28.4 C
Jakarta
28 April 2024 - 11:51
PosBeritaKota.com
Business

Teken MoU Tahap Awal, PENGEMBANG HARVEST CITY Gandeng BSI untuk Permudah Pembiayaan Kepemilikan Rumah

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Kendati masih merupakan tahap awal, pengembang Harvest City (PT Dwigunatama Rintisprima) telah menandatangani memory of understanding (MoU) dalam bentuk kerjasama dengan PT Bank Syariah Indonesia (BSI Tbk) untuk mempermudah kepemilikan rumah di Harvest City Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Pelaksanaan prosesi penandatangan perjanjian kerjasama (MoU) itu sendiri, dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT Dwigunatama Rintisprima, Sentot Sudaryono dan Regional CEO IV Jakarta 1 PT BSI Tbk, Deden Durachman yang disaksikan CEO Harvest City, Sami Miettinen di Harvest City Head Office, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/6/2023) kemarin.

Pada tahap awal, BSI menyediakan program pembiayaan Griya Syariah yang akan memudahkan pembelian rumah di 3 cluster baru perumahan Harvest City Cileungsi, masing-masing Cluster Sakura Indicha, Ridge Crystae dan Sweet Hortensia.

Selaku CEO Harvest City, Sami Miettinen, menegaskan sikapnya dengan menyambut baik dan kegembiraannya terhadap kehadiran partner baru. Yakni sebuah lembaga keuangan, PT Bank Syariah Indonesia (BSI Tbk), karena hal tersebut dapat membantu percepatan marketing atau pemasaran hunian di Harvest City.

“Tentunya, kami mengucapkan terima kasih. Dan, kami di sini pasti selalu welcome kepada semua partner baru. Terutama, bank ya. Kami semua senang sekali tandatangan SPK-nya. Selain itu, kami juga yakin bisa dapat customer based yang besar dan baru. Karena memang mungkin sampai sekarang belum ada akses ke kita. Sebenarnya, itulah yang paling penting,” tegas Sami Miettinen.

Sedangkan Regional CEO IV Jakarta 1 PT BSI Tbk, Deden Durachman, mengatakan bahwa kerjasama ini menjadi upaya BSI untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah lewat prinsip syariah.

“Pembiayaan rumah menggunakan prinsip syariah memiliki banyak manfaat dan kemudahan. Terlebih, di tengah tren naiknya suku bunga acuan, pembiayaan menggunakan akad syariah akan lebih menguntungkan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, pembiayaan dengan skema syariah dapat menjadi opsi menarik bagi nasabah yang ingin memiliki rumah tanpa perlu khawatir akan melonjaknya angsuran bulanan.

“Dalam akad syariah, angsuran tidak tergantung suku bunga melainkan akad di awal. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir karena pembayaran di BSI flat hingga akhir angsuran,” terangnya.

Deden kembali menjelaskan bahwa PT BSI Tbk terus membuka peluang kerja sama dengan berbagai developer baik di tingkat lokal maupun nasional. Harapannya, dapat membentuk harga properti yang kompetitif dan mewujudkan impian masyarakat memiliki rumah impian. “Hal ini juga sebagai bentuk upaya BSI dalam mendukung langkah pemerintah untuk mengatasi backlog perumahan nasional,” ungkapnya.

Ditambahkan Deden bahwa kinerja penyaluran pembiayaan perumahan BSI Griya termasuk salah satu yang terbesar di Indonesia. Per April 2023, kinerja KPR BSI tumbuh sebesar 14,2% dengan outstanding Rp 48,6 triliun.

“Kinerja tersebut menjadikan KPR BSI menduduki posisi ke-5 nasional. Salah satu strategi BSI adalah menyalurkan pembiayaan BSI Griya melalui kerja sama developer, di mana saat ini portofolio dari kerjasama developer mencapai 42 persen,” bebernya.

Sementara itu Direktur Utama PT Dwigunatama Rintisprima, Sentot Sudaryono, mengaku sangat bersyukur dapat bekerja sama dengan PT BSI Tbk untuk menyediakan pembiayaan pemilikan rumah berbasis syariah di cluster yang dikembangkan. “Ini tentunya memberikan opsi menarik bagi masyarakat untuk memiliki rumah yang diimpikan,” pungkasnya.

Perlu dan patut untuk jdiketahui, Harvest City dibangun di lahan seluas 1.350 hektare. Harvest City adalah kawasan terbesar di daerah Cibubur dan Cileungsi. Harvest City berada di lokasi yang strategis terletak tepat di depan tempat wisata Taman Buah Mekarsari.

Harvest City juga memiliki akses yang sangat mudah karena dapat dilalui melalui 3 jalan tol yaitu: Tol Jagorawi-Cibubur, Tol Cikunir-Jati Asih, atau Tol Cikampek-Bekasi Barat. Selain itu, akan segera dibangun rencana Tol JORR 2, yang semakin dapat mempermudah akses untuk mencapai ke Harvest City.

Hunian elit Harvest City dibangun dengan konsep kota mandiri dan dilengkapi ekosistem yang terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan bagi para penghuni dan calon penghuni yang akan membeli hunian di Harvest City.

Ada beberapa aspek yang akan difokuskan selain hanya mengembangkan properti residensial saja. Tetapi, juga membangun sarana dan prasarana untuk kebahagian dan kenyamanan para penghuni Harvest City. Seperti fasilitas penunjang kesehatan, hiburan, dan kebutuhan kebutuhan primer bagi penghuni. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI, ROMMY WIJAYANTO Sabet ‘Indonesia Best CFO Award 2024’

Redaksi Posberitakota

Ikut Ditunjuk Sebagai Perwakilan BPD, BANK DKI Ambil Peran di Ajang ‘Capital Market Summit & Expo 2023’

Redaksi Posberitakota

How the US tax code bypasses women entrepreneurs

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang