27.9 C
Jakarta
28 April 2024 - 00:54
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Bersama Kapolda Metro, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Ujicoba Rekayasa Lalin Urai Kemacetan Simpang Santa

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono melihat langsung ujicoba rekayasa lalu lintas (Lalin) di kawasan pertigaan lampu merah Santa, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (14/4/2023). Kegiatan tersebut dalam rangka merealisasikan salah satu program strategis Pemprov DKI Jakarta Tahun 2023 dengan mengurai kemacetan.

Sudah barang tentu sebagai penghubung Jalan Wijaya dan Jalan Wolter Monginsidi ke arah Jalan Kapten Tendean, area tersebut diberlakukan rekayasa untuk memperlancar lalu lintas. Oleh karenanya, Pj Gubernur DKI Heru Budi telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya, terkait potensi penerapan rekayasa Lalin di kawasan lainnya.

“Nah, kita sudah melihat rekayasa Lalin hari ini di satu titik (simpang lampu merah Santa), dan saya sudah melaporkan kepada Kapolda Metro Jaya agar melakukan peninjauan di berbagai kawasan yang sering menjadi titik kepadatan Lalin. Rekayasa Lalin bisa saja diterapkan di lokasi lainnya,” ujarnya.

Pj Gubernur DKI Heru Budi mengutarakan sikap apresiasinya kepada Polda Metro Jaya atas sinergi yang telah terbangun terkait penguraian mengurai titik rawan kepadatan Lalin di Jakarta. Bahkan, ia juga meminta Kapolda Metro Jaya untuk memberikan arahan kepada setiap Polres, malah jika perlu mencari berbagai titik kemacetan agar dicarikan solusinya.

“Jadi, di sini (akan dilakukan rekayasa) secara bertahap. Semoga bisa mengurai kemacetan. Terima kasih dan apresiasi kita ucapkan kepada Kapolda beserta jajarannya. Kita berharap setiap Polres di Jakarta bisa melihat potensi kepadatan seperti ini (pertigaan lampu merah Santa), walaupun jalan searah, tapi nanti muternya tidak kejauhan,” ungkapmya.

Pada bagian lain, Pj Gubernur Heru Budi juga mendapatkan laporan dari Dirlantas Polda Metro Jaya dan Dishub bahwa biasanya dari arah Jalan Wijaya ke Jalan Walter Mongisidi memakan waktu dua jam saat melewati simpang lampu merah Santa. Saat uji coba rekayasa lalin, dapat mengurangi waktu hanya 1 jam.

“Akan tetapi bagi yang masuk dari Jalan Kapten Tendean agak kurang nyaman, karena bertambah rute (Jalan Suryo). Tapi tadi pas kita hitung (durasi) lampu merahnya, mereka bisa mengurangi jarak tempuh dengan rekayasa yang kita lakukan. Karena ini masih uji coba, pengendara yang protes tidak bisa belok kanan langsung akan terbiasa. Ini semua demi kenyamanan semua pihak,” tutup Pj Gubernur DKI Heru Budi.

Sedangkan peninjauan ujicoba rekayasa Lalin di lampu merah Santa tersebut, ikut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo, Walikota Jakarta Selatan Munjirin, serta Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Lama Tak Bertemu, DEKRANASDA JAKPUS Segera Data Perajin untuk Pembinaan

Redaksi Posberitakota

Kondisi TPST Bantargebang, ASEP KUSWANTO Bilang Cuma Bisa Bertahan Sampai 4 Tahun

Redaksi Posberitakota

Pernah Ikut Besarkan Partai Gerindra, SOSOK M TAUFIK Akibat Didera Sakit Kanker Paru Telah Kembali ke Pangkuan Ilahi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang