29.1 C
Jakarta
3 October 2023 - 20:54
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Sejak 24 hingga 26 April Hari Ini, PT KAI Sebut Pencapaian Penumpang Arus Balik Lebaran Sekitar 43.700

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan sejak (24/4/2023) jumlah angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan. Jika dihitung secara total sampai hari ini, Rabu 26 April 2023 terdapat sekitar 43.700 pengguna yang tiba.

“Dari jumlah tersebut 16.400 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 16.200 penumpang turun di Stasiun Gambir, 4200 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.500 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek. Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2x lipat dari masa normal,” kata Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, di Jakarta, Rabu (26/4/2023).

Eva mengatakan pihaknya melakukan sejumlah persiapan pada arus balik diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan agar tidak berdir serta meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat mengganggu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun.

“Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun,” tuturnya.

Dikatakan Eva, dari sisi keamanan dan keselamatan DAOP 1 Jakarta juga bekerjasama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran.

“Kerjasama dengan BASARNAS dan 45 Provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat,” jelasnya.

Menurut Eva, seluruh pengguna jasa yang tiba di area DAOP 1 Jakarta juga dihimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya.

“Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area DAOP 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang,” ucapnya.

Pada bagian lain, menurut Eva, untuk volume pengguna jasa yang berangkat di moment Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih tinggi meski sudah memasuki hari ketiga setelah momen Lebaran (H+3).

“Sekitar 30.000 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, jumlah tersebut masih cukup tinggi jika dibandingkan pada masa normal,” paparnya.

Eva menambahkan pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada 26 April 2023 okupansi penumpang masih cukup tinggi yakni 70 persen dari total ketersediaan tempat duduk.

“Hari ini terdapat sekitar 19.000 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi, Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 11.000 dengan layanan 38 KA beroperasi,” ungkapnya.

Disamping itu, secara total untuk jadwal keberangkatan 12 sampai dengan 26 April (H-10 s/d H+3) tercatat sekitar 550 ribu pengguna jasa berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen di area Daop 1 Jakarta pada moment Lebaran.

“Puncak arus mudik dengan keterisian tempat duduk mencapai 100 persen terjadi pada tanggal 18 sampai dengan 22 April 2023,” ucapnya.

Sementara berdasarkan data Rabu 26 April 2023 sekitar 660 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 sampai dengan 24 April 2023.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18 sampai dengan 23 April dimana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai 100 persen.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung. □ RED/JON ABY/EDITOR : GOES

Related posts

Mobil Dilarang Parkir, KASATPOL PP Semprot Pamdal DPRD DKI Jakarta

Redaksi Posberitakota

Kurangi Macet Jalan Protokol, DKI Bakal Naikkan Pajak Parkir di Thamrin-Sudirman

Redaksi Posberitakota

Jelang Mubes, 47 ORMAS Deklarasikan Dukung H Lulung Sebagai Ketua Bamus Betawi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang