29.2 C
Jakarta
29 April 2024 - 09:36
PosBeritaKota.com
Daerah

Selain Gelar Acara Halal Bihalal, LKD Luncurkan Buku ‘Depok dalam Lintasan Sejarah’ & ‘Jejak Juang Margonda’

DEPOK (POSBERITAKOTA) □ Lembaga Kebudayaan Depok (LKD) sebagai wadah para seniman dari beragam seni dan budaya di Kota Depok, menutup rangkaian ritual puasa Ramadhan dan Idhul Fitri i menyelenggarakan acara Halal Bihalal yang diikuti oleh seluruh pengurus dan anggotanya di Betawi Ngoempoel Creative Center (BNCC), Senin (1/5/2023) kemarin. Ikut hadir Ketua Pembina LKD Ir. H. Nuroji dan Ketua LKD, Kurniawan.

Acara Halal Bihalal yang berlangsung secara sederhana tersebut, diisi pula oleh soft launching 2 buku karya penulis Putra Gara. Masing-masing berjudul ‘Depok Dalam Lintasan Sejarah’ dan ‘Jejak Juang Margonda’. Kedua buku tersebut secara khusus diterbitkan oleh BNCC dan akan melengkapi dokumentasi seputar Depok yang pernah ada sebelumnya.

Ketua Pembina LKD Ir. H. Nuroji di dalam sambutannya, selain meminta maaf atas nama pribadi dan keluarga dalam konteks Hari Raya Idhul Fitri, juga menyatakan rasa bahagianya atas diterbitkan buku karya Putra Gara tersebut. “Semoga kedua buku ini bisa menjadi pegangan bagi siapa pun, terutama pelajar dan mahasiswa, tentunya di dalam mempelajari Depok di bidang kesejarahannya,” harapnya.

Menurutnya bahwa Kota Depok itu amat kaya secara kultur dan kesejarahan. “Karenanya, banyak dibutuhkan oleh kalangam media yang bisa mengangkat hal itu. Baik buku maupun media audio visual,” ucap Ir. H. Nuroji lagi yang selama ini dikenal sebagai pegiat kebudayaan, khususnya di Kota Depok.

Sementara itu Ketua LKD Kurniawani menyambut baik penerbitan kedua buku itu. Ia seraya mendorong para anggota LKD untuk bisa lebih banyak lagi melahirkan karya-karya yang berkaitan dengan Kota Depok, untuk membuka peluang keluasan kreatifitas para anggota LKD.

Putra Gara, penulis dan wartawan, yang juga Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bogor, menyatakan bahwa kedua buku tentang sejarah Depok dan Margonda, merupakan buku yang secara umum sama dengan buku-buku sejarah yang pernah terbit, namun di beberapa bagian ada banyak hal yang belum pernah diceritakan atau diungkap di buku-buku lain yang sejenis.

Dalam kesempatan yang sama, Ir. H. Nuroji dan Kurniawan tak lupa juga menyampaikan ucapan selamat atas hari jadi Kota Depok ke-24 yang jatuh pada tanggal 27 April. Keduanya berharap Kota Depok akan lebih mengalami kemajuan di segala bidang, termasuk bidang seni dan budaya.

“Melalui kedua buku yang kami terbitkan ini, anggaplah sebagai kado ulang tahun bagi Kota Depok yang kita cintai bersama,” tutup Ir. H. Nuroji. □ RED/HANNOENG M. NUR/EDITOR : GOES

Related posts

Banyak Faktor Jadi Pemicu, PLT DISDUK – P3A INDRAMAYU OPIK HIDAYAT Bilang Kasus Perundungan di Sekolah Perlu Distop

Redaksi Posberitakota

Diujung Pengabdian, KANG EMIL Terima Penghargaan Darma Sahara Utama dari PWI Cabang Jabar

Redaksi Posberitakota

Kades Ciangsana Bogor Udin Saputra SH Sambut Baik Keputusan Presiden Jokowi Longgarkan Pemakaian Masker

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang