30.5 C
Jakarta
24 April 2024 - 15:41
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Jumlah Pendaftar Sudah Melebihi Target, DISHUB DKI Tutup Pendaftaran Program ‘Jakarta Mudik Gratis 2023’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Lantaran jumlah pendaftar yang masuk sampai melebih target, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah menutup pendaftaran program ‘Jakarta Mudik Gratis 2023‘ yang akan dilaksanakan pada 24 Maret mendatang.

“Berdasarkan hasil verifikasi dokumen, pada arus mudik terdapat kelebihan peserta sebanyak 5.984 penumpang. Karena, targetnya adalah 11.120 penumpang, namun peserta yang terdaftar sebanyak 17.104 penumpang,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat ditemui di Balaikota, Jakarta, Senin (4/3/2023).

Syafrin mengungkapkan untuk jumlah arus balik jumlah peserta yang sudah terdaftar mencapai 11.402 orang penumpang. Jumlah tersebut melampaui target sebanyak 8.160 orang penumpang.

“Pada arus balik dari target 8.160 penumpang. Peserta yang terdaftar sebanyak 11.402 penumpang. Maka, terdapat kelebihan peserta sebanyak 3.242 penumpang,” ujarnya.

Menurut Syafrin lebih lanjut bahwa untuk mengantisipasi masyarakat mengalami kesulitan untuk mendaftar, pihaknya berupaya pada sistem Mudik Gratis. “Jadi, kami menyiapkan 6 lokasi service point untuk membantu masyarakat yang kesulitan melakukan pendaftaran,” tuturnya.

Ditambahkan Syafrin bahwa pihaknya membuka call center dengan nomor telpon yang disematkan dalam setiap papan informasi di 6 lokasi service point. Selain itu, penambah VM/Server System Informasi Mudik Gratis.

“Kami juga menginformasikan Website pendaftaran yang benar adalah mudikgratisjakarta.com,” jelasnya.

Disamping itu, kata Syafrin, bagi calon peserta yang sudah mendaftar ke program ‘Jakarta Mudik Gratis 2023‘ ini, Dishub DKI telah memverifikasi kelengkapan administrasi.

“Setelah itu, Dishub DKI akan menghubungi peserta mudik melalui WA Blast untuk memastikan data peserta mudik telah sesuai dengan dokumen yang dikirimkan dan kesiapan peserta mudik ikut program Jakarta Mudik Gratis 2023 sesuai jadwal,” ungkapnya.

Bagi pendaftar offline, Syafrin menambahkan yang tidak memiliki Smartphone, saat melakukan pendaftaran, Dishub memberikan tanda terima dokumen dan meminta nomor telpon yang dapat dihubungi.

“Sehingga, call center Dishub aktif memberikan informasi kepada mereka. Karena itu, dihimbau agar para pendaftar ini harus datang langsung ke service point terdekat guna mengambil print out tiket offline,” tambahnya.

Syafrin mengaku hari ini seluruh peserta yang mendaftar baik secara online maupun offline, sudah mendapatkan notifikasi/pengumuman.

“Selanjutnya, masyarakat yang sudah terdaftar sebagai peserta Jakarta Mudik Gratis 2023 dan tiket dikirim melalui WA Blast sebagai bentuk verifikasi ulang,” ujarnya.

Terhadap animo masyarakat yang tinggi dan melebihi kuota, Dishub DKI akan melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Memverifikasi kembali kepada pendaftar untuk menanyakan kepastian keberangkatan melalui WA Blast. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa pendaftar menyetujui jadwal mudik/balik yang telah ditetapkan; dan

2. Mengoptimalkan kapasitas angkut dari bus yang disediakan. Yakni, semula 40seat/bus menjadi 46-50 seat/bus. □ RED/JON ABY/EDITOR : GOES

Related posts

Prasetio Edi Marsudi Jadi Ketua Lagi, DPRD DKI JAKARTA Gelar Paripurna Umumkan Pimpinan Dewan

Redaksi Posberitakota

Ditinggal Pemudik, JALAN RAYA JAKARTA Sepi Kendaraan di Hari Kedua Lebaran

Redaksi Posberitakota

Rapatkan Barisan, KETUA PPP DKI Minta Kader Dukung Program Anies-Sandi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang