26.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 07:41
PosBeritaKota.com
Nasional

Seperti pada Pengalaman Sebelumnya, POLRI Yakin Pengamanan Saat Mudik Lebaran di Tahun 2023 Bisa Berjalan Sukses

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) optimis untuk pengamanan Mudik Lebaran (Idhul Fitri 1444 H/2023) ini bisa berjalan sukses seperti pengamanan di tahun sebelumnya.

“Berdasarkan survei indikator periode 5 sampai dengan 10 Mei 2022, terdapat 73,8 persen masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan Arus Mudik Tahun 2022,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat ditemui di Silang Monas, Jakarta, Senin (17/4/2023).

Listyo mengutarakan bahwa di tahun ini masyarakat yang Mudik Lebaran lebih banyak dari tahun kemarin berdasarkan prediksi pemerintah. Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh pihak dalam momentum Mudik Lebaran di tahun ini.

Bapak Presiden menekankan agar hati-hati, karena Mudik Lebaran di tahun ini, ada lompatan besar masyarakat dari 86 juta ke 123 juta berdasarkan survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Hal itu harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik,” tuturnya.

Dikatakan Listyo, pihaknya juga mengerahkan ratusan ribu personel gabungan akan diterjunkan di seluruh Indonesia. Mulai melibatkan personel TNI-Polri, kementerian/lembaga terkait.

Operasi Ketupat 2023 kali ini melibatkan 148.261 personel gabungan, terdiri dari TNI, Polri Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa PMarga Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya,” ucapnya.

Selain itu, kata Listyo, kegiatan Operasi Ketupat 2023 akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari mendatang, mulai 18 April hingga 1 Mei 2023. “Untuk jumlah personel bakal disebar untuk mengisi 2.787 pos dalam arus Mudik Lebaran 2023,” ucapnya.

Listyo menyebut pos itu akan dibagi menjadi tiga kategori antara lain pos pengamanan, pos terpadu, dan pos pelayanan. “1.850 pos pengamanan yang berfungsi untuk pusat informasi, gatur dan rekayasa arus lalu lintas serta memastikan keamanan maupun tersimpan pada objek pusat perbelanjaan dan pusat keramaian,” pungkasnya. ■ RED/JON ABY/EDITOS : GOES

Related posts

Situasi hingga 28 April, DITLANTAS POLDA METRO Pastikan Arus Balik Lebaran Terpantau Masih Lancar & Aman

Redaksi Posberitakota

Masih di Awal 2019, MASTER LIMBAD Wanti-wanti Jangan Remehkan Gejolak Alam

Redaksi Posberitakota

Puji Kerja Keras Polri, Wakil Ketua DPR RI : Arus Mudik Sangat Menggembirakan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang