28.6 C
Jakarta
25 April 2024 - 08:24
PosBeritaKota.com
Nasional

Pantauan dari Jalur Tol Jakarta – Cikampek, POLDA METRO Pastikan Arus Balik Lebaran Masuk Jakarta Masih Terkendali

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto meninjau langsung arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek pada hari pertama Arus Balik Lebaran 2023 (Hari Raya Idhul Fitri 1444 H). Berdasarkan dari data yang ada, terlihat bahwa arus lalu lintas masih normal.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan jumlah kendaraan yang melintas masih di angka 3000 kendaraan per jam. Lalu lintas yang mengarah ke Tol Dalam Kota maupun Tol JORR masih terkendali.

“Yang masuk ke Dalam Kota juga masih terkendali, masuk ke Tanjung Priok, JORR Utara juga masih terkendali, masuk ke JORR Selatan arah Pondok Indah juga sangat terkendali,” kata Latif kepada wartawan, Senin (24/4/2023).

Latif menjelaskan bahwa berdasarkan pengamatan petugas kepolisian, belum ada kemacetan di ruas jalan tol arah Jakarta. Pihak kepolisian pun terus menghimbau masyarakat yang kelelahan untuk tidak berhenti di bahu jalan. Sebab, lanjut dia, hal tersebut kerapkali menjadi penyebab terjadinya kemacetan.

“Jangan sampai ada hambatan sekecil apapun. Misalnya yang kita antisipasi adalah parkir di bahu jalan, karena capek berhenti. Ini harus masuk ke rest area semuanya. Apabila terjadi accident sesegera mungkin harus kita selesaikan. Sehingga tidak terjadi penumpukan,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya.

Namun demikian, Latif menyebut pihak kepolisian tetap siaga jika sewaktu-waktu terjadi pelonjakan volume kendaraan yang hendak masuk ke Jakarta. Dia memastikan agar arus lalu lintas berjalan lancar tanpa hambatan.

“Jadi, apabila kami menerima arus besar, kita sudah siap. Yaitu seluruh pintu tol sudah kita siapkan untuk pemantauan. Setelah keluar pintu tol di arteri kita atur sedemikian rupa, penjagaan diperketat. Sehingga tidak ada hambatan sama sekali di jalur tol ini,” ujarnya.

Namun begitu jika diperlukan, kata Latif, akan dilakukan Contra Flow di Jalan Tol Dalam Kota untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang ada. Jika di Tol Dalam Kota terjadi penumpukan, nantinya kendaraan akan diarahkan terlebih dahulu ke Tanjung Priok atau Pondok Indah.

“Kita bagi rata apabila kepadatan terjadi di Dalam Kota, akan dibuang dulu ke Tanjung Priok maupun ke arah Pondok Indah. Tentunya nanti ada masalah di pintu tol. Pintu tol akan kita tambah petugas tap pintu tol,” kata dia.

“Setelah itu, maksimal nanti akan kita perkuat di jalur arteri keluar tol diperkuat dari Cibatu, Cibitung, Cikarang, Cikarang Barat sampai Cikarang Timur dan exit tol seluruh Jakarta akan dikuat oleh personel yang diperbantukan dari Sabhara maupun Brimob untuk betul memperlancar arus yang akan keluar dari jalur tol ini,” katanya, mengakhiri. ■ RED/JON ABY/EDITOR : GOES

Related posts

Diungkap Puspayoga, MENKOP & UKM Dorong ICSB Bangun UKM ke Pasar Ekspor

Redaksi Posberitakota

Demi Sukses Pilkada, POLRES SERANG KOTA & KODIM 0602 Gelar Doa Bersama

Redaksi Posberitakota

Rahasia Gaza, KOTA TANPA MASJID & Para Syuhada yang Bersujud

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang