27.1 C
Jakarta
20 June 2024 - 03:25
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Mitra Strategis Pemprov DKI Kembangkan UMKM, HIPPI JAKARTA Diminta Ikut Serta Wujudkan Pusat Ekonomi Global

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi, Hari Nugroho yang hadir mewakili Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono, ingin mengajak pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta untuk mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Hal tersebut menjadi sangat penting untuk dilakukan, menurut Hari Nugroho lebih lanjut, karena mengingat Jakarta ke depan tidak akan lagi menjadi Ibu Kota Negara (IKN) dan juga bakal bertransformasi menjadi Pusat Ekonomi Global.

“Karena keberadaan HIPPI DKI Jakarta sebagai organisasi yang sebagian besar anggotanya adalah pelaku UMKM, tentu saja merupakan mitra strategis Pemprov DKI dalam pengembangan UMKM agar dapat naik kelas dan berdaya saing,” ujar Hari Nugroho dalam pengarahannya saat pelantikan dan pengukuhan Pengurus HIPPI DKI Jakarta 2022-2027, Kamis (8/6/2023).

Dikatakannya bahwa Jakarta ke depan akan menjadi Pusat Ekonomi Global selaras dengan pemindahan IKN Nusantara ke Kalimantan Timur. Namun, lanjut Hari, peran strategis Jakarta sebagai penopang utama pembangunan ekonomi nasional akan terus berlanjut.

“Kendati nantinya tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara, Jakarta akan berperan sebagai pusat perdagangan, jasa keuangan, investasi dan bahkan pusat pelayanan serta kegiatan bisnis global yang didukung dengan ekosistem digital dan berkelanjutan,” ungkapnya, panjang lebar.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP HIPPI Suryani SF Motik, melantik dan sekaligus mengukuhkan pengurus DPD HIPPI DKI Jakarta 2022-2027 dengan Ketua Umum (Ketum) Uchi Hardiman, Sekretaris Umum (Sekum) Fauzan Fadel Muhammad dan Bendahara Umum (Bendum) Laja Lapian.

Tampak ikut hadir pula Direktur Pengembangan SDM Ekonomi~ Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Alexander Reyaan, Anggota DPD RI Prof Dr H Dailami Firdaus SH L.LM, Dewan Penasehat DPP HIPPI Cri Puspa Dewi Motik, Ketua Umum (Ketum) KADIN DKI Jakarta Diana Dewi serta Ketua Umum (Ketum) Demisioner HIPPI DKI Jakarta, Sarman Simanjorang.

Sedangkan Ketua DPD HIPPI DKI Jakarta, Uchi Hardiman, juga mengajak seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk tidak segan melibatkan anggota HIPPI dalam program pembangunan Jakarta.

Ditambahkannya bahwa sebagian pengurus HIPPI DKI Jakarta saat ini diisi oleh kaum Milenial. Karena itu, Uchi berharap kepada HIPPI DKI Jakarta akan berperan penting dalam pembangunan ekonomi Jakarta ke depan.

“Tentunya, Pemprov DKI Jakarta bisa bersinergi dengan kami dan menjadikan HIPPI DKI Jakarta sebagai mitra strategis yang dapat diperhitungkan, karena kami memiliki pengusaha-pengusaha kompeten yang bisa turut membangun Jakarta,” kata dia.

Selanjutnya, Uchi menyebutkan bahwa peran HIPPI akan sangat berpengaruh dalam memajukan ekonomi ke depan. “Kita tahu ada ancaman resesi ekonomi, krisis global. Tapi, Indonesia tidak berdampak karena kuatnya IKM, UKM dan UMKM. Nah, salah satu program HIPPI ini adalah memajukan dan membina IKM, UKM dan UMKM,” tuturnya, lagi.

Menurutnya, Jakarta ke depan akan tetap menjadi pusat ekonomi meski ke depan tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara. Ke depan, tegasnya, HIPPI DKI Jakarta akan menggelar pelatihan-pelatihan untuk memperkuat sektor IKM, UKM dan UMKM.

“Tentu yang sangat kita butuhkan adalah bagaimana para wisatawan datang ke Jakarta harus nyaman dan aman. Kota harus bersih dan tidak ada banjir. Semua nanti akan kami sampaikan program kerja dan detailnya pada Rakerda nanti,” ucapnya.

Sebelummya sebagai Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan dan Pengukuhan HIPPI DKI Jakarta 2022-2027, Saipul Bahri, mengatakan bahwa pengurus HIPPI DKI Jakarta aktif saat ini mencapai 127 pengusaha muda dengan ribuan anggotanya siap bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta.

DPD HIPPI DKI Jakarta terdiri dari 5 pimpinan Cabang, yakni wilayah Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Utara. “Untuk HIPPI DKI Jakarta ini memiliki sejumlah kompartemen. Saya harap, Pemprov DKI Jakarta bisa bersinergi dengan kami karena anggota kami memiliki bidang garapan tersendiri dengan kompetensi mumpuni. Kami harap, HIPPI bisa turut memajukan Jakarta ke depannya,” ujar Bahri. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Diikuti Sebanyak 30 Stand, KADIN JAKPUS Gelar Road Show Festival UMKM 2023 di Balaikota DKI

Redaksi Posberitakota

Berpihak kepada Rakyat Kecil, SENATOR DAILAMI FIRDAUS Dukung Gubernur DKI

Redaksi Posberitakota

Sebut IPM Jakarta Tertinggi di Indonesia, PJ GUBERNUR HERU BUDI Sampaikan LKPJ 2023 & Jadi Indikator Ekonomi – Sosial Membaik

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang