karena lebih dari 2500 kader Demokrat Jakarta antusias menyambut mas AHY. Kita tebarkan terus kegiatan positif, saling bersilaturrahmi dalam menjalankan Ibadah Bulan Suci Ramadhan untuk meraih #KemenanganBersama2024,” tukasnya.

Dalam mengawali ‘Safari Ramadhan 1444 H’, AHY juga memberikan santunan kepada ratusan anak yatim, bantuan Sembako untuk masyarakat dan lain sebagainya. Acara tersebut dihadiri lebih dari 2500 kader Demokrat Jakarta, pengurus DPP Partai Demokrat, sejumlah Anggota Legislatif dan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) hingga artis-artis top Ibukota. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Sekalian Pamer Body Aduhai & Payudara Jumbo, CUPI CUPITA Ngaku Kena ‘Demam’ Permainan Latto-latto

Redaksi Posberitakota

Terasa Bersih & Makin Kencang, YEYEN LIDYA Ngaku Cocok Merawat Wajah di Queen Beauty Clinic Meski Baru 2 Pekan

Redaksi Posberitakota

Kritik DPR Dinilai Ampuh, PAKAR KOMUNIKASI : Bisa Sandingkan Panglima TNI & KASAD di Senayan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang