29.2 C
Jakarta
29 April 2024 - 10:06
PosBeritaKota.com
Sport

Intip Siapa Saja Mereka, 10 MEGA BINTANG BOLA SEJAGAD yang Masuk Daftar Sosok Terkaya di Dunia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Jagad sepakbola dunia sangat memberikan harapan dan masa depan. Bahkan, bisa menyamai ketenaran dan kekayaan para pengusaha top dunia. Pasalnya, dari mereka bisa meraih gaji mingguan atau tahunan maupun transfer pemain dengan nilai jutaan dollar.

Namun kesemua itu bukan berarti gampang didapat atau diraih. Berkat skill atau kualitas permainan di lapangan, justru membuat mereka terkenal (tenar) dan sampai akhirnya jadi rebutan atau incaran klub-klub dunia. Baik di Eropa maupun Benua Amerika dan bahkan Asia.

Berikut ini ke-10 pesepakbola atau megabintang yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Selain gaji dari klub, mereka juga masih meraih pundi-pundi uang karena mendapat bayaran alias honor jika meraih kontrak-kontrak iklan. Atau, menjalani bisnis pribadi.

10. KEVIN DE BRUYNE

Memiliki penghasilan total : USD 20 juta. Seperti kita tahu bahwa pemain lini tengah Manchester City, Kevin De Bruyne, secara umum penampilannya banyak dipuji sebagai salah satu pesepakbola terhebat di generasinya.

Pernah bermain untuk empat klub berbeda, termasuk Chelsea, dari tahun 2008 hingga 2015. City memboyongnya dari Wolfsburg pada tahun 2015 dengan biaya transfer yang saat itu menjadi rekor klub sekitar 82,5 juta dolar AS. Pada saat itu, transfer De Bruyne membuatnya menjadi pemain termahal kedua dalam sejarah sepak bola Inggris.

Hebatnya, De Bruyne ternyata telah memenangkan empat gelar Liga Primer Inggris bersama City, di samping trofi-trofi lainnya. Kontrak terbarunya di klub memberinya pendapatan di lapangan sebesar USD 25 juta untuk musim 2022-23, membuatnya menjadi salah satu pesepakbola terkaya di dunia saat ini. Dia juga mendapat sponsor 11 merek, termasuk Nike, Therabody, Credit Karma dan Wow Hydrate, yang menambah USD 4 juta pada pendapatan tahunannya.

9. ANDRES INIESTA

Tercata punya total penghasilan: USD 30 juta. Malah, Iniesta merupakan bagian dari apa yang bisa disebut sebagai generasi emas sepak bola Spanyol. Komandonya di lapangan, penguasaan bola, kreativitas dan umpan-umpannya yang akurat telah membuatnya menjadi salah satu gelandang terhebat sepanjang masa. Sepanjang kariernya, Iniesta telah memainkan dan menjadi pemain yang sangat baik.

Sedangkan dari total proyeksi pendapatannya untuk musim 2022-23, Iniesta menghasilkan USD 25 juta dalam bentuk gaji di dalam lapangan. Penghasilannya di luar lapangan diperkirakan mencapai USD 5 juta. Pada bulan September 2022, dia meluncurkan Capitten, merek pakaian olahraga miliknya, di Jepang. Ada juga film dokumenter Piala Dunia FIFA yang akan menampilkan Iniesta.

8. EDEN HAZARD

Juga punya penghasilan total : USD 31 juta. Ia dikenal sebagai figur pemain gelandang serang dan pemain sayap berbakat. Hazard adalah salah satu pemain Belgia yang paling menonjol. Ia memulai kariernya bersama klub Ligue 1, Lille, sebelum pindah ke klub Premier League, Chelsea, pada tahun 2012. Raksasa La Liga, Real Madrid, mengakuisisi pada tahun 2019 dengan harga 112 juta dolar AS, nilai tertinggi yang pernah dibayarkan klub untuk seorang pemain sepakbola.

Saat ini, Hazard dikenal sebagai salah satu dari sedikit pesepakbola yang memenangkan liga di tiga negara berbeda yakni juara Ligue 1 untuk Lille di Prancis, Premier League dua kali untuk Chelsea di Inggris dan La Liga dua kali untuk Real Madrid.

Soal penampilannya di Real Madrid sangat mengecewakan. Dia telah diganggu oleh cedera dan masalah kebugaran selama empat musim yang ia mainkan. Penampilannya di tingkat nasional juga sama terpengaruhnya selama periode ini.

Namun, Hazard tetap menjadi salah satu pesepakbola terkaya di dunia saat ini. Perkiraan pendapatannya di dalam lapangan mencapai 27 juta dolar AS dan pendapatan di luar lapangan sekitar 4 juta dolar AS.

7. ROBERT LEWANDOWSKI

Diam-diam, Lewandowski juga tercatat meraih total pendapatan : USD 35 juta. Yang pasti, striker asal Polandia satu ini merupakan pencetak gol terbanyak untuk negaranya dengan 77 gol. Bukan hanya itu saja, ia juga mencetak gol pertamanya di Piala Dunia dalam pertandingan melawan Arab Saudi di Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.

Lewandowski saat ini bermain untuk Barcelona, yang mengakuisisinya pada pertengahan tahun 2022 dengan harga sekitar 45 juta dolar AS. Kapten tim nasional Polandia ini adalah duta Nike, mempromosikan perusahaan perlengkapan olahraga Polandia, 4F, dan memiliki lini pakaiannya sendiri bernama RL9. Bersama istrinya, juara karate Polandia Anna Lewandowska, ia memiliki Foods by Ann, yang menjual merek RL9 Coffee, di antara minuman dan makanan ringan lainnya.

Lewandowski juga telah menjadi duta besar untuk Huawei sejak tahun 2015. Malah,ia mengakhiri kerja sama tersebut pada awal tahun 2022. Berakhirnya kesepakatan tersebut dilaporkan membuatnya kehilangan sekitar USD 5 juta.

Secara keseluruhan, pendapatannya di luar lapangan untuk musim 2022-23 diproyeksikan sekitar USD 8 juta. Sisa dari total pendapatannya untuk musim ini adalah dalam bentuk gaji di dalam lapangan sebesar USD 27 juta.

6. ERLING HAALAND

Sebesar USS 39 juta total penghasilan dikantonginya. Meski penghasilan Haaland di luar lapangan, menurut Forbes, hanya sebesar USD 4 juta dari keterlibatannya dengan perusahaan-perusahaan seperti Samsung, Viaplay dan Hyperice. Namun, publikasi tersebut mencatat bahwa Haaland mungkin mencapai kesepakatan sebanyak USD 18 juta dari merek sepatu apa pun yang menjadi duta besar setelah kesepakatannya dengan Nike berakhir pada awal 2022.

Hal tersebut berarti total pendapatannya akan meroket hingga jutaan dolar sekaligus. Hingga saat itu, hampir semua penghasilannya di tahun 2022-23 akan berupa gaji di lapangan sebesar USD 35 juta.

Pemain asal Norwegia tersebut yang merupakan anak dari pesepakbola ternama Liga Inggris, Alfie Haaland, awalnya bermain di liga-liga di Norwegia dan Austria, dan memenangkan Bundesliga Austria untuk Red Bull Salzburg.

Klub Borussia Dortmund mengakuisisinya pada tahun 2020 dan Haaland menjadi mesin pencetak gol untuk klub Jerman tersebut. Dia berperan penting dalam kemenangan Dortmund di Piala Jerman pada musim 2020-21.

Tapi, baru pada tahun 2022, ia bergabung dengan klub Liga Inggris, Manchester City, dengan nilai transfer sekitar 62 juta dolar AS. Dia mengukuhkan namanya sebagai salah satu yang terhebat di Liga Premier dalam waktu kurang dari 10 pertandingan. Dia adalah pemain pertama dalam sejarah liga yang mencetak tiga hat-trick berturut-turut dalam pertandingan kandang dan merupakan pencetak gol terbanyak untuk musim 2022-23.

Pada Januari 2023, ia mencetak hat-trick keempatnya di musim ini sehingga menjadikannya pemain ketiga setelah Alan Shearer dan Harry Kane yang mencetak empat treble dalam satu musim Premier League.

5. MOHAMED SALAH

Punya total penghasilan: USD 53 juta. Ia menjadi salah termasuk salah satu pemain sepakbola terbaik dari Afrika. Penyerang asal Mesir ini bermain untuk klub Liga Primer Inggris, Liverpool, dan telah memenangkan satu gelar liga, Piala Dunia Antarklub FIFA, Piala FA Inggris, Piala Super Inggris, Piala Super UEFA dan Liga Champions bersama mereka.

Barulah, pada Juli 2022 lalu, Salah menandatangani kontrak baru berdurasi tiga tahun dengan Liverpool, menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di klub dengan penghasilan sekitar USD 423.000 per minggu. Ini akan memberikan kontribusi sebesar USD 35 juta untuk pendapatannya di lapangan pada musim 2022-23.

Salah juga merupakan salah satu duta merek terbesar Adidas. Ketenaran globalnya, terutama di dunia Arab dan Afrika, serta citra positifnya sebagai kekuatan pemersatu lintas budaya telah memainkan peran utama dalam perusahaan-perusahaan yang mengontraknya untuk dukungan merek. Forbes memperkirakan bahwa ia akan menghasilkan USD 18 juta di luar lapangan.

4. NEYNAR JR

Kini, total penghasilannya mencapai : USD 87 juta. Dan, penyerang Brasil Neymar Jr satu ini, mencetak rekor dunia untuk transfer tertinggi dalam sejarah sepakbola pada tahun 2017, ketika dirinya direkrut oleh klub Ligue 1 Paris Saint-Germain (PSG) dari Barcelona dengan harga USD 263 juta.

Tak heran, jika Forbes menempatkannya di urutan keempat dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2022. Menurut publikasi tersebut, penghasilannya antara 1 Mei 2021 dan 1 Mei 2022 dari gaji dan bonus PSG mencapai USD 70 juta. Sesuai publikasi tersebut, ia menghasilkan USD 25 juta lainnya sebagai pendapatan di luar lapangan, termasuk dukungan untuk merek seperti Puma dan Red Bull, pada periode yang sama.

Berdasarkan publikasi tersebut, Neymar sekarang akan menghasilkan USD 55 juta sebagai pendapatan di dalam lapangan dan sekitar USD 32 juta di luar lapangan.

3. CRISTIANO RONALDO

Memiliki total penghasilan: USD 100 juta. Ronaldo malah menempati peringkat ketiga dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi di dunia untuk tahun 2022 oleh Forbes, Ronaldo bisa dibilang adalah ikon sepak bola paling terkenal di dunia.

Ronaldo telah memenangkan hampir semua trofi yang dapat ditawarkan oleh dunia sepak bola, termasuk lima Ballon d’Or – penghargaan individu tertinggi di dunia sepak bola. Dia adalah pemain sepak bola pertama yang memenangkan piala liga di Premier League, La Liga dan Serie A. Dia juga menjadi kapten Portugal saat menjuarai Piala Euro 2016.

Dia mendukung merek-merek seperti Nike, Herbalife, Livescore, Armani, TAG Heuer dan sampo Clear serta Talabat dan Jacob & Co. Dia juga memiliki merek fesyennya sendiri yang sangat sukses bernama CR7 dan memiliki investasi di sektor perhotelan dengan jaringan Hotel Pestana CR7.

Di tahun 2020 silam, ia menjadi olahragawan aktif ketiga dan atlet pertama dari cabang olahraga beregu yang menjadi atlet bernilai miliaran dolar. Dia adalah atlet terkaya ketiga dalam daftar Forbes tahun 2022, dengan total pendapatan sebesar USD 115 juta.

Forbes memperkirakan bahwa ia akan menghasilkan sekitar USD 100 juta pada periode 2022-23, dengan pendapatan di lapangan sebesar USD 40 juta dan sisanya dari luar lapangan.

Hanya saja, perkiraan itu sebelum Ronaldo berpisah dengan Manchester United pada November 2022, hanya lebih dari setahun setelah dia kembali ke klub Liga Inggris yang pertama kali dia bela dari 2003 hingga 2009.

Klub sepak bola Arab Saudi, Al Nassr, akhirnya mendapatkan Ronaldo dengan nilai transfer sebesar 214 juta dolar AS sebagai bagian dari kesepakatan dua setengah tahun pada Desember 2022. Meskipun para pengkritiknya percaya bahwa hal itu menandai akhir dari karier Ronaldo di papan atas sepak bola, transfer itu sendiri dapat mendorong legenda Portugal itu ke posisi teratas sebagai pesepak bola dan atlet dengan bayaran tertinggi di dunia.

Pada bagian lain, melansir sebuah sumber, AFP melaporkan pada Januari 2023 bahwa Ronaldo akan dibayar tambahan USD 214 juta untuk perannya sebagai duta besar untuk tawaran Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2030. AFP mengatakan bahwa total penghasilan Ronaldo di Arab Saudi akan menjadi lebih dari USD 428 juta.

2. LIONEL MESSI

Sungguh dahsyat, karena Messi punya total penghasilan: USD 120 juta. Meski Messi dianggap oleh banyak orang sebagai pesepakbola aktif terbesar di dunia. Dia telah mengakhiri perdebatan mengenai siapa yang terbaik dengan memenangkan Piala Dunia FIFA 2022.

La Pulga pertama kali menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia dalam daftar Forbes pada tahun 2019. Ia kembali memuncaki daftar tersebut pada tahun 2022 dengan total pendapatan sebesar USD 130 juta. Pemain asal Argentina ini merupakan salah satu dari enam atlet miliarder di dunia saat ini, dengan Forbes menaksir total pendapatannya dalam kariernya mencapai USD 1,15 miliar, menjadikannya salah satu pesepakbola terkaya di dunia saat ini.

Seperti diperkiraan Forbes, ia akan menjadi pesepakbola dengan bayaran tertinggi kedua pada musim 2022-23 dengan total pendapatan sekitar USD 120 juta. Sekitar USD 65 juta dari total ini akan berasal dari gajinya di PSG. Sisanya, USD 55 juta, terdiri dari pendapatan di luar lapangan, termasuk dukungan untuk merek-merek seperti Adidas, Budweiser, Gatorade, Konami, Mastercard, Pepsi, dan PUBG MOBILE.

Setelah memutuskan meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG), kini Messi membuat petualangan baru di Liga Amerika Serikat (MLS) yakni Inter Miami.

1. KYLIAN MBAPPE

Sosok Mbappe berada di urutan teraras dengan total penghasilan: USD 128 juta. Forbes pun menulis bahwa penyerang muda asal Prancis ini tidak hanya akan menjadi salah satu pesepakbola terkaya di dunia, tapi juga menjadi pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia untuk musim 2022-23. Perkiraan pendapatannya di lapangan diperkirakan mencapai USD 110 juta – lebih tinggi dari total pendapatan semua orang.

Kylian Mbappe dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Prancis untuk keempat kalinya secara beruntun.
Dia juga akan mendapatkan USD 18 juta dari endorsement merek-merek seperti Dior, Panini, Hublot, Oakley, dan Nike.

Megabintang Mbappé secara universal dipuji sebagai salah satu penyerang terbaik dalam permainan. Kecepatannya yang mengagumkan mampu menghancurkan formasi pertahanan lawan. Penyelesaian akhir yang sangat akurat juga diimbangi dengan umpan-umpan cerdasnya di dalam kotak penalti. ■ RED/APRILIO RIZKY/EDITOR : GOES

Related posts

Biar Makin Mendunia, MENPORA Dukung Pencak Silat Bisa Berlaga di Olympiade

Redaksi Posberitakota

Pada ‘Hari Pers Nasional’ 9 Pebruari 2021, YAYASAN INSAN PEDULI OLAHRAGA Salurkan Ratusan Paket Sembako

Redaksi Posberitakota

DKI Jakarta di Posisi Kedua, JAWA TIMUR Rebut Juara Umum POMNas Gulat 2019

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang