25.6 C
Jakarta
22 July 2024 - 08:42
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Demi Percepatan Jakarta Sebagai Kota Global, PJ GUBERNUR HERU BUDI Jalin Kerjasama Sister City dengan Shanghai

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Untuk kurun waktu tiga tahun pasca pandemi COVID-19, DKI Jakarta konsisten mempererat hubungan kerjasama kota bersahabat atau Sister City dengan Kota Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono menerima kunjungan Walikota Shanghai, Gong Zheng dan jajarannya di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (27/4/2023) .

Sedangkan kunjungan itu merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja ke luar negeri yang pertama bagi Walikota Shanghai sejak diakhirinya kebijakan Zero COVID-19 oleh Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan sejak penandatanganan nota kesepahaman (MoU) atau kerjasama kota bersahabat antara Jakarta dan Shanghai yang ditandatangani melalui pos pada 23 Oktober 2020 silam.

Dalam pertemuan tersebut, Pj Gubernur DKI Heru Budi dan Walikota Shanghai Gong Zheng membahas rencana peningkatan kerjasama pasca pandemi dalam bidang perdagangan, investasi, kebudayaan, olahraga serta pariwisata dan khususnya pariwisata perkotaan.

Selain itu, Pemerintah Kota Shanghai juga berminat untuk melaksanakan pertukaran dan peningkatan kompetensi ASN, program beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa serta mengundang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan perusahaan dari Jakarta untuk berpartisipasi dalam China International Import Expo pada 5-10 November 2023 yang akan datang.

“Kami juga menyampaikan minat untuk mengetahui lebih jauh tentang penataan kota dan pengolahan sampah di Shanghai, serta menyambut baik undangan Shanghai untuk menghadiri China International Import Expo, dengan mendorong partisipasi dari BUMD di DKI Jakarta,” tutur Pj Gubernur Heru.

Tak lupa, Pj Gubernur Heru juga mengundang keikutsertaan Shanghai dalam Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors’ Forum (AMF), yang direncanakan berlangsung pada Agustus 2023.

Untuk kerjasama tersebut, diharapkan dapat mempererat hubungan persahabatan dan kemitraan antara kedua kota, saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, dan memperkuat hubungan kemitraan dan kerja sama antara Jakarta dan Shanghai, serta antara Indonesia dan RRT.

“Tentunya, kami dapat mengambil banyak pengalaman dari Shanghai dalam meningkatkan potensi Jakarta sebagai pusat bisnis, keuangan, perdagangan, dan logistic hub di Indonesia dan kawasan ASEAN, terutama dalam rencana relokasi ibu kota negara ke IKN Nusantara pada tahun 2024,” tuup Pj Gubernur Heru Budi.

Patut jadi catatan dan perlu diketahui bahwa kerjasama antara Jakarta dan Shanghai, dirintis dengan menimbang kesamaan karakteristik Jakarta dan Shanghai sebagai kota jasa, perdagangan, finansial, pelabuhandan penggerak ekonomi nasional. Melalui kerja sama tersebut, diharapkan kedua kota dapat terus mengembangkan kerjasama dalam bidang-bidang yang saling memajukan, khususnya dalam mendukung pembangunan Jakarta sebagai Kota Global. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Anies Ikut Sumbang, PEMPROV DKI & PMI Gelar Acara Donor Darah di Balaikota

Redaksi Posberitakota

Soal Saham Produsen Angker Bir, WAGUB ARIZA Bilang Pemprov DKI Niat Mau Lepas tapi Harus Disetujui DPRD

Redaksi Posberitakota

Akibat Kawasan ‘Mabes Kota’ Sepi, PENYANYI & LC Blak-blakan Ngajak Kencan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang