PosBeritaKota.com
Megapolitan

Selain Keuangan & Aset, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Beri Apresiasi Peran BPK RI dalam Pengawasan Tata Kelola Pemerintahan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam entry meeting pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun Buku 2023, di Ruang Auditorium BPK RI, Jakarta Pusat, dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono, Selasa (23/1/2024).

Sedangkan pertemuan tersebut dilaksanakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) sebagai acuan evaluasi bagi seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, yakni dengan melakukan pengawasan atas laporan keuangan dan pengelolaan aset, agar menciptakan good governance dan pemerintahan yang akuntabel.

Melalui sambutannya, Heru Budi yang mewakili pemerintah daerah di wilayah kerja Pimpinan V BPK RI, mengapresiasi pelaksanaan entry meeting tersebut. “Dengan pelaksanaan entry meeting yang lebih awal, diharapkan akan memberikan waktu yang cukup bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan perbaikan penyajian laporan keuangan. Hal ini juga dalam rangka meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian, sebagai pemenuhan persyaratan tata kelola pemerintahan dan keuangan yang baik,” katanya.

Ditambahkannya bahwa seluruh Pemerintah Daerah berkomitmen untuk mengoptimalkan tindak lanjut atas rekomendasi BPK RI dengan menyelesaikan berbagai evaluasi dalam proses tata kelola keuangan dan aset. Sehingga, tidak terjadi permasalahan yang berulang pada tahun selanjutnya.

“Yang jelas, kami dari Pemerintah Daerah, menyadari bahwa pencapaian selama ini masih perlu ditingkatkan, agar terus menjadi lebih baik. Oleh karena itu, kami masih butuh bimbingan, saran, masukan, maupun koreksi yang membangun dari BPK RI. Sehingga, akuntabilitas pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” ungkap Heru Budi, lagi.

Oleh karenanya, Pj Gubernur DKI Jakarta, juga mengapresiasi profesionalitas jajaran BPK RI dalam menjalankan peran dan tugas, melalui pemeriksaan dan rekomendasi perbaikan. Sehingga, Pemerintah Daerah merasa terbantu dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan.

“Bahkan, kami berkomitmen untuk kooperatif dalam menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan, serta kami siap menjaga integritas selama pemeriksaan berlangsung. Semoga upaya kami dilancarkan dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” tutupnya. © (RED/AGUS SANTOSA)

Related posts

Akibat Penyaluran Kredit Tumbuh 23,53 %, BANK DKI Melesat Naik dalam Pencapaian Laba Sampai 29.11 %

Redaksi Posberitakota

Di TMII, PERANTAU MINANG BERSATU Bikin Pergelaran Seni Budaya ‘Malam Seribu Doa Untuk Musibah Ranah Minang’

Redaksi Posberitakota

Hadiri ‘Gerakan Emas’, PRABOWO Ngaku Sejak Kecil Tak Suka Minum Susu

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang