35.1 C
Jakarta
29 April 2024 - 19:32
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Momentum Waisak, HERU BUDI : Refleksi Terus Mengamalkan Kebajikan & Menjaga Persatuan di Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Momentum perayaan Hari Waisak bisa jadi refleksi untuk terus – menerus mengamalkan segala kebajikan serta menjaga persatuan dan kesatuan ditengah keberagaman masyarakat di Jakarta.

Harapan tersebut diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono saat menghadiri acara Perayaan Dharmasanti Waisak Nasional 2023/2567 BE bertempat di Gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (1/7/2023).

“Saya percaya seluruh umat Buddha mampu berkontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat, tentu saja sesuai dengan nilai-nilai yang diteladankan oleh Sang Buddha,” ucap Heru Budi.

Karena itu, pihaknya ingin menyampaikan rasa syukur karena rangkaian perayaan Hari Raya Waisak dapat terselenggara dengan baik di Kota Jakarta. Hal ini, mencerminkan Jakarta senantiasa mampu menjadi rumah yang aman serta damai untuk merajut kebersamaan dan harmoni dalam moderasi beragama yang selaras dengan tema perayaan tahun ini.

“Apresiasi dan terima kasih ditujukan kepada seluruh pihak atas sinergi dan kontribusinya, sehingga hari ini umat Buddha dapat mengikuti puncak rangkaian perayaan Waisak Nasional melalui kegiatan Dharmasanti,” tegas Heru Budi, lagi.

Selanjutnya selaku Pj Gubernur DKI Jakarta ingin menitipkan pesan agar umat Buddha terus berperan aktif mewujudkan kerukunan dengan selalu menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan. “Sebab, semangat ini perlu dijaga sebagai landasan yang kokoh dalam membangun keharmonisan dan toleransi ditengah keberagaman masyarakat Indonesia, ” ujarnya.

Sedangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kembali ditegaskan Heru Budi, bakal mendukung upaya para pemimpin umat Buddha dalam menjembatani dan mempererat hubungan setiap elemen masyarakat demi terwujud Kota Jakarta yang berkelanjutan, aman dan sejahtera.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh umat Buddha menjadikan perayaan Waisak sebagai pengingat diri untuk selalu membantu sesama dengan tulus, ikhlas, merajut kebersamaan dan harmoni. Tentu saja agar seluruh umat beragama dapat hidup berdampingan secara rukun dan damai.

“Selamat merayakan puncak rangkaian Hari Raya Waisak Tahun 2023/2567 BE kepada seluruh umat Buddha. Senantiasa perayaan Waisak dapat terus dihayati dengan mengamalkan nilai-nilai Dharma dalam berkehidupan. Semoga berkah Waisak membawa kebahagiaan, kedamaian, dan ketenteraman bagi kita semua,” pungkas Heru Budi.

Selaku Ketua Panitia Perayaan Dharmasanti Waisak, Effendi Hansen Ng, menyampaikan bahwa tujuan diadakan perayaan ini adalah ingin menyatukan dan mempererat hubungan antarumat Buddha dalam bingkai dharma. Untuk tema perayaan Dharmasanti Waisak yang diambil adalah ‘Merajut Kebersamaan dan Harmoni dalam Moderasi Beragama’.

“Harapannya, semoga Perayaan Dharmasanti Waisak Nasional 2023/2567 BE membawa inspirasi positif bagi seluruh umat Buddha khususnya demi kerukunan masyarakat, bangsa dan negara pada umumnya. Semua makhluk hidup berbahagia. Kami ucapkan selamat Tri Suci Waisak. Berkah Waisak menyertai kita semua,” ucap Effendi. ® [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Usai Lebaran Pertama & Kedua, JAKARTA Banjir Diguyur Hujan Deras

Redaksi Posberitakota

Sempat Ada Kendala di Juru Masak, PROGRAM ‘GANASTRI’ Kembali Berjalan Bagi-bagi Ratusan Nasi Boks

Redaksi Posberitakota

Diingatkan SGY, JABATAN WAGUB DKI Jika Dipilih DPRD Melanggar UUD 45

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang