PosBeritaKota.com
Megapolitan

Bukan Cuma ‘Pak Ogah’, KAPOLDA METRO JAYA Ingatkan Juru Parkir Tak Berhak Tutup Putaran Balik di Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Polda Metro Jaya menilai bahwa juru parkir liar atau Pak Ogah tidak ada hak untuk melakukan penutupan sejumlah putaran balik (U-Turn) di sejumlah kawasan di Jakarta.

“Hak paling tinggi adalah hak kepentingan masyarakat. Kalau Pak Ogah nggak punya hak, dia hanya untuk mencari (nafkah) untuk kehidupan diri sendiri,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Karyoto mengatakan profesi sebagai juru parkir liar atau pak ogah sifatnya sukarelawan hanya membantu lalu lintas bukan profesi.

“Sebenarnya itu bukan profesi, mohon maaf, yang tadinya sukarelawan pembantu lantas. Kalau dia tidak sukarela minta ongkos berarti kan tidak membantu,” ujarnya.

Menurut Karyoto, negara tidak akan memberikan insentif kepada juru parkir liar.

“Memang ada yang gratis, karena negara kan tidak memberikan insentif. Kalau dia hobi mengatur lalu lintas silakan,” jelasnya.

Dikatakan Karyoto, pihaknya berencana akan membina para pak Ogah untuk mencari pekerjaan lain.

“Kita sama-sama pemakai jalan raya, ketika belok ada duitnya, langsung ambil. Kalau yang tidak tunggu dulu, kiri kanan-kiri kanan,” ujar Mantan Deputi Penindakan KPK

Karyoto juga menyebutkan, adanya penutupan putaran balik di sejumlah titik bakal terjadi kemacetan. Karena itu, penutupan putaran balik tersebut sedang dilakukan evaluasi.

“Tentunya akan kita evaluasi, yang penting bukan itunya, tingkat kepadatan arus yang melewati situ, kalau di situ ada gara-gara U-Turn mengekor sampai satu kilometer kami harus evaluasi. Apakah dipanjangkan U-Turn-nya atau dibuka dan diatur,” kata Karyoto.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta memperpanjang uji coba rekayasa lalu lintas lampu merah Santa, Jakarta Selatan atau persimpangan Jalan Wijaya 1, Jalan Wolter Monginsidi dan Jalan Suryo untuk mengurangi kemacetan.

“Mungkin satu minggu ini mereka sudah tahu bahwa ini rutenya sudah satu arah,” kata Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ditemui di kawasan Wolter Monginsidi, di Jakarta, Jumat (14/4). ■ RED/JON ABY/EDITOR : GOES

Related posts

Tak Mau Melindungi Kejahatan, KAPOLDA METRO Tegas Bakal Menolak Laporan Balik Debt Collector

Redaksi Posberitakota

Melalui Gelaran Diskusi, MUSIKALISASI PUISI Ikut Meriahkan Agenda Komunitas Koloni Seniman Ngopi Semeja Depok

Redaksi Posberitakota

Hujan Seharian di Bekasi, KOLONG TOL JORR Jalan KH Noer Ali Digenangi Air

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang