28.2 C
Jakarta
24 April 2024 - 09:47
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Masih Bisa Bagikan SHU Rp 1,7 Miliar di Tahun Buku 2022, KWK DKI Raih Pujian dari Pejabat Saat RAT ke-37

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Selain mendapat aplause ratusan anggotanya, Koperasi Wahana Kalpika (KWK) DKI Jakarta juga meraih pujian dari kalangan pejabat serta legislator karena masih bisa membagikan sisa hasil usaha (SHU) Rp 1,7 miliar di tahun buku 2022, saat menggelar rapat anggota tahunan (RAT) ke-37 di Hotel El Royale, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (4/6/2023).

Dalam kesempatan itu Ketua Umum KWK, Taufik Azhar, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran para pejabat pada RAT ke-37 KWK. “Kami mengharapkan kepada PT Transjakarta agar 16 SK Dinas Perhubungan dari 43 SK segera dilaksanakan,” tegas Taufik Azhar.

Disebutkan bahwa apa yang disampaikan dalam kesempatan pelaksanaan RAT ke-37, menurut dia, jelas merupakan permintaan anggota KWK DKI Jakarta.

“Meski saya di sini tidak mau menyalahkan Bapak Dirut PT Transjakarta, karena memang sedang ada pergantian. Apalagi di internal organisasi PT Transjakarta sedang ada konsolidasi, perombakan organisasi. Makanya, kami berharap segera ada percepatan realisasi 16 SK itu,” papar Taufik Azhar yang juga Wakil Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta.

Namun begitu, pihaknya menyampaikan terima kasih atas peresmian 100 unit Mikrotrans T 03 (Pulo Gebang- Kampung Rambutan). Taufik Azhar juga menambahkan bahwa sejak 2018 Dinas Perhubungan bersama PT Transjakarta dan KWK telah menandatangani PSO, dimana sebanyak 43 SK akan direalisasikan. Sampai saat ini baru dapat direalisasikan sebanyak 38 SK. Oleh karena masih ada sisa 16 SK yang belum direalisasikan.

Sedangkan RAT ke-37 KWK itu sendiri dibuka Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Selain itu juga dihadiri sejumlah tokoh transportasi antara lain dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Organda DKI, Dirut PT Transjakarta Welfizon Yuza dan masih banyak lagi.

Rapat yang mengangkat judul ‘Kita Perkuat Usaha Mikrotrans untuk Meningkatkan Kesejahteraan Anggota’, tidak kurang diikuti sekitar 400 anggota yang merupakan pemilik angkutan Jaklingko maupun angkot KWK.

Syafrin selaku Kadishub DKI dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pihaknya berjanji akan mendorong selesainya 16 SK tersebut dalam tahun ini juga. “Tentu akan kita percepat, agar pemilik dan awak Jaklingko tidak terganggu usahanya.

Selain itu untuk meningkatkan layanan masyarakat di bidang transportasi. Makin banyak angkutan Jaklingko yang beroperasi, mak makin memudahkan masyarakat melakukan akses menuju atau kembali dari Halte Transjakarta,” tuturnya.

Pada bagian lain, Syafrin juga memberikan apresiasi kepada KWK yang selama ini telah bekerja sama dengan baik kepada Pemprov DKI di bidang transportasi. “Jadi, saya sangat mengapresiasi KWK, dimana pada masa sulit menghadapi pandemi COVID-19, namun tetap berhasil dengan baik menjalankan koperasinya demi kesejahteraan anggota,” bebernya.

Saat diminta memberikan sambutan, Dirut Transjakarta Welfizon Yuza mengatakan bahwa berdasar perhitungan pada akhir Mei 2023, jumlah penumpang Transjakarta dalam sehari kini melonjak hampir 1 juta penumpang.

“Nah, berdasarkan data tersebut, ternyata KWK memberikan kontribusi sekitar 40 persen dari jumlah penumpang tersebut. Itu jelas merupakan kontribusi yang besar, maka tidak ada alasan bagi kami untuk mempersulit operasi armada dan trayek baru bagi Jaklingko demi mewujudkan layanan prima bagi masyarakat,” janji dia.

Welfizon menuturkan pihaknya bakal mengkuatkan angkutan mikrotrans untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. “Jadi, optimalisasi PSO, adalah titik temu terhadap.layanan angkutan publik di Jakarta,” jelasnya seraya mengklaim hingga Mei 2023, sebanyak 961 766 orang yang diangkut atau terlayani oleh Transjakarta.

Sementara itu Ketua Komisi B DPRD DKI, H Ismail mengharapkan agar RAT ke-37 KWK dapat memilih Ketua Umum periode 2023-2028 dan menyusun kepengurusan yang mampu melanjutkan prestasi baik yang telah dicapai periode ini.

“Karena itu, saya yakin kepengurusan KWK pada lima tahun mendatang, dapat melanjutkan kinerja yang sudah baik dari periode ini,” kata Ismail, mengakhiri. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Tampilkan Jakarta Berbagai Perspektif, DINAS KOMINFOTIK DKI Sukses Gelar Lomba Fotografi ‘CoJ’ 2023

Redaksi Posberitakota

Di Mesjid Cut Meutia, GUBERNUR ANIES Hadiri Kegiatan Amal Ramadhan Jazz Festival

Redaksi Posberitakota

Langkah Strategis, PAM JAYA Resmikan Komunal Reservoir Demi Penuhi Kebutuhan 633 Warga RW 06 di Duri Kosambi Cengkareng Jakbar

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang