35.1 C
Jakarta
29 April 2024 - 18:33
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Selain ke TMP Kalibata, PEMPROV DKI Ziarahi Makam Sesepuh yang Pernah Pimpin Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Kota Jakarta, jajaran Pemprov DKI bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menziarahi makam para mantan Walikota dan Gubernur DKI Jakarta, serta makam Presiden RI ke3, BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu (17/6/2023) kemarin.

Rombongan peziarah, selain berdoa bersama, juga meletakkan serta menebar bunga di beberapa makam pimpinan DKI Jakarta terdahulu yang telah wafat, seperti: Surjadi Soedirdja (Gubernur DKI Jakarta Periode 1992–1997), Wiyogo Atmodarminto (Gubernur DKI Jakarta Periode 1987-1992), Sudiro Hardjodisastro (Gubernur DKI Jakarta Periode 1953-1960), dan Suwirjo (Wali Kota DKI Jaya Periode 1945-1947).

Selanjutnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beserta jajarannya, juga datang berziarah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat. Bahkan di lokasi ini, rombongan menziarahi makam pahlawan Mohammad Hoesni Thamrin, makam Ismail Marzuki, serta melakukan prosesi yang sama seperti di TMP Kalibata.

“Pada hari ini melakukan prosesi dalam rangka memperingati HUT ke-496 Jakarta dan salah satunya berziarah ke TMP Kalibata dan TPU Karet Bivak. Kami juga menyempatkan untuk menabur bunga dan berdoa untuk pahlawan yang telah membangun kota Jakarta ini,” kata Pj.Gubernur Heru Budi.

Menurutnya bahwa semangat para wali kota dan gubernur terdahulu yang pernah membangun Jakarta bisa menjadi inspirasi bagi para pejabat daerah serta segenap warga di DKI Jakarta.

“Hal ini tentu saja dapat memberikan semangat bagi kami semuanya untuk terus bekerja menuju kota (Jakarta) yang lebih baik. Kami juga mengucapkan terima kasih atas hasil karya dan perjuangan beliau-beliau sehingga menorehkan sebuah sejarah yang memang harus kita ingat,” ucap Heru Budi, menambahkan.

Dari kunjungannya untuk berziarah, diharapkan Heru Budi, karya dan buah pikir para pahlawan tersebut bisa menjadi referensi serta bahan pelajaran bagi generasi penerus dalam menjalankan roda pemerintahan, dan membangun Jakarta untuk menjadi lebih baik.

“Tentu bagi kami generasi penerus akan terus meneruskan pemikiran-pemikiran beliau, yang memang cocok untuk membangun Jakarta ke depan. Visi mereka kan bagus dan ini tentu menjadi semangat bagi pejabat Pemprov DKI,” tutup Heru Budi. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Dihadiri Ibu Walikota Diah Anwar & Artis Nana Mardiana, TP PKK CIRACAS ‘NGANGENIN’ Resmikan Galeri UP2K

Redaksi Posberitakota

Sebelum Diganti Walikota Baru, ANAS EFENDI Ngaku Ditelepon Gubernur

Redaksi Posberitakota

Dampingi Jokowi Buka INACRAF 2019, ANIES Bilang Event Ini Demi Menggerakan Ekonomi Jakarta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang