27.1 C
Jakarta
20 June 2024 - 03:30
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Profesional & Objektif, KAPOLDA Sampaikan Pesan ke Seluruh Jajaran Tegakkan Hukum Secara Berkeadilan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto berpesan kepada seluruh jajarannya mulai dari tingkat penyidik sampai dengan Polres untuk melakukan penegakkan hukum secara berkeadilan.

“Dalam hal ini, artinya setiap kita melakukan penegakan hukum, yang pertama harus profesional. Kedua, objektif dan yang paling penting adanya kepastian hukum,” tegas Karyoto ditemui di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Menurut Kapolda Metro Jaya bahwa setiap sebuah perkara kalau dihentikan harus berani untuk berhenti. Kalau pun memang harus lanjut, juga harus dilanjutkan. Karena hal itu harus sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Memang di sini ada satu peluang yang namanya restorative justice.

“Ini juga kita menjadikan sebagai peluang kepada masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah dilaporkan ke polisi. Kalau itu masih menyangkut pribadi, tapi tidak menyangkut tentang korupsi, narkotika dan lain-lain, itu bisa semacam musyawarah oleh mereka sendiri,” tuturnya.

Ditambahkan mantan Deputi Penindakan KPK, pihaknya juga menginginkan kepada seluruh penyidik, harus bisa bertindak betul-betul profesional.

“Dalam arti dari sikap, perilaku dan dalam melayani masyarakat betul-betul sesuai dengan aturan. Disesuaikan dengan kode etik Polri maupun dengan hukum acara yang dijadikan pedoman dalam melakukan penyidikan,” ucapnya.

Pada bagian lain lagi, papar Karyoto, pihaknya berharap nantinya akan membuka peluang kepada seluruh masyarakat yang pernah berperkara di Polda Metro Jaya yang masih ada keluhan akan buatkan semacam hotline.

“Dalam satu dua hari ini segera kami luncurkan, tentu dengan nomor WA (WhatsApp) saja satu. Tidak banyak-banyak. Kalau banyak, nanti kita pusing memfilternya. Meski hanya satu, nanti kami akan lihat,” janjinya.

Karyoto meminta agar para pimpinan, tetap melakukan pengawasan terhadap bawahannya, yakni mengenai penyidikan yang sedang dilakukan.

“Saya rasa juga tetap butuh pengawasan dari para komandan. Para kepala baik unit, kasubnit, kasat harus betul-betul melekat terhadap hal-hal yang sedang dilakukan proses penyidikan yang dilakukan penyidik,” urainya.

Selanjutnya, Karyoto juga menambahkan untuk menekankan tentang pentingnya mengatur waktu penyidikan. “Kami tekankan kepada penyidik supaya bisa me-manage waktu dengan baik, me-manage perkara dengan baik, sehingga dalam waktu tertentu efisien serta bisa menyelesaikan perkara yang ditangani,” tutup Kapolda Metro Jaya. □ RED/JON ABY/EDITOR : GOES

Related posts

Bertahap, TOL BECAKAYU Sesi Satu Jaka Sampurna Segera Dioperasikan 

Redaksi Posberitakota

Di Anjungan Sarinah, PEMPROV DKI Gelar BBI-BBWI 2023 Jadi Momentum Produk UMKM Jakarta Naik Kelas

Redaksi Posberitakota

Ferry Juan SH Ikut Terjun Bersama Rumah Aspirasi SOKSI Gelar Baksos di Kampung Melayu

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang