26.2 C
Jakarta
2 March 2024 - 07:34
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Ajak PJ Gubernur DKI & Mendag, PEMERINTAH PUSAT Kolaborasi Tinjau Harga Jelang Lebaran

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan setiap menjelang Lebaran, dinamika harga dan ketersediaan bahan pokok selalu menjadi perhatian berbagai pihak, baik dari pelaku ekonomi hingga regulator. Selain itu, ia bersyukur harga pangan yang dibutuhkan warga cenderung menurun, karena beberapa hari sebelumnya sempat terjadi deflasi.

“Ini mendekati Lebaran. Saya dan Menteri Perdagangan (Mendag) bersama Pj. Gubernur DKI Jakarta ingin mengecek kondisi pangan di pasar. Pertama, stoknya. Kemudian yang kedua, harganya. Kita lihat tadi urusan pasokan tidak ada masalah, harga juga justru banyak yang turun,” kata Presiden Jokowi ditemui di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur dan di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023).

Menurut Presiden Jokowi untuk harga telur ayam turun, daging ayam turun, beras juga turun, bawang juga turun, yang naik daging sapi dan itu naiknya sedikit.

“Saya kira ini kondisi baik sesuai dengan pantauan Badan Pusat Statistik yang kemarin memang terjadi deflasi. Ini bagus dalam posisi mau Lebaran tapi berbagai harga bahan pokok turun,” tutur Presiden Jokowi.

Sementara itu Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya memantau ketersediaan bahan pokok dengan mudah diperoleh masyarakat menjelang Lebaran. “Kami akan memantau harga bahan pokok di pasar rakyat masih stabil dan pasokannya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya.

Heru mengatakan hingga saat ini harga-harga bahan pokok di pasar rakyat masih stabil dan pasokannya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Karena sesuai arahan Presiden, kami akan terus mengawasi agar tidak terjadi penimbunan stok dan harga-harga tetap stabil hingga Idhul Fitri nanti. Operasi Pasar Murah juga akan terus diadakan,” ujarnya

Seperti diketahui, peninjauan pasar tersebut juga diselingi dengan kegiatan menyapa dan berbincang dengan warga. Presiden Jokowi juga membagikan bantuan kepada para pedagang di kedua pasar tersebut.

Turut mendampingi Pj. Gubernur Heru saat mengunjungi kedua pasar tersebut, Walikota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar dan jajarannya, Walikota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma serta jajarannya, dan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo.

Kerjasama dalam sektor pangan ini juga tidak lepas dari peran Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya yang turut memonitor harga pangan serta distribusi pasokan sehingga dapat berjalan dengan baik. ■ RED/JON ABY/EDITOR : GOES

Related posts

SOAL BALAPAN ‘FORMULA E’, GUBERNUR ANIES BASWEDAN AKHIRNYA RESPON RENCANA DPRD AJUKAN HAK INTERPELASI

Redaksi Posberitakota

Moment Harkitnas, WAGUB SANDI Ingatkan Agar Tumbuhkan Semangat Membangun Tanah Air

Redaksi Posberitakota

Dibenarkan Kepala Sekretariat Presiden, MARULLAH MATALI Ditunjuk Sebagai Sekda DKI Jakarta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang